Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan jerawat, Ladies. Mulai dari produksi sebum (zat yang diproduksi kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering) berlebihan, sumbatan pada folikel rambut, bakteri, hingga aktivitas hormon androgen.

Selain keempat kondisi tersebut, jerawat juga bisa muncul dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang terus kamu ulang. Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin kamu lakukan tanpa sadar. Lantas, apa saja sih kebiasaan yang bisa memicu timbulnya jerawat itu? Simak, yuk!

1. Terlalu Sering Mencuci Wajah


Image Source: stock.adobe.com

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan wajah, mencuci wajah memang penting. Tapi, bukan berarti Ladies boleh mencuci wajah terlalu sering karena dapat menyebabkan wajah kehilangan minyak alami kulit dan membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak. Minyak berlebihan pada kulit pada akhirnya dapat menimbulkan jerawat.

Nah, untuk menghindari efek buruknya, sebaiknya cuci wajah maksimal dua kali sehari saja, ya. Bisa kamu lakukan di pagi dan malam hari. Biar proses mencuci wajah lebih baik, pastikan gunakan air bersih dan sabun pembersih wajah dengan formula yang ringan.

baca juga

2. Tidur Tanpa Membersihkan Makeup


Image Source: stock.adobe.com

Malas membersihkan makeup sebelum tidur juga bisa menyebabkan jerawat. Makeup yang masih menempel pada kulit saat Ladies tidur bisa punya efek berbahaya, lho. Kulit yang perlu bernapas dan memperbaiki diri pada malam hari tidak bisa melakukan tugasnya jika tidak dibersihkan.

Lapisan makeup pada kulit selama tidur dapat merusak semua rencana sehat dari kulit, Ladies. Salah satu dampak buruknya, kulit jadi jerawatan, deh.

3. Konsumsi Makanan Berminyak


Image Source: stock.adobe.com

Konsumsi makanan berminyak bagi sebagian orang bisa menyebabkan masalah jerawat lho, Ladies. Kok bisa, sih? Hal itu karena gorengan kemungkinan besar mengandung lemak jenuh dalam jumlah besar. Jika dikonsumsi berlebihan, lemak jenuh bisa menganggu kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk memunculkan jerawat. Jadi, usahakan untuk menjalankan diet sehat dan menghindari konsumsi makanan berminyak, ya.

baca juga

4. Salah Pakai Kosmetik


Image Source: stock.adobe.com

Salah menggunakan kosmetik juga bisa menyebabkan jerawat, Ladies. Untuk kamu yang punya kulit wajah cenderung berjerawat, sebaiknya hindari pemakaian kosmetik dengan kandungan minyak. Pilihlah produk makeup bebas minyak dengan label “non-agnegenic” atau “non-comedogenic” agar kulit tidak berjerawat hanya karena salah pemakaian kosmetik, ya.

5. Tidak Pakai Produk Perawatan Kulit Berjerawat yang Tepat


Image Source: stock.adobe.com

Sudah muak dengan jerawat yang tidak kunjung berkurang? Ini saatnya kamu menggunakan produk perawatan wajah berjerawat yang tepat. Jika tidak, wajar saja wajahmu terus-terusan berjerawat.

Nah, ada kabar baik nih, Ladies. Sido Muncul hadir dengan kapsul Aluss yang bisa kamu coba untuk membantu mengatasi jerawat. Aluss juga bisa membuat kulit tetap halus, lho.

Image Source: Dok. Beautynesia
Kok bisa? Itu karena tiap kapsul Aluss memiliki formula spesial yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tiap kapsul Aluss mengandung ekstrak bahan-bahan yang bekerja sinergis dalam mengurangi jerawat dan merawat kulit dari dalam, yaitu:
  • Curcumae Xanthorrhizae Rhizoma (100 mg). Curcumae Xanthorrhizae Rhizoma adalah nama lain temulawak. Temulawak sendiri merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang sering dipakai sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan dan obat-obatan herbal.
  • Ligustrinae Lignum (100 mg). Ligustrinae Lignum adalah nama lain Kayu Bidara Laut. Tumbuhan semak dengan tinggi lebih kurang 2 meter, berbatang kecil, berkayu keras, dan kuat ini terkenal mampu menyegarkan kulit muka.
  • Sericocalycis Folium (62,5 mg). Sericocalycis Folium adalah nama lain Keji Beling. Tumbuhan semak yang tingginya mencapai 1-2 m ini bermanfaat untuk kecantikan karena mengandung antioksidan.
  • Phyllanthi Herba (50 mg). Phyllanthi Herba adalah nama lain Meniran yang merupakan salah satu jenis tanaman berbentuk batang bulat, basah dan tinggi kurang dari 50 cm. Meniran mampu basmi jerawat karena punya efek antibakteri.
  • Parameria Laevigata (37,5 mg). Parameria Laevigata adalah nama lain Kayu Rapet, tanaman yang banyak tumbuh liar di hutan dan tempat lain yang bertanah tandus dan cukup mendapatkan sinar matahari. Parameria Laevigata bisa bantu atasi jerawat karena memiliki efek antiinflamasi (antiradang).
Berdasarkan kandungan-kandungan dalam kapsul Aluss tersebut, dapat disimpulkan bahwa Aluss dapat membantu mengurangi jerawat dan membantu menghaluskan kulit, Ladies. Kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal Aluss dengan menerapkan aturan minum berikut:
  • 2 x 2 kapsul sehari selama 7 hari.
  • 2 x 1 kapsul sehari selama 1-2 bulan selanjutnya atau sesuai petunjuk dokter.
Cara kerja Aluss dalam membantu mengurangi jerawat dan menghaluskan kulit sendiri adalah sebagai berikut:
  • Bersifat sebagai antiradang dan antiseptik dengan membunuh kuman penyebab jerawat.
  • Mempunyai efek menghaluskan kulit.
  • Bersifat sebagai antioksidan (melindungi kulit dari radikal bebas).
  • Bersifat membersihkan darah dari kuman-kuman.
Nah, itulah tadi beberapa kebiasaan buruk yang bisa picu jerawat, Ladies. Yuk jadi lebih peduli terhadap wajahmu dengan mulai terapkan kebiasaan lebih baik, salah satunya dengan konsumsi kapsul herbal seperti Aluss. Kamu bisa mendapatkannya di Watsons, Boston, dan e-commerce www.sidomunculstore.com. Semoga bermanfaat!