1. Lidah Buaya


Bahan pertama yang bisa mudah kamu temui adalah lidah buaya. Bahan alami yang satu ini bisa mengencangkan kulit wajah, menghilangkan bintik hijam, menyamarkan bekas jerawat dan membuat tampil lebih awet muda. Kamu bisa menggunakan lidah buaya secara langsung atau menghaluskannya dengan cara di-blender. Aplikasikan gel lidah buaya pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit hingga meresap. Bilas sampai bersih dengan air.
1. Lidah Buaya
source: https://www.freepik.com/

Kamu bisa memasukan gel lidah buaya selama 10 menit di dalam lemari es agar saat kamu mengaplikasikannya ke kulit wajah terasa dingin dan segar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan masker bahan alami dari lidah buaya ini selama 3 kali dalam seminggu.

baca juga

2. Lemon


Seperti yang kita tahu lemon memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya bagi kesehatan kulit wajah. Lemon dapat membantu mencerahkan kulit wajah kamu, menyamarkan bekas jerawat, dan menghilangkan bintik hitam. Kamu bisa menggunakan perasan lemon untuk menenangkan kulit wajah kamu yang lelah terpapar polusi dan makeup setiap harinya.
 

2. Lemon
source: https://www.freepik.com/

Aplikasikan perasan lemon murni menggunakan kapas dan diamkan selama 10-15 menit. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk membuat masker dari bahan alami ini. Setelah didiamkan selama 10-15 menit kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin selama 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

baca juga

3. Mentimun


Bahan alami lain yang bisa membantu mengencangkan kulit wajah dan membuatnya lebih terlihat awet muda adalah mentimun. Kalau biasanya mentimun digunakan untuk lalapan makanan atau pelengkap rujak, ternyata kandungan di dalamnya baik buat kesehatan kulit juga. Mentimun sendiri punya kandungan yang bisa meremajakan kulit. Kamu juga bisa merelaksasi kulit wajah dengan cara memotong mentimun secara tipis-tipis dan menempelkannya seluruh bagian kulit wajah. 

3. Mentimun
source: https://www.freepik.com/

Lakukan kegiatan ini secara rutin. Selain menyenangkan untuk dilakukan, kegiatan yang satu ini juga sebagai sarana buat kamu melakukan relaksasi pada kulit wajah. Masukan timun ke dalam lemari es terlebih dahulu untuk mendapatkan sensasi menyegarkan. 

4. Tomat


Tomat bisa membantu kulit kamu menjadi lebih lembap, lembut, sekaligus mencerahkan. Kandungan di dalamnya juga dapat digunakan sebagai bahan alami yang dapat meremajakan dan mengencangkan kulit wajah. Sama halnya seperti mentimun, kamu bisa mengiris tomat tipis-tipis dan menempelkannya langsung ke area kulit wajah. Diamkan selama 10-15 menit hingga sari-sari pada tomat meresap sempurna. 
 

4. Tomat
source: https://www.freepik.com/

5. Madu


Last but not least, bahan alami untuk membuat kamu tampil lebih awet muda sekaligus dapat mengencangkan kulit wajah adalah madu. Madu murni dikenal sebagai pelembap alami terbaik bagi kulit wajah. Kandungan di dalamnya mampu mempercepat proses peremajaan kulit dan membantu dalam meregenerasi kulit wajah.

5. Madu
source: https://www.freepik.com/


Kamu bisa mengaplikasikan langsung madu pada kulit wajah dan diamkan selama sekitar 15-20 menit. Kamu bisa mencampurkan madu dengan perasan lemon yang dapat mencerakan kulit wajah.