Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019 – 2024 telah dilaksanakan pada Minggu sore(20/10/2019) di Gedung Nusantara Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dilantik dalam sidang paripurna MPR RI. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.
Selengkapnya berikut ulasan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia ke-7 hari ini, simak yuk!
 

Acara Pelantikan Berbeda dengan Periode Sebelumnya

Acara Pelantikan Berbeda dengan Periode Sebelumnya

Perbedaan yang paling mencolok adalah tidak seperti dahulu, dimana Presiden Jokowi menggantikan Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Kini, dalam acara ada pertukaran tempat duduk antara Wakil Presiden Jusuf Kalla, kepada Wakil Presiden Indonesia  terbaru, Ma’ruf Amin.

Kemudian, jika pada pelantikan periode lalu pasangan Jokowi – Jusuf Kalla di arak menggunakan kirab budaya dari Monumen Nasional – Bundaran Hi – Gedung Nusantara, maka kini perjalanan tidak lagi seperti itu. Jokowi – Ma’ruf Amin langsung melakukan perjalanan ke tempat pelantikan berlangsung. Tanpa kirab budaya seperti tahun 2014.
 

baca juga

Pengamanan yang Ketat

Pengamanan yang Ketat

Perbedaan juga terjadi dalam hal pengamanan. Jumlah personel pengamanan pada pelantikan periode lalu adalah 25.000 personel gabungan dari TNI – Polri. Untuk pelantikan periode ini jumlah personel bertambah menjadi 30.000 orang. Sejumlah jalan menuju Gedung DPR pun ditutup. Di Mimika Papua pun ada 900 personel gabungan yang berjaga selama acara berlangsung. Sejak Kamis(17/17/2019) simulasi keamanan pun telah dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.
 

Pengamanan yang Ketat
baca juga

Tamu Undangan yang Hadir

Tamu Undangan yang Hadir

Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019 – 2024 ini dihadiri oleh Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarno Putri  dan Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu, Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga turut hadir dalam pelantikan.

Selain undangan tamu dari dalam negeri. Banyak tamu undangan dari Negara sahabat yang juga hadir dalam acara pelantikan hari ini. Diantaranya adalah Sultan Brunei Darrusalam, Hassanal Bolkiah, Wakil Presiden Republik Rakyat China, Wang Qishan, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsein Loong dan Wakil Presiden Myanmar, Henry Van Thio.
 

Tamu Undangan yang Hadir

Bagaimana? Setelah mengulas moment pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI diatas, kamu jadi tahu kan apa saja yang terjadi di pelantikan tahun ini? Jadi tidak ketinggalan informasi Negara terkini deh. Mari kita nantikan kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019–2020.