Sulli belum lama ini resmi menjadi salah satu mc dalam acara JTBC yang bertajuk Night Of Hate Comments yang memiliki konsep meminta pendapat terkait komentar-komentar jahat yang diberikan oleh netizen. Di acara inilah Sulli membahas banyak hal seperti pengalaman, harapan, dan juga opininya. 

1. Sulli Memiliki Hati yang Baik

1. Sulli Memiliki Hati yang Baik
source: https://www.instagram.com/jelly_jilli/

Salah satu momen saat berada dalam variety show Night Of Hate Comments, Sulli mengungkap bahwa ia seringkali membatalkan laporan terhadap haters karena pertimbangan tertentu. Seperti suatu ketika ia menemukan bahwa hater yang menuliskan komentar jahat untuknya adalah seorang mahasiswa yang berasal dari universitas bagus, Sulli pun membatalkan laporannya. Ia mengungkap tidak ingin menghancurkan masa depan anak tersebut dengan status mantan narapidana. 

baca juga

Keputusan bijak yang diambil Sulli dirasa sangat mulia. Mengingat ia ternyata masih memikirkan nasib dan masa depan orang yang telah berkata jahat padanya. Tak semua orang bisa bahkan terpikirkan untuk melakukan hal sebaik ini. 

2. Sulli Menyuarakan Kebebasan

2. Sulli Menyuarakan Kebebasan
source: https://www.instagram.com/jelly_jilli/

Saat Sulli memutuskan untuk tidak mengenakan bra, kontroversi pun muncul. Ia mendapatkan kalimat jahat dan kebencian semenjak saat itu. Padahal orang-orang tidak mengetahui latar belakangnya melakukan hal itu. Sulli merasa pemakaian bra sangat menyesakkan. Ia pun mengungkap pemakaian bra tidak baik bagi kesehatan. Karena Sulli merasa lebih nyaman tidak memakai bra, ia pun melepas branya. Tapi banyak haters yang justru berpikiran bahwa apa yang dilakukan Sulli bukan ide yang bagus. 

baca juga

Keputusan Sulli untuk tidak mengenakan bra sebenarnya merupakan sebuah tindakan yang menyuarakan kebebasan bagi wanita. Sulli hanya ingin merasa nyaman dengan apa yang dikenakannya. Ia tidak merugikan orang lain saat melakukannya. 

3. Sulli Merasa Bersalah Karena Membohongi Publik

3. Sulli Merasa Bersalah Karena Membohongi Publik
source: https://www.instagram.com/jelly_jilli/

Pada sebuah wawancara Sulli mengungkap bahwa ia merasa bersalah karena telah membohongi publik terutama para penggemarnya. Ia mengatakan bahwa Cho Jin-ri (nama aslinya) merupakan manusia yang nyata dan memiliki sisi gelap, sedangkan Sulli (nama panggungnya) seorang selebriti yang harus bersikap ceria. 

Rasa bersalah yang dirasakan Sulli membuatnya meminta nasihat kepada orang-orang disekitarnya. Ia merasa sering berbohong pada orang lain. Sikap Sulli ini membuktikan bahwa dirinya adalah orang yang murni. Ia merasa bersalah atas hal yang sebenarnya bukan sepenuhnya salahnya.

4. Sulli Pernah Menegaskan Bahwa Ia Bukan Orang Jahat

4. Sulli Pernah Menegaskan Bahwa Ia Bukan Orang Jahat
source: https://www.instagram.com/jelly_jilli/

Dikenal sebagai seseorang yang penuh kontroversi, membuat Sulli pernah mengonfirmasi secara langsung bahwa ia bukan orang yang jahat. Seperti saat ia tengah melakukan live instagram, Sulli membaca salah satu komentar dari followers-nya. Ia pun membalas dengan sebuah senyuman sambil berkata, "Aku bukan orang jahat. Kenapa kalian berbicara buruk tentangku? Katakan padaku satu hal yang aku lakukan untuk pantas mendapat ini (hujatan)."

Gerak-gerik dan tatapan mata Sulli saat mengatakan hal itu menggambarkan bahwa ia tulus mengatakannya. Disertai senyum tipis setelah ia mengatakan kalimat tersebut, membuktikan bahwa hujatan yang diberikan kepadanya memang tidak berdasar.

5. Sulli Sudah Berusaha Bicara & Meminta Bantuan

5. Sulli Sudah Berusaha Bicara & Meminta Bantuan
source: https://www.instagram.com/jelly_jilli/

Sulli sebenarnya sudah beberapa kali bilang bahwa dia tidak bahagia. Ia pun seringkali memberikan warning sign atau tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ia berusaha untuk mengungkapkan sekaligus meminta bantuan. Satu yang paling terlihat jelas adalah pernah saat live di instagram, Sulli hanya terdiam dengan pandangan kosong ke arah kamera. Sembari sesekali ia menggigit jempolnya. 


Warning sign yang diberikan oleh Sulli sebenarnya cukup jelas terlihat. Namun kembali lagi kita tidak tahu bagaimana orang-orang sekitarnya menanggapi apa yang diungkapkan oleh Sulli sebelum dirinya pergi. Hal ini membuat kita sebaiknya lebih aware terhadap sekitar. Selain itu kita seharusnya lebih peka terhadap orang-orang disekitar yang mulai menunjukkan warning sign bagaimanapun wujudnya. 
5. Sulli Sudah Berusaha Bicara & Meminta Bantuan
source: https://www.instagram.com/jelly_jilli/

Cara terbaik yang bisa kita lakukan saat menemui seseorang yang memiliki tanda-tanda depresi atau mungkin permasalahan adalah dengan menjadi pendengar yang baik dan berusaha untuk tidak membiarkannya merasa 'sendiri'. Jadi pendengar yang baik mungkin sederhana, tapi sulit dilakukan. Jangan pernah menyepelekan atau berkomentar tak semestinya kepada orang yang mungkin mulai percaya untuk bercerita pada kita. Yakinkan pada mereka, bahwa mereka tidak sendirian dalam menjalani beratnya beban yang tengah dialaminya.