Makeup adalah salah satu kunci agar penampilan wajah tetap terlihat cantik dan membuat percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, pengaplikasian makeup umumnya tidak bisa bertahan lama.

Beraktivitas selama berjam-jam biasanya akan membuat makeup yang kita gunakan akan cepat luntur. Bukan hanya luntur, wajah pun bisa menjadi terlihat berminyak dan kusam banget.

Nahsupaya makeup kamu kembali sempurna lagi, salah satu caranya adalah dengan touch up atau retouch makeup. Tapi, hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan nihLadies. Ada beberapa tips yang harus dilakukan ketika melakukan touch up.

Kalau salah langkah, hasil makeup kamu menjadi super cakey atau tidak rata. Tapi tak usah khawatir, kali ini Beautynesia akan berbagi tips untuk dapatkan hasil touch up yang memuaskan dan wajahmu kembali lebih cantik dan segar. Simak yuk!

Tips Touch Up Makeup untuk Kembalikan Kesempurnaan Riasan

Mengatasi minyak di wajah
 
Langkah pertama sebelum menambah atau mengaplikasikan makeup adalah pastikan wajahmu bebas dari kilap minyak. Gunakan kertas minyak yang dapat mengangkat minyak dengan cepat, tap-tap perlahan pada area wajah yang berminyak. Produk kertas minyak ini sangat mudah dibawa untuk kemanapun dan touch up menjadi lebih mudah.

Hapus seluruh makeup di area bibir
 
Langkah kedua yang sebaiknya dilakukan saat touch up adalah menghapus makeup bibir secara menyeluruh. Bahkan membersihkan keseluruhan bibir justru lebih baik dari pada hanya mengaplikasikan ulang lipstisk di atas riasan bibir sebelumnya. Ladies bisa gunakan lip conditioner atau lips remover untuk menghilangkan noda dengan bantuan tisu berbahan lembut.

Gunakan sedikit pelembab atau eyecream sebelum touch up di bagian bawah mata
 
Jika bagian bawah mata terlihat berantakan dan menganggu penampilan, Ladies bisa gunakan pelembap atau krim mata terlebih dahulu sebelum menggunakan makeup. Produk ini dapat membantu memudarkan riasan di area bawah mata lebih mudah mengaplikasikan ulang makeup bagian bawah mata. Pastikan untuk menunggu pelembap atau krim sampai meresap sebelum touch up ulang makeup, ya.

Gunakan tisu atau blotting paper sebelum aplikasikan bedak
 
Ladies, sebelum mengaplikasikan beda di wajah ada baiknya untuk menghilangkan minyak pada wajah terlebih dahulu dengan menggunakan tisu wajah atau blotting paper. Ini akan membuat hasil makeup yang tidak cakey.

Untuk hasil touch up yang maksimal, gunakan spons kecantikan yang di lapisi dengan tisu wajah kemudian tepuk pelan di bagian wajah. Agar makeup yang menempel di wajah tidak mudah tergeser, hindari gerakan mengusap ya, Ladies.

Gunakan spons atau brush untuk meratakan makeup
 
Tak hanya menggunakan tisu wajah, sebelum aplikasian bedak sebaiknya untuk meratakan foundation yang telah menempel di wajah dengan spons atau kuas makeup. Jika dibutuhkan, Ladies bisa menambahkan sedikit foundation atau bb cream di bagian yang rentan luntur seperti di sekitar bibir, sudut hidung, atau daerah sekitar mata.

Agar lebih wajah ter-cover, bisa juga tambahkan sedikit concealer. Blend dengan menggunakan spons atau brush hingga merata.

Pakai translucent powder agar makeup tidak luntur
 
Kalau sudah menggunakan foundation dan concealer hingga merata. Supaya makeup tetap awet dan tidak luntur, disarankan untuk menggunakan translucent powder. Translucent powder ini sangat ringan di wajah dan tak bikin penampilan terlihat menjadi menor dan cakey. Aplikasikan bedak dengan menggunakan puff atau kuas makeup tipis-tipis saja ya.

Pakai blush on agar tampak lebih segar
 
Agar wajahmu tetap segar kembali, gunakan blush on supaya wajah terlihat merona. Pilih blush on dengan warna peach, pink, atau rose pink supaya tampak natural. Gunakan brush atau spons agar blush on terlihat rata dan tahan berjam-jam. Bisa juga tambahkan highlighter agar memberikan tampilan makeup lebih glowing dan fresh.

Kunci riasan wajah dengan setting spray
 
Tips terakhir adalah dengan menggunakan setting spray. Fungsi menggunakan setting spray adalah supaya riasanmu lebih awet sehingga tidak perlu touch up berkali-kali. Beri jarak yang cukup antara wajah dan setting spray, kemudian semprotkan dengan hati-hati agar tak merusak riasan. Tunggu sampai setting spray menyerap dan makeup kamu kembali sempurna.