Mie dan nasi sering kali dihindari saat menjalani sebuah program diet menurunkan badan. Lalu, bagaimana jika ada mie dan nasi yang mengandung 0 kalori? Tren diet Shirataki sedang menjadi primadona bagi sebagian besar orang yang menjalani diet. Penasaran dengan ulasan lengkap tentang shirataki? 

Apa itu Shirataki?

Apa itu Shirataki?

Shirataki bisa berupa nasi atau mie. Keduanya terbuat dari glucomannan, jenis serat yang terdapat pada tanaman konjac. Tanaman ini tumbuh di Jepang, Cina dan Asia Selatan. Konjac mengandung sangat sedikit karbohidrat yang mudah dicerna. 

Shirataki dalam bahasa Jepang diartikan sebagai air terjun putih yang digambarkan dengan mie atau nasi yang warnanya bening. Mie atau nasi ini dibuat dengan mencampurkan tepung glucomnnan dengan air biasa dan sedikit jeruk nipis yang membantunya mempertahankan bentuknya.

Adonan ini kemudian direbus dan dibentuk seperti mie atau nasi. Shirataki mengandung banyak air yakni 97% dan 3% serat glucomnnan. Nggak heran jika shirataki ini rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat yang dapat dicerna.

baca juga

Kebaikan Shirataki untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Kebaikan Shirataki untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Mie atau nasi shirataki bergerak sangat lambat dalam sistem pencernaan. Hal ini membuatmu merasa kenyang lebih lama dan menunda penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah. 

Glucomnnan yang terkandung di dalamnya juga berfungsi sebagai prebiotik yang memelihara bakteri baik dalam usus besar. Bakteri inilah yang terfermentasi menjadi asam lemak rantai pendek yang dapat melawan peradangan yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Jika kamu mengkonsumsi 4 ons shirataki (113 gram), maka setara dengan kandungan 1-3 gram glucomnnan. Pada dasanya ini adalah makanan yang bebas kalori dan bebas karbohidrat. 
 

Cara Memasak Shirataki

Cara Memasak Shirataki

Jangan kaget kalau mie atau nasi shirataki agak sulit untuk disiapkan pada awalnya. Kali ini, kita akan membahas varian mie-nya. Biasanya mie shirataki dikemas dalam cairan yang memiliki bau kurang sedap. Hal ini dikarenakan air biasa yang telah menyerap bau akar konjac.

Penting banget untuk membilas mie selama beberapa menit pada air mengalir. Cara ini efektif untuk menghilangkan bau anyir. Disarankan juga untuk merebus mie pada air mendidih sebentar tanpa tambahan apapun. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan kelebihan air dan memungkinkan mie terasa lebih kenyal. Berikut adalah salah satu resep yang bisa dicoba di rumah.
 

baca juga

Shirataki Macaroni and Cheese

Shirataki Macaroni and Cheese

Bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram mie atau nasi shirataki
  • 85 gram keju cheddar
  • 1 sdm mentega
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak zaitun secukupnya


Cara membuat:

  1. Panaskan oven 175 derajat celcius
  2. Bilas mie dengan air mengalir selama 2 menit
  3. Pindahkan mie ke panci, masak selama 5-10 menit, tiriskan
  4. Pada sebuah wadah, lumuri dengan minyak zaitun
  5. Masukkan semua bahan bersama shirataki, aduk rata.
  6. Panggang selama 20 menit.

Melihat manfaat dan kandungan yang ada pada shirataki, nggak heran jika banyak yang penasaran untuk mencobanya. Apakah kamu salah satunya?