Keinginan buang air meningkat tapi volume urine sedikit

source: shape.com

Dilansir dari World of Buzz, Dr Abdul Rahim dari Bayan Lepas, Penang, Malaysia melalui Facebook mengungkapkan gejala gagal ginjal di antaranya yaitu besarnya keinginan untuk selalu buang air kecil. Hal tersebut terjadi karena proses penyaringan dalam organ memburuk sehingga akan ada lebih banyak cairan tubuh yang tidak difilter. Hal ini menyebabkan dorongan untuk selalu buang air kecil.
 

Muncul memar atau bengkak di sekitar mata

source: allaboutvision.com

Kalau area mata tampak bengkak terus menerus, kemungkinan ginjal tidak bekerja dengan baik. Senada dengan Dr Abdul Rahim, Dr. Joseph Vassalotti, Chief Medical Officer di National Kidney Foundation juga menyebutkan bahwa memar atau bengkak di sekitar mata bisa terjadi karena kehilangan protein. Alih-alih disimpan dalam darah, protein justru disaring oleh ginjal yang tidak berfungsi.
 

baca juga

Area sekitar pergelangan kaki memar atau membengkak

source: healthline.com

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan atau memar di kaki dan pergelangan kaki. Kemungkinan gagal ginjal juga dapat ditandai ketika kulit di sekitar area tersebut membutuhkan waktu lama untuk kembali normal setelah ditekan. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa tubuh kehilangan banyak protein dan natrium karena gagal ginjal.
 

Urine berwarna kemerahan

source: daviesurology.co.nz

Gejala gagal ginjal berikutnya dapat dilihat dari warna urine. Jika warnanya kemerahan, besar kemungkinan telah terjadi gagal ginjal. Itu karena darah tidak disaring oleh ginjal sehingga bocor. Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah tetap berada dalam tubuh ketika menyaring limbah atau racun dari darah. Namun ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah tersebut dapat mulai "bocor" ke dalam urine.
 

baca juga

Urine sangat keruh dan berbusa

source: healthline.com

Masih dilihat dari kondisi urine, air seni yang keruh dan berbusa juga mengindikasikan gagal ginjal. Busa tersebut mungkin terlihat seperti busa yang kamu lihat ketika mengocok telur. Protein yang ditemukan dalam urine, albumin, merupakan protein yang sama dengan yang ditemukan dalam telur. Ketika hal itu terjadi, tandanya protein telah bocor ke urine karena ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
 

Kulit kering dan gatal

source: dotemirates.com

Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting, mulai dari menghilangkan racun dan cairan ekstra dari tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat, hingga mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah. Kulit kering dan gatal bisa jadi tanda gagal ginjal karena ginjal tidak lagi dapat menyeimbangkan kadar mineral, air, dan nutrisi dalam darah.
 

Otot gampang mengalami kram

source: independent.co.uk

Ketidakseimbangan elektrolit dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kram otot.
 

Tubuh tidak berenergi, mudah lelah, gelisah, hingga sulit berkonsentrasi

source: multiplesclerosisnewstoday.com

Indikasi lain yang dapat menunjukkan adanya penurunan fungsi ginjal yaitu seseorang jadi tidak berenergi dalam beraktivitas. Hal ini dapat terjadi karena adanya penumpukan racun dan kotoran di dalam darah, menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan juga sulit untuk berkonsentrasi sebagaimana pada gejala animea. Ginjal yang gagal berarti kadar sel darah merah rendah yang menyebabkan anemia.
 

Susah tidur

source: bustle.com

Ketika ginjal tidak dapat menyaring dengan benar, racun tinggal di dalam darah. Ini dapat mempengaruhi kemampuan untuk tidur.
 

Kehilangan nafsu makan

source: theselfimprovementblog.com

Nafsu makan yang berkurang merupakan hal yang umum bagi semua orang. Namun di sisi lain, hal tersebut juga dapat menjadi indikasi adanya ketidakberesan fungsi ginjal. Penumpukan racun yang dihasilkan dari penurunan fungsi ginjal dapat menjadi salah satu sebab menurunnya nafsu makan.

Itu tadi sepuluh gejala ginjal yang perlu kamu tahu. Jaga terus kesehatanmu, ya, Ladies.