Perkembangan teknologi saat ini tidak lepas dari peran tokoh dalam perkembangan ilmu pengetahuan masa lampau. Karena suatu penemuan itu, tentunya memicu penemuan lain yang memudahkan pekerjaan manusia dalam pelbagai bidang.

Namun,  mereka. para penemu dan inovator tak bekerja dengan mudah dan singkat. Butuh proses dan problema dalam pengerjaannya. Bahkan acap kali mereka mendapatkan cacian dan kalimat pesimistis dari lingkungan sekitar. Setelah penemuan berhasil dilakukan, barulah pujian itu didapat.

Lantas, penemuan apa teknologi apa yang mampu mengubah peradaban dunia? Ada sepuluh di antaranya yang perlu kamu tahu.
 

1. Mesin Cetak (1450)

Awalnya, proses pencetakan buku dan sejenisnya dilakukan dengan proses yang lamban dan rumit. Tapi di tangan Johannes Gutenberg mengubah segalanya. Penemuan mesin cetak olehnya tidak hanya memungkinkan proses pencetakan bekerja lebih cepat. Tetapi juga membuat buku tersedia dengan harga lebih murah.
 

1.	Mesin Cetak (1450)

Hal ini kemudian berkontribusi pada ilmu pengetahuan sehingga dapat menyebar dengan lebih cepat. Penemuan ini telah mengubah seluruh Eropa Barat pada abad ke-16 dengan berbagai teks pengetahuan pada beragam topik.
 

baca juga

2. Teleskop (1609)

Hanya dengan penemuan teleskop oleh Hans Lippershey pertama kali, kita bisa memahami mereka dengan lebih baik. Meskipun dikembangkan oleh Galieleo Galilei, dan terus disempurnakan seiring perkembangan ilmu pengetahuan.
 

2.	Teleskop (1609)

Selain teleskop, penemuan alat optik lain yang sama pentingnya adalah mikroskop. Sebelum mikroskop ditemukan tidak ada yang tahu bahwa kita hidup di dunia dengan penuh organisme mikroskopis yang juga memiliki dampak lebih besar dalam hidup kita.
 

3. Mesin uap (1712)

Meskipun mesin uap tidak lagi digunakan hari ini, sebagian besar listrik yang kita nikmati hari ini dihasilkan oleh turbin uap besar untuk memutar magnet raksasa. Mesin uap berevolusi dari mesin pertama yang diproduksi di Mesir oleh Pahlawan Aleksandria pada abad pertama Masehi.
 

3.	Mesin uap (1712)

Mesin uap sangat tidak efisien sampai beberapa tokoh populer di mesin uap datang dengan perbaikan yang lebih baik seperti Thomas Newcomen, James Watt dan Matthew Boulton. Mesin uap adalah mesin pertama yang memungkinkan praktik industri diterapkan dan menciptakan revolusi industri.
 

baca juga

4. Plastik (1856)

Plastik pertama kali ditemukan oleh Alexander Parkes pada tahun 1862. Beberapa tahun kemudian penemu Amerika John Wesley Hyatt keluar dengan plastik buatan manusia sintetis pertama. Saat ini ada banyak jenis plastik dengan karakteristik yang berbeda untuk memungkinkan banyak bahan lain untuk diproduksi dengan plastik.
 

4.	Plastik (1856)

Plastik adalah penemuan lain yang memiliki dampak lebih besar bagi dunia hingga saat ini. Meskipun saat ini kita berpikir penggunaan plastik memberikan dampak negatif terhadap alam, namun penemuan plastik menciptakan banyak produk dengan harga lebih murah.
 

5. Telepon (1876)

Telepon diciptakan oleh dua orang secara terpisah. Mereka adalah Alexander Graham Bell dan Elisha Gray dalam memproduksi perangkat yang dapat mengirimkan suara secara elektronik.
 

5.	Telepon (1876)

Alexander Graham Bell terus meningkatkan penemuannya yang memungkinkan penemuannya menjadi lebih sukses dari penemu lainnya yang bekerja pada perangkat yang serupa.
 
Jika kita melihat bagaimana telepon kita bekerja hari ini, itu akan jauh berbeda dari telepon pertama yang diciptakan oleh Graham Bell karena telah mengalami perkembangan yang sangat panjang.
 

6. Pesawat terbang (1903)

Pesawat terbang adalah penemuan hebat lainnya dalam sejarah manusia. Orville dan Wilber Wright juga dikenal sebagai Wright Brothers adalah pengusaha dengan toko sepeda.

Mereka membutuhkan beberapa tahun untuk mengembangkan Wright Flyer pesawat pertama yang terbang pada 17 Desember 1903 untuk 36,6 meter dengan mesin sendiri. Satu tahun kemudian, Wilber terbang dan meningkatkan Flyer II selama lima menit. Sementara di Indonesia, kita memiliki BJ Habibie.
 

6.	Pesawat terbang (1903)

Dengan kemajuan teknologi penerbangan saat ini, perjalanan udara tidak hanya menjadi lebih mudah tetapi juga lebih murah.
 

7. Televisi (1926)

Televisi adalah alat yang rumit dengan banyak komponen elektronik di dalamnya. Televisi memerlukan berbagai penemuan oleh penemu yang berbeda untuk mengembangkan lebih lanjut set televisi yang berfungsi penuh.
 

7.	Televisi (1926)

Awalnya televisi dianggap tidak begitu berguna, sampai akhirnya ia justru menjadi salah satu perangkat yang dapat kita temukan di setiap rumah. Televisi menjadi elektronik paling populer di abad 21 yang juga digunakan untuk menyebarkan ide, iklan, berita, dan hiburan.
 

8. Layar sentuh (1965)

Layar sentuh ditemukan oleh insinyur Inggris, EA Johnson pada 1965 yang menyederhanakan perangkat input ke komputer. Butuh waktu yang sangat lama hingga teknologi layar sentuh menjadi lebih murah untuk dapat digunakan dengan perangkat yang lebih kecil seperti ponsel pintar.
 

8.	Layar sentuh (1965)

Dengan layar sentuh, kontrol perangkat menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih mudah diakses oleh semua orang.
 

9. GPS (1973)

Satelit GPS diluncurkan oleh militer AS pada tahun 1978 dan digunakan untuk keperluan militer saja. Penggunaan publik teknologi ini hanya tersedia pada awal tahun sembilan puluhan. Awalnya ada 18 satelit pada tahun 1979 dan 24 oleh 1988, dan jumlah itu terus bertambah sampai sekarang.
 

9.	GPS (1973)

Adapun sekarang, hampir tiap hari kita selalu berhubungan dengan GPS baik itu untuk mencari jalan ataupun alamat.

10. Internet (1960 & 1989)

Penemuan terbaik yang memungkinkan percepatan informasi untuk mentransfer, berbagi, dan membuatnya lebih mudah diakses adalah penemuan internet.

Penemuan jaringan ini dimulai sejak tahun 1960-an ketika Advance Research Projects Agency (ARPA) Departemen Pertahanan AS menciptakan ARPANET. Jaringan ini memungkinkan komunikasi antar komputer di seluruh jaringan.
 

10.	Internet (1960 & 1989)

Sementara internet seperti yang kita kenal sekarang mulai dengan penemuan situs web (World Wide Web) yang ditemukan pada akhir tahun 80-an. Semuanya dimulai ketika peneliti di CERN menelepon Tim Berners-Lee dan rekan-rekannya mengembangkan sistem yang akan memungkinkan pengguna internet untuk mengakses ‘halaman’ berbasis teks.

Ini dimungkinkan oleh penggunaan HyperText Transfer Protocol (HTTP), memungkinkan komunikasi antara server jaringan dan komputer. Mereka merilis web browser awal kepada publik pada tahun 1992 dan kemajuan internet dimulai, sampai saat ini kita bisa menikmati internet dengan sangat mudah.