Kenalan Dengan Mondo Gascaro, Penyanyi Indie yang lagi Hype!

Ramondo Gascaro atau akrab dikenal dengan nama Mondo Gascaro memulai karirnya sebagai seorang musisi dari sebuah grup band SORE, band Indie yang berasal dari Jakarta. Pada tahun 2012, Mondo Gascaro memutuskan untuk hengkang dari grup band Indie tersebut.

Bermusik dengan cara yang bebas menjadi salah satu alasan dirinya memilih untuk bersolo karir.
Kebebasan musik menurut pria kelahiran Jakarta, 44 tahun lalu ini, adalah ketika dia bisa menuangkan ide kreatif dalam sebuah karya tanpa harus dicampuri dengan banyak kepentingan, mulai dari drama hingga politik.
 

Kenalan Dengan Mondo Gascaro, Penyanyi Indie yang lagi Hype!

Ketertarikan Mondo Gascaro dengan musik berawal dari melihat neneknya bermain musik, dan melihat ayahnya menyanyikan lagu-lagu Sinatra dan Big Crosby. Mondo mengakui jika dirinya menyukai musik lawas, seperti The Beatles dan bahkan salah satu musisi nasional legendaris Ismail Marzuki. Tanpa malu, pria yang bisa menghabiskan 6 cangkir kopi dalam satu hari ini juga mengagumi musisi Efek Rumah Kaca dan penyanyi Indie perempuan, Danilla Riyadi.

Selain menjadi seorang musisi, ternyata Mondo merupakan orang yang kutu buku. Mondo mengaku jika dirinya tidak bisa lepas dari kebiasaan membaca, bahkan sebelum tidur dia menyempatkan diri untuk membaca beberapa artikel untuk menggali informasi.
Karena kegilaannya terhadap buku, Mondo memiliki dua ruangan untuk menyimpan koleksi buku-bukunya. Hal ini juga diakui oleh sang istri, Sarah Glandosch.
 

baca juga
Kenalan Dengan Mondo Gascaro, Penyanyi Indie yang lagi Hype!

Diam-diam Mondo Gascaro mengajak sang istri untuk membangun label musik dengan nama Ivy League Music, dan Mondo duduk sebagai produser. Beberapa musisi pernah menggunakan label musiknya, salah satunya Payung Teduh pada album Dunia Batas.

Keberhasilan Mondo dalam musik membuatnya dipilih oleh Garin Nugroho, Sutradara film Kucumbu Tubuh Indahku untuk mengisi soundtrack film tersebut yang tampil di Festival Film Venice. Untuk soundtrack film itu, Mondo Gascaro memilih single Apatis. Menariknya, ada 11 lagu termasuk Apatis dikerjakan Mondo dalam waktu yang singkat.
 

Kenalan Dengan Mondo Gascaro, Penyanyi Indie yang lagi Hype!

Memiliki darah keturunan Indonesia-Jepang membuat musik Mondo Gascaro memiliki keunikan dari penyanyi Indie yang lain. Karakter musik Mondo Gascaro adalah gabungan dari musik teduh dan tenang. Melodi yang digunakan juga megah dan mendayu, sehingga membuat pendengarnya seakan dibawa masuk ke dalam tiap lagu yang dinyanyikan oleh Mondo. Menariknya, lagu-lagu ciptaan Mondo berbicara mengenai hidup dan kehidupan.

Nah, jika kamu menyukai jenis musik yang chill atau mencari musik yang cocok untuk didengarkan saat sendirian, maka tidak ada salahnya jika kamu mendengarkan lagu-lagu Mondo Gascaro ini.