Mengapa Tempe Mentah dan Kurma Bisa Atasi Maag?


Tempe Mentah dan Kurma, Resep Mengatasi Sakit Maag ala Zaidul Akbar
source: https://www.instagram.com/zaidulakbar/

Tempe merupakan makanan kaya protein yang dihasilkan dari fermentasi kedelai. Selain protein, tempe juga mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan dengan melawan bakteri jahat penyebab peradangan pencernaan seperti maag. Nah, untuk mendapatkan kandungan probiotik tempe secara maksimal, tempe sebaiknya dikonsumsi secara mentah atau direbus namun tidak terlalu lama. 

Sedangkan kurma telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan pencernaan. Salah satunya, kurma mengandung gula dan serat yang berperan sebagai prebiotik, yaitu senyawa alami yang menjadi asupan makanan bagi probiotik atau bakteri baik agar jumlahnya di dalam sistem pencernaan tetap terjaga. 


Kombinasi tempe mentah yang mengandung probiotik dan kurma berperan sebagai prebiotik inilah yang membuat keduanya dapat saling melengkapi sehingga efektif untuk mengobati sakit maag yang mengganggu.

Resep Membuat Jus Tempe Mentah & Kurma ala Dr. Zaidul Akbar


Tempe Mentah dan Kurma, Resep Mengatasi Sakit Maag ala Zaidul Akbar
source: https://apartmenttherapy.info/

Untuk mengobati sakit maag menggunakan tempe mentah dan kurma, dr. Zaidul Akbar membagikan resep simpelnya melalui laman Instagram pribadinya @zaidulakbar

Bahan :

  • Tempe mentah non GMO
  • 7 butir kurma 
  • 400 ml air 
Cara Membuat :
  • Potong dan kurma tempe menjadi bagian kecil-kecil.
  • Campurkan bersama 400 ml air, kemudian blender hingga kedua bahan tercampur dan menjadi lembut.
  • Tuang dalam gelas, jus tempe mentah & kurma siap dihidangkan.
baca juga

Aturan Konsumsi


Tempe Mentah dan Kurma, Resep Mengatasi Sakit Maag ala Zaidul Akbar
source: https://www.instagram.com/zaidulakbar/

Saat mengonsumsi jus sehat ini, kamu dianjurkan untuk meminumnya saat perut dalam keadaan kosong. Salah satu waktu terbaik yang disarankan adalah pada saat 1 - 2 jam menjelang tidur. Sebab saat tertidur, tubuh bagaikan sedang berpuasa sehingga proses penyembuhan dan detoksifikasi dapat berjalan dengan baik.

Namun pastikan kamu meminum jus ini secara sedikit demi sedikit agar perut tidak kaget ya, Beautynesian. Selamat mencoba!