Strawberry

Strawberry
source: https://tribunnews.com

Kamu penyuka strawberry? Jika ya, maka kamu beruntung. Karena buah yang satu ini sudah terbukti secara medis baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Hal ini dikarenakan, strawberry mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk merangsang produksi kolagen pada gusi. Semakin banyak kolagen yang diproduksi, maka gusi semakin kuat. Dan hal ini juga akan membuatmu terhindar dari resiko gigi copot di usia muda. 
 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
source: https://sinarharapan.net

Kacang menyediakan vitamin dan mineral penting untuk gigi. Misalnya, kacang tanah mengandung kalsium dan vitamin D; kacang almond mengandung kadar kalsium yang tinggi; kacang mede membantu merangsang air liur; dan walnut mengandung serat, asam folat, zat besi, tiamin, magnesium, niasin, vitamin E dan B6, potasium dan seng yang semuanya baik untuk gigi.
 

baca juga

Apel

Apel
source: https://viva.co.id

Jika kamu merasa tidak percaya diri karena memiliki karang gigi, tidak perlu khawatir. Kamu dapat mencegahnya dengan rajin mengonsumsi apel secara langsung. Karena tekstur apel yang renyah dapat merangsang produksi air liur sekaligus menurunkan resiko berkembangnya bakteri di organ mulut. Selain itu, vitamin A yang terdapat di dalamnya dapat membuat gigi terlihat sehat dan putih alami.
 

Jeruk

Jeruk
source: https://backgrounddownload.com

Jeruk kaya sumber kalsium, vitamin C dan D, serta nutrisi lain yang baik untuk kesehatan gigi. Jus jeruk secara alami membersihkan mulut dengan menghilangkan bakteri berbahaya dan membantu mencegah kerusakan gigi.
 

baca juga

Cranberry

Cranberry
source: https://phys.org

Cranberry mempunyai kandungan polifenol yang bagus untuk mencegah terjadinya plak. Selain itu, cranberry juga bisa menurunkan resiko gigi berlubang jika dikonsumsi dengan takaran yang pas. Disarankan untuk mengonsumsi 40-50 gram buah cranberry perhari.
 

Kismis

Kismis
source: https://merdeka.com

Kismis yang terbuat dari anggur pilihan yang dikeringkan tanpa kandungan gula sukrosa di dalamnya merupakan salah satu makanan yang baik bagi kesehatan gigi. Karena kismis merupakan makanan sumber fitokimia yang ampuh membunuh bakteri yang akan menyebabkan plak serta lubang gigi.
 

Dark Chocolate

Dark Chocolate
source: https://usatoday.com

Cokelat hitam mengandung kakao yang membantu mencegah erosi dan pembusukan gigi dengan memerangi radang gusi. Cokelat hitam juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di gusi. Cokelat memiliki banyak antioksidan dan senyawa fenolik penangkal penyakit yang memerangi kerusakan sel di mulut dan di seluruh tubuh.

Ikan Salmon

Ikan Salmon
source: https://bulelengkap.go.id

Siapa sangka, ternyata ikan salmon juga baik untuk gigi. Hal itu karena ikan salmon kaya akan vitamin D yang mempermudah tubuh untuk menyerap kalsium. Maka karena itu ikan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.
 

Susu dan Produk Olahannya

Susu dan Produk Olahannya
source: https://kholic.id

Susu sebagai bahan minuman alami yang sudah dikenal sejak dulu begitu kaya akan kalsium. Karenanya, tidak mengherankan jika kemudian para ahli menyarankan untuk banyak mengonsumsi susu atau bahan olahannya seperti keju dan yoghurt untuk menjaga kesehatan gigi. ‚Äč
 

Teh

Teh
source: https://domuscordis.org

Riset dari University of Illinois telah membuktikan bahwa orang-orang yang sering berkumur dengan teh hitam akan mengurangi bau mulut dan besarnya plak gigi. Selain itu zat polyphenol yang ditemukan dalam teh hitam dan teh hijau juga dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang menimbulkan lubang dan infeksi gigi.