1. Ethylene Oxide

1. Ethylene Oxide

Ethylene oxide merupakan kandungan dalam sheet mask yang dapat merusak DNA dan meningkatkan risiko penyakit kanker. Kandungan ini dapat kamu temukan di dalam sheet mask, namun jarang ditulis di daftar komposisi yang tertera pada kemasan.
 
Ladies, kamu perlu tahu bahwa ethylene oxide digunakan untuk memproduksi bahan-bahan kimia lain, seperti antifreeze, pestisida, dan agen sterilisasi. Ethylene oxide juga sering ditemui pada bahan kimia PEG yang dimiliki oleh beberapa masker.

Untuk itu, hati-hati memilih sheet mask dan jangan menggunakan sheet mask yang mengandung ethylene oxide, ya, Ladies.
 

2. Shea Butter

2. Shea Butter

Shea butter dipercaya dapat melembabkan kulit. Hal ini memang benar, namun faktanya shea butter hanya baik bagi kulit badan, bukan wajah. Shea butter mengandung emmolient yang dapat memberikan kelembapan luar biasa. Namun, ada baiknya kamu tidak menggunakan sheet mask yang mengandung shea butter ini setiap hari karena dapat menyumbat pori-pori di wajah dan menyebabkan terjadinya jerawat.
 

baca juga

3. Sodium Laureth Sulfate (SLS)

3. Sodium Laureth Sulfate (SLS)

Sama seperti ethylene oxide, sodium laureth sulfate (SLS) juga diyakini dapat menyebabkan kanker. Tidak hanya itu, sodium laureth sulfate juga dapat membuat kulit menjadi iritasi. Sodium laureth sulfate ini efektif sebagai salah satu unsur pembuat busa. Kandungan sodium laureth sulfate ini banyak ditemukan pada produk sampo, kosmetik, dan produk kecantikan lainnya.
 
Sodium laureth sulfate berfungsi untuk mengangkat segala jenis kotoran, seperti minyak di permukaan kulit dan rambut. Tapi, ada baiknya jika menemukan jenis sheet mask yang mengandung sodium laureth sulfate, tidak perlu kamu gunakan, ya.

Berdasarkan penelitian dalam International Journal of Toxicology pada tahun 2010, sodium laureth sulfate jika digunakan sebagai sampo akan menyebabkan kulit kepala gatal dan rambut rontok.
 

4. Putih Telur

4. Putih Telur

Sheet mask yang mengandung putih telur ternyata juga tidak bisa kamu gunakan setiap hari jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif dan berjerawat, lho. Putih telur dapat menyumbat pori-pori di wajah kamu dan menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, sebelum menggunakan sheet mask jenis ini ada baiknya lihat kondisi wajah kamu terlebih dahulu.
 

baca juga

5. Charcoal

5. Charcoal

Saat ini, hampir semua produk kecantikan mengandung arang atau charcoal. Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kulit, charcoal pada sheet mask tampaknya tidak dianjurkan untuk kamu gunakan jika memiliki jenis kulit wajah yang kering.

Ya, fungsi dari charcoal adalah mengatasi dan menghilangkan minyak berlebih di wajah. Jika kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, pastikan juga agar tidak setiap hari menggunakan sheet mask jenis ini agar kulit wajah kamu tetap memproduksi minyak untuk kesehatan wajah.

Nah, jika kamu yang memiliki jenis kulit wajah yang kering, maka tidak dianjurkan untuk menggunakan sheet mask yang satu ini, ya, Ladies.
 

6. Minyak Kelapa

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit, tapi jika kamu sedang berjerawat, sheet mask dengan kandungan ini wajib kamu jauhi dulu, ya, Ladies. Meskipun minyak kelapa dipercaya dapat membantu melawan jerawat karena memiliki kandungan antibakteri, ternyata tidak baik untuk jenis kulit wajah yang berminyak dan cenderung berjerawat. Penggunaan sheet mask yang mengandung minyak kelapa akan menyumbat pori-pori wajah kamu dan akan memicu terjadinya jerawat.