Dilansir dari Haibunda.com, Dr Irfan Rahmatullah, Sp.OG, mengatakan, beberapa wanita biasanya sudah bisa merasakan dirinya sudah hamil. Walaupun, dia baru terlambat haid dalam 5-10 hari. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai perubahan tubuh yang bisa jadi merupakan tanda hamil.

Amenorhea atau Telat Haid

Amenorhea atau Telat Haid

Dr. Irfan menjelaskan bahwa siklus haid akan berhenti begitu di dalam tubuh wanita ada hasil konsepsi. Meskipun, adanya kehamilan adalah alasan utama mengapa wanita enggak haid. Tapi, kata Irfan ini bukan tanda yang absolut.

"Sebab, beberapa penyakit kronis lain pun bisa menyebabkan telat haid," ujar Dr. Irfan.
 

baca juga

Mual dan Muntah

Mual dan Muntah

Berikutnya adalah morning sickness atau mual muntah di pagi hari. Hal ini bisa jadi tanda kalian sedang hamil. Walaupun, mual dan muntah bisa timbul kapan saja ya. Penyebab kondisi ini sebagai tanda hamil belum bisa dipastikan. Tapi, meningkatnya kadar beberapa hormon kehamilan yang memengaruhi metabolisme diyakini jadi salah satu sebabnya.

Keluhan Buang Air Kecil

Keluhan Buang Air Kecil

"Rasa ingin kencing dan frekuensi kencing akan meningkat karena posisi kandung kencing tepat berada di depan rahim yang mulai membesar. Kandung kencing akan mulai terdesak rahim. Sehingga, yang biasanya pada saat enggak hamil kandung kencing kamu bisa menampung hampir lebih dari 300 ml, mungkin saat hamil hanya mampu menampung separuhnya," jelas Dr Irfan dikutip dari Haibunda.com

baca juga

Mastodinia

Mastodinia
source: https://id.pinterest.com/

Mastodinia adalah rasa kencang dan sakit di payudara, kadang nyeri saat tersentuh. Hal ini disebabkan aliran pembuluh darah di payudara meningkat dan saluran di payudara meningkat. Biasanya ketika sedang haid, perempuan juga merasakannya.
 

Rasa Pahit di Lidah

Rasa Pahit di Lidah
source: https://id.pinterest.com/

Dr Irfan mengatakan bahwa rasa pahit seperti rasa besi dan keluarnya air liur berlebih sering muncul dimulut ibu hamil. Kadang, makanan yang biasa dikonsumsi jadi hambar dan rasanya berbeda. "Bahkan cappucino kesukaan kamu bisa jadi rasanya aneh. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan yang beranjak naik," jelasnya.