Sikat Gigi secara Rutin

Sikat Gigi secara Rutin
source: https://womantalk.com

Sikat gigi yang dilakukan yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi timbunan plak di gigi. Gosoklah gigi minimal dua kali sehari, yaitu sebelum tidur malam dan satu jam setelah sarapan pagi. Di luar waktu-waktu tersebut, menggosok gigi setelah makan besar dan dan saat banyak makanan tersangkut di sela gigi juga adalah kebiasaan yang sangat baik.
 

Menggunakan Pasta Gigi dengan Fluoride

Menggunakan Pasta Gigi dengan Fluoride
source: https://lifestyle.kompas.com

Agar gigimu bersih dari sisa makanan secara sempurna, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride dapat mencegah plak yang berkembang. Tidak hanya fluoride, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung phyrophosphates, zinc citrate, dan triclosan. Karena kandungan-kandungan tersebut dapat menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.
 

baca juga

Flossing

Flossing
source: https://telegraph.co.uk

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang khusus gigi. Dengan menggunakan flossing, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dengan lebih mudah.
 

Menggunakan Mouthwash

Menggunakan Mouthwash
source: https://123dentist.com

Penggunaan obat kumur atau mouthwash sangat penting perannya dalam mencegah penumpukan plak penyebab karang gigi. Obat kumur antiseptik dapat membunuh bakteri yang menyebabkan plak.

baca juga

Hindari Makanan dan Minuman Manis

Hindari Makanan dan Minuman Manis
source: https://hellosehat.com

Makanan dan minuman manis akan menyisakan residu yang jadi tempat kesukaan bakteri untuk berkembang biak. Proses perkembangbiakan inilah yang menghasilkan zat asam yang merusak gigi. Karena itu, alangkah lebih baiknya kamu mengurangi asupan makanan dan minuman manis. Dengan menghindarinya, akan mengurangi resiko makin berkembangnya bakteri di sela-sela gigi.
 

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
source: https://suara.com

Sayur dan buah adalah makanan alami yang sehat dan aman untuk gigi. Sayur, khusus sayuran hijau dapat bertindak sebagai pembersih gigi alami saat kamu mengunyahnya dalam mulut.
 

Hindari atau Kurangi Merokok

Hindari atau Kurangi Merokok
source: https://doktersehat.com

Selain dapat memicu penyakit mematikan, zat-zat bahaya yang terdapat dalam rokok bisa menimbulkan plak pada gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan plak gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.


Itulah beberapa poin langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mencegah plak di gigi sedini mungkin. Bukankah seperti pepatah yang mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati.