Buah salak mendadak viral lantaran aktris papan atas Nia Ramadhani tidak tahu cara mengupas buah bersisik tersebut. Hal ini diketahui dari unggahan Instagram Story suami Nia, Ardie Bakrie, yang meminta sang istri mengupas salak. 

Unggahan ini kemudian dibagikan oleh akun-akun gosip Instagram hingga menjadi viral. Padahal, mengupas buah salak sangatlah mudah dan tanpa bantuan apa pun. Lantas, sebetulnya apa saja khasiat salak? Selain kamu, Nia Ramadhani juga perlu tahu nih manfaat buah salak!

6 Manfaat Salak Bagi Kesehatan, Nia Ramadhani Juga Wajib Tahu!

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Sama dengan buah lainnya, salak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan meski tampilannya kurang menarik dan menyakinkan. Salah satunya, menjaga kesehatan jantung. Buah bersisik ini mengandung kalium, antioksidan, serta mineral yang bermanfaat mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah. Salah satu fungsi kalium adalah membantu mengirimkan impuls saraf yang mempengaruhi detak jantung. 

Asupan kalium yang cukup sangat penting bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi atau masalah pada detak jantung. Paling penting salak juga tidak mengandung kolesterol, sehingga aman dikonsumsi bagi kamu yang berkolesterol tinggi serta menjaga kesehatan jantung. 

baca juga

Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

Banyak anggapan keliru di masyarakat yang mengatakan bahwa mengonsumsi salak dapat menyebabkan sembelit, yang ujung-ujungnya mempersulit buang air besar. Padahal, salak dan kulit ari buah salak mengandung serat, tanin, kalsium, saponin, flavonoid, dan beta karoten, yakni zat yang membantu dan melancarkan sistem pencernaan dan membantu mencegah sembelit.

Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, salak juga baik bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan phenolic dalam salak dapat menutrisi kulit serta membuat kulit lebih sehat dan cerah. Selain itu, salak juga mengandung antioksidan yang dapat mengatasi kulit kusam, membantu memperlancar proses regenasi kulit, serta melawan penuaan dini. Karena itu, tak ada salahnya rutin konsumsi buah bersisik ini. 

baca juga

Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata

Sama dengan wortel, salak juga baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan beta karoten pada salak mampu menjaga kesehatan indera pengelihatan. Kamu dapat mengosumsi buah ini dengan cara dijus selain dimakan begitu saja. Kamu juga dapat mencampurkannya bersama buah lain, seperti wortel, tomat, atau jeruk. 

Menjaga Berat Badan

Menjaga Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal, mulai sekarang kamu dapat memasukan salak dalam liat diet kamu. Sebab, kandungan serat dan antioksidan dalam salak baik untuk asupan diet. Serat dalam salak dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makanan dapat terkontrol, yang ujung-ujungnya dapat menurunkan atau berat badan. 

Selain itu, salak juga mengandung karbohidrat dan kalsium yang dapat membantu kebutuhan energi tubuh saat sedang diet. Kamu bisa menjadikan salak sebagai camilan sehat. 

Kesehatan Janin dan Ibu

Kesehatan Janin dan Ibu

Tak banyak yang tahu bahwa salak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Salak kaya akan kandungan zat besi yang dapat menjaga kesehatan janin dan ibu masa kehamilan. Salak dapat dikonsumsi saat sedang mengalami morning sickness. 

Meski demikian, tetap mengonsumsi salak dalam jumlah terkontrol atau tidak berlebihan. Sebab, segala sesuatu yang  dikonsumsi secara berlebihan tidak baik sekali pun itu menyehatkan.