Pernah mengalami rasa jenuh, bosan, gusar atau bahkan tidak bahagia atas kehidupan yang dialami? Selamat, kamu sedang berada di fase Quarter Life Crisis.

Masih banyak yang bertanya-tanya, sebetulnya apa itu quarter life crisis atau krisis seperempat abad? Menurut beberapa penelitian, itu merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada saat seseorang memasuki usia di awal dewasa, yaitu sekitar di antara usia 25 sampai dengan 35.

Namun, tidak semua orang bakal mengalami quarter life crisis. Tapi tidak ada salahnya memahami fase ini dan mengetahui bagaimana caranya untuk mengatasi. Nah, berikut ini cara menghadapi krisis seperempat abad yang bisa kamu lakukan.
 

1. Dilarang Membandingkan dengan Orang Lain

Ini salah satu cara yang ampuh, dengan tidak membandingkan diri kamu dengan orang lain.
 

1.	Dilarang Membandingkan dengan Orang Lain

Memang adanya kalanya perbandingan itu sangat penting, namun bukan untuk kondisi seperti hal ini. Justru kamu harus bisa mengambil sisi baik dari orang yang kamu bandingkan supaya hidup menjadi lebih baik.
 

baca juga

2. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

2.	Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Apapun tujuan dan hidup yang dijalani terima apa adanya dan juga harus bersyukur. Kamu harus bisa melihat orang lain yang tidak seberuntung dengan kamu, sehingga bisa lebih menikmati juga menghargai hidupmu.
 

3. Menerima Apa Adanya

Jangan lupa untuk menerima apapun kenyataan yang kamu hadapi. Hidupmu adalah apa yang kamu pikirkan dan lakukan.
 

3.	Menerima Apa Adanya

Jadi kalau bisa carilah kegiatan yang positif dan menyenangkan, agar kamu dapat memaknai hidup lebih terbuka dan mampu menerimanya dengan ikhlas.
 

baca juga

4. Sharing

Disarankan berkonsultasi kepada keluarga, teman, maupun orang yang dipercaya. Berikutnya, lakukan dan cara menghadapi quarter life crisis yaitu dengan mencari teman atau kerabat yang kamu percayai.
 

4.	Sharing

Kamu bisa curhat atau menceritakan keluh kesah selama ini. Curahkan apa yang ingin kamu sampaikan, hal ini akan membuatmu lebih lega dan bisa mendapat inspirasi serta nasihat dari sahabat dan kerabat.
 

5. Kembangkan Minat Baru

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu dan mengembangkan bakat serta hobi terpendam selama ini. Jika menyukai dunia musik, kamu bisa mencoba untuk mengambil kursus atau latihan bernyanyi. Jika suka menulis, berlatihlah terus-menerus. Atau bisa mengirimkan tulisan ke media daring maupun cetak.
 

5.	Kembangkan Minat Baru

Dengan hal tersebut tentu kamu akan jauh lebih bahagia dan juga bisa menyalurkan rasa bahagia tersebut ke dalam dunia baru, yang jauh lebih menyenangkan.

6. Berdoa Kepada Tuhan

6.	Berdoa Kepada Tuhan

Hal yang tidak boleh diabaikan adalah berdoa kepada Tuhan. Dengan beribadah dan berdoa, maka hati dan jiwa akan merasa lebih tenang, rileks dan juga fokus. Sehingga hal yang tidak menyenangkan dapat kamu tepis dengan perasaan tersebut.