Sebelum merealisasikan resepsi pernikahan bersama dengan pasangan, kamu perlu memahami,
apa arti pernikahan. Memang, acara tersebut hanya diselenggarakan sekali seumur hidup. Namun, jika semua tabungan terkuras habis hanya untuk resepsi pernikahan, tidak etis juga kan? 

Enggak perlu khawatir, Ladies. Kamu dan pasangan bisa kok menggelar resepsi pernikahan yang modern dan meriah, dengan mengeluarkan budget kecil. Bahkan sisa uangnya masih bisa dipakai untuk bulan madu lho. Yuk langsung saja intip tips hematnya dibawah! 

1. Membatasi Jumlah Tamu yang Diundang

1. Membatasi Jumlah Tamu yang Diundang

Untuk menghemat budget pernikahan, kamu dan pasangan harus tegas memilih siapa saja tamu yang akan diundang. Akan lebih baik, undang saja teman yang benar-benar akrab denganmu, agar suasana pernikahan lebih terasa intimate. Selain itu, semakin sedikit tamu yang diundang, biaya yang dikeluarkan untuk katering juga semakin sedikit. 

baca juga

2. Menikah Di Hari Biasa (Weekdays)

2. Menikah Di Hari Biasa (Weekdays)

Jika kamu dan pasangan sudah berkomitmen untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan di gedung, sebaiknya booking di tanggal weekdays saja. Karena biasanya, harga sewa gedung di hari biasa dan hari libur sangat berbeda. Kamu bahkan bisa menghemat budget sewa gedung sampai 50%, jika melakukan booking di tanggal biasa. 

3. Urus Segala Keperluan Sendiri

3. Urus Segala Keperluan Sendiri

Acara pernikahan yang diurus hanya bersama pasangan, biasanya akan lebih terasa berkesan. Kamu jadi bisa merancang resepsi pernikahan kamu, sesuai yang diharapkan. Selain itu, memakai jasa wedding organizer untuk mengurus acara pernikahan, hanya akan membuat budget pernikahan kamu jadi membengkak. Jikalau kamu dan pasangan punya banyak waktu untuk mengurus acara pernikahan sendiri, kenapa tidak dilakukan saja ?

baca juga

4. Menyewa Gaun Pernikahan

4. Menyewa Gaun Pernikahan

Pada dasarnya semua gaun pernikahan terlihat sama. Jika kamu bisa menekan sedikit ego untuk menghemat budget pernikahan, pakailah gaun pengantin yang disewakan saja. Karena biaya untuk bikin gaun pengantin, biasanya lebih besar dari pada biaya yang dikeluarkan untuk menyewa. Toh, gaun tersebut hanya digunakan 1 malam? Lagi pula saat ini, gaun pengantin yang disewakan, sudah memiliki model yang beragam. Kamu bisa memilihnya, sesuai dengan karakter yang di inginkan. 
 

5. Pakai Undangan Digital

5. Pakai Undangan Digital

Tips hemat budget pernikahan yang terakhir adalah menggunakan undangan digital. Yap! Saat ini semua sudah serba canggih. Kamu bisa memanfaatkan kecanggihan tersebut pada saat melangsungkan acara pernikahan. Pakai undangan digital. 

Jenis undangan tersebut akan lebih menghemat budget pernikahanmu, dibandingkan jika harus mencetak undangan. Setidaknya, biaya yang kamu keluarkan, cukup untuk desain nya saja. Tidak perlu sampai keluar biaya lagi untuk cetak. Selain murah, undangan digital juga dianggap lebih praktis.