Coba deh, kamu perhatikan kukumu. Apakah ada garis putih di sana? Saat kecil dulu, sering dikatakan bahwa apabila kukumu memiliki garis putih, tandanya ada seseorang yang lagi naksir lho, sama kamu. Jika jumlah garis putih di kukumu lebih dari satu, itu sama dengan banyaknya cowok yang suka sama kamu. Hihi, ternyata itu cuma mitos! Lalu, apa dong arti dari garis putih yang ada di kukumu?

Ternyata, garis putih pada kuku dikenal dengan istilah leukonychia dalam dunia medis. Ini terjadi ketika pangkal kukumu mengalami cedera ataupun adanya reaksi alergi terhadap cat kuku ataupun penghilang cat kuku yang kamu gunakan. Lalu, ada berapa jenis leukonychia dan artinya bagi kesehatanmu? Simak yuk!
 

Leukonychia Totalis

Kondisi ini terjadi ketika garis putih muncul di seluruh bagian kukumu. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa tubuhmu kekurangan albumin. Kekurangan albumin bisa menjadi tanda awal gejala gagal ginjal, kerusakan liver, atau ketidakmampuan tubuhmu untuk mengurai zat protein dari makanan. Jika kamu mengalami leukonychia totalis, segeralah berkonsultasi ke dokter ya, girls!

Leukonychia Totalis


 

baca juga

Leukonychia Striata

Kondisi ini terjadi ketika garis putih yang muncul di kukumu nampak sama panjang dan sejajar dengan pangkal kuku. Biasanya hal ini disebabkan karena tubuhmu kekurangan nutrisi dan vitamin. Leukonychia striata ini juga bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, liver, dan hati, lho. Serem ya...

Leukonychia Striata


 

Leukonychia Punctata

Kondisi ini merupakan kondisi yang paling umum terjadi di kuku. Umumnya, penyebab adanya garis putih pada kuku ini terjadi karena adanya cedera pada pangkal kuku yang menyebabkan trauma ringan, dan garis putih ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan regenerasi kukumu.

Leukonychia Punctata


Nah, ternyata garis putih pada kuku bukan semata-mata muncul tanpa sebab ya, melainkan menjadi alarm pengingat dari tubuhmu. Jadi, ayo jangan hanya mempercantik kukumu, tapi perhatikan pula kesehatannya. Jika mengalami kondisi di atas, jangan lupa untuk segera berkonsultasi ke dokter ya, Ladies!