Air garam adalah larutan yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Air yang memiliki rasa asin ini umumnya dimanfaatkan sebagai bahan pengawet ikan dan sayuran. Namun, air garam tak hanya bermanfaat sebagai bahan pengawet saja lho, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaatnya!

 

Menyembuhkan pilek

Menyembuhkan pilek

Pilek adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya (self limiting disease). Meski dapat sembuh dengan sendirinya, berkumur dengan air garam dapat mengatasi gejala-gejala yang menyertainya, seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Dilansir dari detik.com, air garam dapur bersifat menarik cairan sehingga bisa mengeluarkan kelebihan cairan di daerah tenggorokan yang mengalami radang. Bukan hanya akan mengurangi radang, garam juga akan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan radang tenggorokan.

Selain itu, air garam juga mampu mengencerkan lendir maupun dahak yang menyumbat saluran pernapasan. Lendir yang encer akan mudah dikeluarkan, sehingga bisa membawa zat-zat penyebab alergi dan bahkan jamur atau bakteri jika ada infeksi.

Buatlah larutan garam dengan menggunakan setengah sendok teh dilarutkan dalam secangkir penuh air hangat. Gunakan untuk berkumur selama beberapa detik sebelum dikeluarkan, lakukan sebanyak 3 kali sehari.

baca juga

Tidur Nyenyak

Tidur Nyenyak

Manfaat air garam yang satu ini tidak boleh dilewatkan, khususnya bagi penderita insomnia. Jika kalian penderita insomnia, mengkonsumsi air garam merupakan solusi yang tepat. Kenapa harus air garam?

Karena kandungan air garam berupa kadar natrium yang tinggi dapat mengurangi respon stres pada aliran darah. Mineral yang terkandung dalam garam alami juga memiliki kemampuan untuk mengistirahatkan sistem saraf dan mengurangi hormon stres.

Hal tersebut akan membuat kamu tidur lebih nyenyak di malam harinya. Kurangnya respon stres ini membuat tidur lebih lelap. Boleh dicoba, nih.

Hidrasi Sistem Tubuh

Hidrasi Sistem Tubuh

Air garam memiliki kandungan elektrolit yang tinggi dan merupakan larutan isotonic, sehingga air garam dapat lebih cepat mengganti cairan tubuh yang hilang dibandingkan dengan air biasa. Minum air garam alami dapat membantu tubuh menyerap air dan menggunakannya dengan cara yang tepat.

Secara umum, ketika kamu minum banyak air putih, sebagian besar akan keluar kembali di dalam urin. Sementara dengan meminum air garam murni, tubuh menyimpan sebagiannya untuk digunakan kembali saat tubuh kamu membutuhkan.

baca juga

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang

Air garam terbukti dapat menurunkan pH, sehingga bisa menjaga keseimbangan asam basa pada darah. Pada penderita osteoporosis atau pasien dengan pengeroposan tulang lainnya, tubuh mengambil mineral dari tulang untuk menyeimbangkan pH yang terlalu asam pada darah. Larutan air garam dapat mencegah hal ini terjadi dan dapat mengurangi pengeroposan tulang.

Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga Kesehatan Mulut

Kelebihan air garam adalah memiliki sifat yang mampu membatasi pertumbuhan bakteri. Air garam bisa menurunkan pH pada mulut, sehingga menghalangi pertumbuhan bakteri. Hampir seluruh bakteri memerlukan lingkungan yang asam untuk tumbuh. Kebersihan mulut yang baik dalam keseharian sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Banyak jenis bakteri hidup di mulut dan menyebabkan gigi berlubang, radang gusi, dan penyakit periodontal ketika ada pertumbuhan bakteri berlebih. Oleh karena itu, banyak orang yang menyarankan bahwa berkumur dengan air asin dapat menjaga kebersihan mulut yang baik.

Air garam dapat digunakan sebagai obat kumur alami yang tak kalah manjur dengan obat kumur pasaran lainnya. Praktis dan murah untuk kamu coba nih, Ladies.

Semoga bermanfaat!