Gangguan Permanen Pada Pendengaran

Gangguan Permanen Pada Pendengaran
source: https://wajibbaca.com

Terlalu sering dalam menggunakan earphone dalam jangka waktu yang lama dapat merusak kemampuan pendengaran secara permanen. Hal ini bisa terjadi apabila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.
 

Infeksi Telinga

Infeksi Telinga
source: https://m.merdeka.com

Karena earphone dibuat untuk dua telinga, sangat tak terelakkan bahwa orang membaginya. Menurut Manchester Evening News, penggunaan earphone secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri berbahaya, dan berbagi atau meminjam earphone dapat menyebabkan transfer bakteri orang lain. Alangkah lebih baik untuk tidak berbagi earphone dengan temanmu. Jika memang ingin berbagi, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu.​​​​​​​​​​
 

baca juga

Efek Buruk Pada Otak

Efek Buruk Pada Otak
source: https://wartakesehatan.com

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan earphone dapat menyebabkan bahaya serius bagi otak. Memang belum ada bukti medis yang kuat untuk membuktikannya. Namun untuk orang yang pengguna bluetooth, headphone dan earphone sehari-hari telah ditemukan lebih rentan pada masalah terkait otak. Karena telinga bagian dalam berhubungan langsung dengan otak, bahkan infeksi sedikit di telinga bagian dalam dapat secara langsung mempengaruhi otak. Hal ini tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.
 

Kecelakaan yang Mengancam Hidup

Kecelakaan yang Mengancam Hidup
source: https://laskarwongkito.com

Jumlah kecelakaan yang terjadi akibat orang-orang yang menggunakan earphone begitu meningkat dengan tingkat yang mengkhawatirkan. Seseorang yang tidak dapat mendengar klakson atau suara kendaraan lain dapat pula menjadi korban dari beberapa kecelakaan yang tidak menguntungkan. Bahkan tidak jarang, untuk menyelamatkan nyawa orang yang menggunakan headphone atau earphone, kehidupan orang yang menyelamatkan pun ikut menjadi dalam bahaya.


Itulah beberapa alasan yang membuatmu harus mengurangi penggunaan earphone. ​​​​​​Lagipula, kamu masih tetap bisa menikmati konten audio dalam bentuk lain dengan cara yang lebih aman.