Beautynesian, jika kamu sering merasakan pusing, pandangan berkunang-kunang atau gelap, kelelahan, lemas, mual, pingsan, keringat dingin, nafas tidak teratur, dehidrasi, maupun jantung berdebar cepat, kamu perlu berhati-hati.

Bisa jadi, Beautynesian sedang mengalami tekanan darah rendah. Hipotensi atau darah rendah adalah suatu kondisi saat tubuh memiliki tekanan darah di bawah angka normal, yaitu di bawah 90/60 mmHg.

Dalam keadaan normal, seharusnya tekanan darah orang dewasa berada di kisaran 120/80 mmHg. Kondisi ini dapat Beautynesian cegah dan obati dengan mengonsumsi makanan untuk darah rendah, seperti sayuran dan buah-buahan berikut!

Semangka

 

Beautynesia, penyebab darah rendah atau hipotensi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah dehidrasi. Untuk menangani hipontensi akibat dehidrasi, Beautynesian bisa untuk mengonsumsi semangka.

Tahukah kamu bahwa semangka termasuk salah satu buah dengan kandungan air tertinggi? Kandungan air dalam satu buah semangka bisa mencapai 92%, tingginya kandungan air dalam semangka dapat membantu tubuh dalam meningkatkan tekanan darah.

Semangka juga mengandung likopen, yaitu salah satu antioksidan yang membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dan mencegah kanker. Selain semangka, makanan untuk darah rendah akibat dehidrasi adalah  buah-buahan dengan kadar air yang tinggi seperti, jeruk  (91% kandungan air), blewah (90% kandungan air), serta apel dan pir (84% kandungan air).
baca juga

Buah Bit

 

Makanan untuk penderita darah rendah selanjutnya adalah buah bit. Buah bit ternyata memiliki segudang khasiat, salah satunya adalah sebagai penambah darah, lho!

Dari warnanya yang merah pekat ini saja, sudah tergambar bahwa buah ini sangat bermanfaat bagi para penderita anemia. Selain itu, buah bit juga dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah Beautynesian agar tidak mengalami kondisi hipotensi atau tekanan darah rendah.

Dalam 100 gram buah bit mengandung natrium sebesar 36 mg dan kalium sebesar 330 mg. Beutynesian bisa mendapatkan manfaat buah bit dengan cara membuatnya menjadi jus, dijadikan salad maupun dicampurkan dalam masakan lainnya. Mudah, kan?

Bayam

 

Selain enak, bayam juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya dijadikan sebagai makanan untuk  penderita darah rendah. Dalam sayuran bayam terkandung natrium sebesar 4 mg dalam 100 gram bayam, jumlah yang kecil memang namun tetap berkhasiat untuk membantu menangani tekanan darah rendah. 

Kandungan paling ampuh dari sayuran bayam untuk penderita hipotensi adalah airnya yang cukup banyak, yaitu sebesar 92%. Karena hal ini, makanya bayam bisa Beautynesia manfaatkan untuk mengontrol tekanan darah.

Selain itu, bayam juga mengandung lutein, vitamin E serat, dan asam folat. Nah, Vitamin E dalam bayam ini, dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Jadi, Beautynesian harus rajin mengonsumsi bayam secukupnya, ya!

baca juga

Lemon

 

Makanan untuk darah rendah yang keempat adalah lemon. Buah ini merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan airnya. Kandungan air yang banyak inilah yang dapat membantu  Beautynesia terhindar dari dehidrasi yang dapat membuat tekanan darah semakin rendah.

Selain itu kaya akan kandungan airnya, lemon juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mengatur sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah. Walaupun asam, tapi banyak manfaatnya.

Wortel

 

Wortel yang biasa dibuat sebagai salah satu bahan pada sup ternyata juga merupakan makanan untuk penderita darah rendah. Di dalam sayur wortel terkandung natrium yang cukup tinggi yaitu sekitar 70 mg natrium per 100 gram.

Kandungan ini dapat membuat masakan menjadi lebih lezat dan sehat untuk penderita darah rendah lho, Beautynesian. Selain itu, wortel juga mengandung air sebesar 87%, karena inilah wortel dapat melindungi tubuh dari dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab tekanan darah rendah.

Nah, dengan mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran di atas, Beautynesian dapat terhindar dari penyebab darah rendah. Tapi ingat, jika Beautynesian merasakan gejala hipotensi tidak kunjung sembuh dan kian parah, segera kunjungi dokter, ya!