Peran youtuber gadget atau tekno sangat membantu bagi mereka yang akan menentukan pilihan sebelum membelinya.  Ya meskipun youtuber yang fokus pada gadget ini tak setenar youtuber gaming ataupun youtuber pamer harta, yang memiliki popularitas tinggi di kalangan netizen.

Ditengarai, perkembangan youtube yang berbicara mengenai gadget dimulai sejak 2012, walaupun kualitas videonya tidak seapik sekarang. Berikut ini adalah 5 youtuber gadget atau tekno di Indonesia yang dirangkum dari berbagai informasi.
 

1. Sobat Hape

Boleh dikatakan channel Sobat Hape adalah channel gadget Indonesia yang muncul paling pertama karena sudah ada sejak tahun 2012 dan saat itu pembahasannya adalah smartphone Android keluaran Smartfren.
 

1.	Sobat Hape

Seiring berjalannya waktu, channel ini semakin mengudara. Sobat Hape didirikan oleh Mouldy Satria Eka Putra dan kemudian bekerja sama dengan sahabatnya, Irwan. Channel ini sering kali mempopulerkan istilah-istilah populer di dunia gadget tanah air seperti "hape ghoib" sebagai sebutan hape yang susah didapatkan waktu flash sale.
 

baca juga

2. GadgetIn

Channel Youtube yang dikelola oleh David ini muncul setelah Sobat Hape namun jumlah subscribernya kini telah jauh melampui Sobat Hape.
 

2.	GadgetIn

Ini dikarenakan GadgetIn punya frekuensi upload yang lebih sering, gaya review yang informatif, dan pemberian judul yang sedikit memancing namun konten tetap berkualitas.

Tak hanya unboxing dan review, gadgetIn juga sering membahas informasi seputar gadget dan tak jarang mengulas produk laptop.
 

3. BangRipiu

BangRipiu yang dikelola oleh Ikhsan yang merupakan orang Yogyakarta. BangRipiu memulai videonya sekitar tahun 2013 dengan unboxing Andromax C sebagai video pertamanya dan sekarang sudah menjadi salah satu channel gadget Indonesia yang besar.
 

3.	BangRipiu

BangRipiu punya gaya yang khas dalam mereview gadget, apalagi kalau sudah melepas plastik segel alias keletek. Gayanya yang santai namun tetap memberikan informasi penting menjadi BangRipiu banyak disukai para pecinta gadget Indonesia yang ingin melihat review produk.
 

baca juga

4. GontaGantiHape HD

4.	GontaGantiHape HD

Irfan Hilmy pengelola channel ini. Sama seperti youtuber gadget Indonesia kebanyakan, channel ini juga pembahasannya lebih personal. Sering kali gadget yang dibahas dibeli langsung di luar negeri dan ketika gadget tersebut belum rilis resmi di Indonesia sehingga bisa memberikan informasi bagi para calon pembeli yang berminat pada produk tersebut.
 

5. DroidLime

Berbeda dengan channel tekno lainnya yang dimiliki oleh perorangan, DroidLime adalah channel yang dimiliki oleh sekelompok orang atau bisa dikatakan sebuah perusahaan. Orang yang mengulas smartphone juga kebanyakan perempuan dan berganti-ganti.
 

5.	DroidLime

Namun bukan berarti channel itu tidak berkualitas, sebaliknya, setiap review pasti DroidLime memberikan informasi yang sangat detail mengenai kekurangan dan kelebihan produk tersebut dan tentu saja objektif.