Sebagai seorang perempuan di masa modern, kini eksistensi kamu tidak hanya harus bergelut dengan dapur dan kain pel. Berbagai sejarah telah terjadi, dan perjuangan emansipasi perempuan telah digaungkan sejak lama. Kamu tidak perlu takut lagi untuk berpendapat, bekerja, atau bahkan memperjuangkan apa yang kamu rasa tidak benar dari masyarakat kita dewasa ini.

Kebebasan berpendapat dan kemerdekaan untuk mendapat pendidikan kini juga dimiliki perempuan. Harusnya sudah tidak ada lagi pembatasan pada hak hak perempuan untuk hidup merdeka.

Tahukah kamu, dibalik emansipiasi dan kemerdekaan perempuan dewasa ini ada pemikiran dan perjuangan visioner dari para tokoh ‘Strong Woman’ baik dengan karya ataupun perlawanannya?
Kenali yuk, para Strong Woman dari masa ke masa.
 

1. Frida Kahlo

1. Frida Kahlo

Sosok visioner ini adalah seorang pelukis asal Mexico. Ia adalah perempuan dengan perasaan kompleks yang berani menyampaikan emosi, psikis dan keadaannya lewat karya. Setiap babak kehidupan yang dia jalani sedari kecil sebagai pengidap polio, mengalami kecelakaan bus di usia 18 tahun, menikah dengan Artis Diego River sampai dikhianti kemudian rujuk kembali. Semuanya dilukiskan melalui lukisan artistic yang mayoritas merupakan refleksi dirinya sendiri dengan berbagai penggambaran ikonik.
 
Segala kesulitan dalam hidupnya, dan kesenjangan perempuan dengan laki-laki diantara mayoritas penggiat seni kala itu tidak membuat Kahlo gentar. Dirinya tetap maju dan bahkan mengolah kesulitan hidupnya sebagai hasil seni yang menakjubkan.
Pikirannya yang tajam, menggambarkan dirinya sendiri dalam lukisan. Kahlo mengatakan, jika karena dia yang paling mengenal dirinya sendiri. Jadi bisa melukiskannya dengan lebih baik.
 
Pengenalan pada diri sendiri memang penting ya Girls, dengan begitu kamu bisa tahu bagaimana menghadapinya. Bahkan seperti Kahlo, yang berkompromi dengan kekurangan dan kesulitan hidupnya lewat sebuah karya.
 

baca juga

2. Elizabeth Blackwell

2. Elizabeth Blackwell

Perempuan revolusioner selanjutnya adalah Elizabeth. Jika kamu mahasiswi kedokteran, maka berterimakasihlah pada Elizabeth yang telah memperjuangkan perempuan agar bisa menjadi dokter resmi modern. Ia adalah sosok revolusioner perempuan dibidang medis, dimana dirinya adalah dokter resmi modern pertama di dunia! Luar biasa bukan?

Tidak tanggung tanggung, riwayat revolusioner ternyata memang turunan dari keluarganya. Tercatat saudaranya Henry adalah seorang aktivis anti-perbudakan yang berpengaruh, adiknya Emily Backwell pun mengikuti sang Kakak menjadi dokter perempuan. Bahkan mereka membangun rumah sakit wanita dan anak juga Women’s Medical College New York bersama.
 
Keberanian Elizabeth melawan diskriminasi pada pendidikan perempuan itu harus kita jadikan teladan ya girls!
 

3. Hua Mulan

3. Hua Mulan

Perempuan ini berasal dari daratan China, dimana dirinya terkenal sebagai sosok perempuan yang tangguh. Ia menggantikan Ayahnya yang telah tua dan diutus untuk pergi berperang. Meski mengalami kesulitan diawal, tapi itu tidak membuat dirinya gentar. Mulan berlari ke medan perang bahkan sampai akhirnya memimpin pasukan.

Kini sosoknya sangat dihormati sebagai salah satu pahlawan di China. Kisah perjuangannya bahkan diabadikan dalam sebuah film berjudul ‘Mulan’. Perjuangannya membuktikan bahkan perempuan bisa melakukan apa yang dilakukan lelaki. Kecerdikan dan kegigihannya mendobrak batas pikiran sempit mengenai perempuan.
 

baca juga

4. Seondok dari Silla

4. Seondok dari Silla

Berbicara tentang sosok ini, maka tidak lepas dari sejarah tiga kerajaan Korea Selatan di masa lampau. Dimasa Seondok hidup, ada tiga kerajaan Korea bernama Baekje, Goryeo dan Silla. Menjadi ambisi untuk setiap pemimpin kerajaan untuk menyatukan tiga kerajaan dan menjadi Raja. Kaum lelaki sangat mendominasi kala itu, para perempuan bahkan tidak diizinkan untuk sekolah. Pendidikan dikhususkan untuk laki laki dari kaum bangsawan. Pemerintahan diisi oleh para lelaki pula.

Tapi Seondok, dengan kegigihannya berhasil menjadi Ratu dari Silla. Perempuan pertama yang memimpin sebuah kerajaan pada masa itu. Dalam riwayat kepemimpinanya pun, Seondok sangat peduli pada pendidikan, terutama ilmu astronomi.
 

5. R.A Kartini

5. R.A Kartini

Siapa sih Perempuan Indonesia yang tidak kenal perjuangan R.A Kartini? Sampai ada lagu nasional tersendiri untuk sosok emansipasi perempuan di Indonesia ini. Sepak terjang R.A Kartini yang memperjuangkan hak pendidikan untuk perempuan sudah bukan rahasia lagi. Bisa dibilang, perempuan bisa mulai diterima setara dengan lelaki dalam hal pendidikan berkat salah satunya karena perjuangan Kartini.

Sekolah-sekolah Kartini menjadi awal dimana pendidikan bagi perempuan menjadi sama pentingnya dengan lelaki. Membuka jendela dan memberikan cahaya baru bagi kaum perempuan untuk melihat dunia lebih luas. Seperti dalam bukunya, ‘Habis Gelap Terbitlah Terang.’
 

Seluruh perjuangan para perempuan revolusioner di atas, memberikan bukti bahwa perempuan juga bisa berjuang dan bergerak. Perbedaan gender yang berujung diskriminasi harusnya tidak lagi dilakukan. Perempuan juga kini bisa berlari dan menggapai mimpi. Menjadikan dunia lebih baik dengan caranya sendiri.