Garlic Powder, Pengganti Garam yang Punya Banyak Khasiat
source: https://slate.com

Saat ini satu dari tiga orang dewasa di dunia menderita hipertensi. Hipertensi adalah suatu keadaan tekanan darah yang lebih dari 140/90 mmHg setelah dua kali pengukuran terpisah (WHO). Hipertensi dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit lain, seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan menjadi penyebab 40% kematian akibat kardiovaskular.

Garlic (bawang putih) yang dikenal sebagai bumbu dapur ternyata mempunyai efek anti hipertensi yang sudah dapat dibuktikan oleh penelitian medis, lho.
 

Garlic Powder, Pengganti Garam yang Punya Banyak Khasiat
source: https://123rf.com

Bawang putih memang merupakan tanaman yang telah digunakan sejak jaman Mesir kuno. Kandungan allicin yang terdapat di dalamnya menjadi salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih. Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap zat ini dan menemukan bahwa ia memiliki efek penting untuk beberapa isu kesehatan seperti dibawah ini:
 

  • Menurunkan berat badan
  • Mengencerkan darah
  • Mencegah hipertensi
  • Zat anti kanker
  • Antioksidan
  • Anti mikroba/bakteri
baca juga
Garlic Powder, Pengganti Garam yang Punya Banyak Khasiat
source: https://shopee.co.id

Saat ini, banyak produk garlic yang dipasarkan, salah satunya garlic powder sebagai pengganti fungsi garam dalam masakan.

Garlic Powder atau bubuk bawang putih merupakan salah satu perasa gurih alami untuk makanan. Bubuk bawang putih yang terbuat dari bawang putih yang diolah sedemikian rupa hingga berbentuk serbuk. Kandungan dalam bawang putih dapat menjadi penambah rasa gurih  alami yang aman dikonsumsi. Saat ini, bubuk bawang putih tersedia dalam berbagai pilihan, seperti bubuk berbentuk butiran pasir, bubuk halus, serta butiran pasir panggang.

Selain sebagai penambah rasa gurih pada makanan, garlic powder juga memeberikan aroma nikmat pada makanan. Namun sebaiknya, penggunaan garlic powder secukupnya saja ya, Ladies. Karena penggunaan yang terlalu banyak dapat menimbulkan aroma kurang nikmat pada makanan.