Di tahun 2019 ini rupanya bukan tahun yang baik untuk beberapa group K-Pop dan juga para k-popers. Bagi penggemar setia, pasti sedih dan berasa banget apabila salah satu member keluar dari grup yang mereka sukai. Bahkan, terkadang para penggemar masih setia dengan jumlah member lama alias enggak bisa move on. Nah, berikut ini adalah daftar idol-idol yang hengkang dari group-nya di tahun 2019. Ada siapa saja ya?
 

Seungri ex Bigbang

Seungri ex Bigbang

Maknae dari boygroup Bigbang ini memutuskan untuk hengkang dari Bigbang setelah 13 tahun bersama G-Dragon, TOP, Taeyang dan Daesung. Pada 11 Maret 2019 lalu, Seungri menulis surat yang diunggah melalui akun Instagramnya @seungriseyo, di surat tersebut tertulis bahwa Ia memutuskan keluar dari Bigbang dan pensiun dari dunia hiburan.
 

baca juga

Choi Jonghoon ex FT Island

Choi Jonghoon ex FT Island

Leader dari group band FT Island ini juga memutuskan untuk hengkang dari grupnya setelah 12 tahun. Kabar pengunduran dirinya itu disampaikan pihak agensi FNC Entertainment lewat sebuah pernyataan pada Kamis 14 Maret 2019 lalu. Sama seperti Seungri, Jonghoon tak hanya keluar dari grupnya tetapi juga pensiun dari dunia hiburan.
 

Yoon Junhyung ex Highlight

Yoon Junhyung ex Highlight

Di bulan yang sama dengan Seungri dan Jonghoon, salah satu member Highlight juga memutuskan untuk keluar dari grup yang sudah membesarkan namanya. Junhyung yang merupakan main rapper dari Highlight, mengumumkan bahwa dirinya meninggalkan grupnya melalui unggahannya di akun Instagram pribadinya @bigbadboii pada Kamis, 14 Maret 2019 lalu.
 

baca juga

Mina ex AOA

Mina ex AOA

Selaku agensi dari girlgroup AOA, FNC Entertainment memberikan pernyataan resminya dengan mengumumkan bahwa AOA akan tetap ada. Namun, grup yang awalnya terdiri dari enam member ini harus rela ditinggalkan oleh salah satu membernya yaitu Mina. FNC Entertainment mengumumkan bahwa AOA hanya akan melanjutkan dengan lima angggota saja.
 

Hanbin ex iKON

Hanbin ex iKON

Pada 12 Juni 2019 lalu, iKONICS (sebutan penggemar iKON) dikejutkan dengan kabar bahwa sang leader Kim Hanbin memutuskan untuk hengkang dari grupnya iKON. Pria yang akrab disapa B.I itu mengunggah postingan berupa surat lewat akun Instagramnya (@shxxbi131). B.I memintaa maaf kepada fans dan menyebutkan keinginannya keluar dari iKON.
 

Kangin ex Super Junior

Kangin ex Super Junior

Kangin salah satu member Super Junior memang sudah tidak mengikuti aktivitas bersama Super Junior sejak 2017 lalu. Namun, pada 11 Juli 2019 lalu Kangin memilih keluar dari Super Junior, hal itu Ia sampaikan melalui unggahan Instagramnya (@kanginnim). Tak lupa, Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada E.L.F (fans Super Junior) yang sudah mendukungnya selama 14 tahun terakhir.
 

Laun ex ONF

Laun ex ONF

Agensi dari boygroup ONF, WM Entertainment secara mengejutkan merilis pernyataan resmi yang menjelaskan bahwa Laun meninggalkan grup. WM Entertainment selaku agensi Laun, sebelumnya menyampaikan permintaan maafnya kepada penggemar ONF. Pemilik nama asli Kim Min Soek itu memberi tahu bahwa dirinya ingin menghentikan aktivitasnya sebagai selebriti dan tak lagi menjadi anggota grup. Pihak agensi juga telah mengakhiri kontraknya dengan Laun pada 23 Agustus 2019.
 

Lee Jonghyun ex CNBLUE

Lee Jonghyun ex CNBLUE

Lee Jonghyun yang saat ini masih menjalani tugas wajib militernya mengumumkan bahwa dirinya keluar dari grupnya CNBLUE. Gitaris dari CNBLUE ini memutuskan meninggalkan grupnya yang sudah bersamanya berkarya di industri K-Pop sejak tahun 2009. Melalui agensinya FNC Entertainment, Jonghyun menulis surat dengan menyampaikan permohonan maaf sekaligus pengunduran dirinya pada 29 Agustus 2019.
 

Kim Sunghyun ex IN2IT

Kim Sunghyun ex IN2IT

Usai ditinggal salah satu membernya yaitu Jinsub pada tahun 2018 lalu, boy group IN2IT harus kehilangan satu membernya lagi yaitu Kim Sunghyun. Pada 5 September 2015, melalui media sosial mereka MMO Entertainment selaku agensi yang menaungi iN2IT mengumumkan bahwa Kim Sunghyun meninggalkan grupnya.
 

Hwall ex The boyz

Hwall ex The boyz

Cre.ker Entertainment mengumumkan kabar yang mengejutkan bagi The B (sebutan fans The Boyz). Pada 23 Oktober 2019, Cre.ker Entertainment selaku agensi boygroup yang aktif sejak 2017 itu mengonfirmasi dan menyampaikan bahwa Hwall keluar dari grupnya The Boyz. Keputusan ini diambil usai berdiskusi dengan seluruh member The Boyz, agensi dan keluarga, mereka semua pun menerima keputusan Hwall.
 

Min ex We in The Zone

Min ex We in The Zone

Di hari yang sama saat Hwall mengumumkan meninggalkan grupnya The Boyz, salah satu grup rookie We in The Zone juga mengumumkan salah satu membernya meninggalkan grup tersebut. Pada 24 Oktober 2019, Choon Entertainment selaku agensi yang menaungi boy group We In The Zone merilis pernyataan resmi tentang hengkangnya member bernama Min dari grup. Kabar ini tentu sangat disayangkan, mengingat We In The Zone baru lima bulan debut.
 

Woojin ex Stray Kids

Woojin ex Stray Kids

Anggota tertua sekaligus main vocal dari boygroup Stray Kids mengejutkan para penggemar usai dikonfirmasi hengkang dari grupnya. JYP Entertainment mengumumkan mundurnya Woojin dari boyband Stray Kids pada Senin (28/10). Dalam pengumuman resminya, JYP Entertainment mengatakan Woojin memutuskan untuk mengakhiri kontrak eksklusifnya.
 

Wonho ex Monsta X

Wonho ex Monsta X

Debut pada tahun 2015 dengan tujuh member, namun pada 31 Oktober 2019 salah satu member Monsta X memutuskan untuk keluar dari grupnya. Wonho memutuskan hengkang dari Monsta X, seperti yang diumumkan oleh agensinya Starshop Entertainment melalui media sosial Twitter (@STARSHIPent). Pihak agensi sendiri tidak menjelaskan alasan Wonho meninggalkan Monsta X.