Apa Sih Totok Aura Itu?


Apa Sih Totok Aura Itu?

Totok aura merupakan teknik akupresur yang dilakukan sambil menyalurkan tenaga dalam atau yang disebut dengan prana/bioenergi ke dalam tubuh. Cara kerja akupresur ini sama dengan akupunktur, yakni dengan merangsang titik-titik yang ada pada tubuh, menekannya hingga masuk ke dalam sistem saraf.

Jika akupunktur menggunakan jarum, maka akupresur hanya mengandalkan gerakan serta tekanan jari. Beberapa jenis gerakan yang biasanya dilakukan adalah tekan putar, tekan titik, dan juga tekan lurus.

Orang yang melakukan totok aura ini bukan sembarangan. Terapis akan mendapatkan pelatihan secara khusus dan juga intensif seperti halnya cara mengeksplorasi prana maupun hawa murni yang kemudian dikombinasikan menggunakan teknik totok (pijat dan tekan) guna menelusuri titik akupunktur yang ada di dalam tubuh, termasuk bagian wajah.

Perpaduan hawa murni dengan totok tersebut berfungsi sebagai pendeteksi titik saraf organ tubuh yang mengalami gangguan. Karena diyakini mempunyai daya jelajah stimulasi yang lebih dalam pada simpul saraf, maka prana ini mampu membenahi keselarasan sistem tubuh lebih mudah.

Manfaat Totok Aura


Manfaat Totok Aura
source: http://www.jurnas.com/artikel/44320/Cari-Tahu-Yuk-Empat-Tahap-Perawatan-Wajah-Harian-/

Totok aura ini mempunyai beragam manfaat yang membuatnya banyak digemari. Berikut adalah berbagai manfaat tersebut:

  • Menyeimbangkan metabolisme hormon
  • Membantu melancarkan peredaran darah.
  • Mengencangkan kulit
  • Mengurangi produksi minyak tubuh
  • Mengurangi sakit kepala akibat migrain.
  • Mengurangi keriput
  • Meredakan ketegangan
  • Meringankan penyakit susah tidur
  • Menjadikan wajah tampak putih berseri
  • Membuang dan mengeluarkan energi negatif.
  • Mencegah penuaan dini
baca juga

Apa Sih Totok Wajah Itu?


Apa Sih Totok Wajah Itu?
source: https://makaffahgroup.com/totok-wajah-di-bandung-detail-20109.html

Selain mengetahui apa itu totok aura, kamu juga harus tau apa itu totok wajah supaya lebih jelas dalam melihat perbedaan diantara keduanya. Totok wajah merupakan satu perawatan tubuh yang sudah ada sejak lama dan dipercaya berkhasiat baik di negara asalnya, yakni Tiongkok (RRC). Negara yang sering mendapat julukan tirai bambu ini memadukan dua metode sebagai cikal bakal lahirnya totok wajah.

Kedua hal tersebut ialah tekanan energi dalam dan pijat akupresur, yang kemudian dialirkan secara bersamaan ke seluruh tubuh supaya membuat pasien menjadi lebih rileks. Menurut ilmu pengobatan tradisional, manfaat totok wajah ini akan didapat melalui pijatan di sepanjang jalur meridian pada tubuh.

Perlu diketahui bahwa cara kerja totok tidaklah jauh berbeda dengan akunpuntur, yaitu sama-sama melibatkan tekanan di beberapa titik-titik tertentu pada tubuh. Fungsinya ialah untuk memancarkan energi yang penting untuk tubuh nantinya, yang disebut dengan “chi” ataupun “qi”.

Tidak hanya itu, perlu diketahui bahwa jalur meridian ini dimulai dari ujung jari tangan dan kaki akan terhubung langsung dengan otak dan berbagai organ lainnya. Hal inilah yang diyakini bisa membantu mengatur sistem komunikasi antar jaringan yang ada di dalam tubuh.

Manfaat Totok Wajah


Manfaat Totok Wajah
source: https://makaffahgroup.com/totok-wajah-di-bandung-detail-20109.html

Terdapat berbagai manfaat totok wajah yang harus diketahui yaitu sebagai berikut:

  • Mencegah keriput
  • Mengurangi ketegangan yang ada pada otot wajah
  • Meremajakan kulit
  • Membuat kulit wajah yang lebih bercahaya
  • Membantu memaksimalkan penyerapan makeup
baca juga

Perbedaan Totok Aura dan Totok Wajah


Perbedaan Totok Aura dan Totok Wajah
source: https://sukabumiupdate.com/detail/life/sehat/20887-mengenal-totok-aura-dan-jaripunktur

Pada prinsipnya, perbedaan totok aura dan totok wajah hanya terletak pada penggunaan bioenergi prana. Totok aura, sisi daya jelajah stimulasi terdapat pada simpul saraf, penggunaan bionerginya lebih masuk ke dalam, sehingga punya kemampuan untuk membenahi keselarasan sistem tubuh bisa lebih mudah dicapai. Selain itu, manfaat totok aura diyakini bisa langsung dirasakan pada saat pertama kali melakukan terapi.

Penggunaan tenaga fisik pada totok aura akan lebih dominan dilakukan sehingga faktor besar maupun kecilnya tenaga terapis akan sangat menentukan manfaat untuk menghasilkan fase relaksasi. Lebih dari itu, kemungkinan kurang tepatnya dalam melakukan tekanan pada acupoint akan menjadi lebih besar, mengingat kondisi tubuh manusia yang pada hakikatnya berbeda-beda.