Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain buahnya, kulitnya pun bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Beberapa pakar kesehatan telah melakukan sebuah studi terhadap kulit pisang. Hasilnya, kulit pisang memang bisa dijadikan perawatan untuk kulit wajah berjerawat. Berikut kandungan yang terdapat dalam kulit pisang, dan cara menggunakannya!

1. Manfaat Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat

1. Manfaat Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat

Menurut Nutrition Source from Harvard's T.H. Chan School of Public Health, kulit pisang memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Kulit pisang dapat menyembuhkan luka bakar ataupun iritasi ringan yang terjadi pada kulit. Bahkan tahun 2011, studi telah membuktikan bahwa kulit pisang memiliki  senyawa bioaktif, seperti karotenoid dan polifenol. Dimana, senyawa alami tersebut sangat dibutuhkan untuk mengatasi jerawat di wajah. 

Ditambah lagi sifat antimikroba serta antioksidan yang terdapat dalam kulit pisang, bisa dimanfaatkan untuk melindungi kulit dari berbagai faktor yang merusaknya. Misalnya, sengatan sinar matahari, polusi udara, dan lain-lain. Jadi, kamu tak perlu ragu lagi untuk memakai kulit pisang sebagai obat jerawat yang alami. 

baca juga

2. Mengusap Kulit Pisang ke Kulit Secara Langsung

2. Mengusap Kulit Pisang ke Kulit Secara Langsung

Ini adalah cara pertama, jika kamu ingin mengandalkan kulit pisang obat jerawat. Pertama-tama, bersihkan wajah menggunakan pembersih, lalu bilas menggunakan sabun muka sampai bersih. Keringkan dengan handuk. Kemudian, langsung saja oleskan kulit pisang ke wajah secara langsung (pakai kulit pisang bagian dalam), sambil dipijat secara perlahan.

Ketika kulit pisang sudah berubah warna menjadi kecoklatan, ganti dengan yang baru. Lalu, diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih. Kamu akan melihat, kemerahan yang ada di area jerawat akan mereda. Dan juga secara berangsur-angsur, jerawat akan hilang dengan sendirinya. 

3. Campurkan Kulit Pisang dengan Oats

3. Campurkan Kulit Pisang dengan Oats

Ini merupakan cara untuk mengaplikasikan kulit pisang ke wajah dan bermanfaat sebagai perawatan scrub. Pertama-tama, blender 1 kulit pisang + 1/2 cangkir oatmeal + 3 sdm gula pasir. Jika sudah lembut, oleskan ke wajah sambil di pijat secara perlahan. Pakai gerakan lembut dan memutar, selama kurang lebih 10 menit. 

Setelah itu, bilas pakai air hangat dan keringkan menggunakan handuk. Untuk menghindari kulit sensitif, kamu bisa pakaikan pelembab bebas minyak & non-komedogenik setiap habis melakukan scrub. 

baca juga

4. Campurkan Kulit Pisang dan Air Lemon

4. Campurkan Kulit Pisang dan Air Lemon

Sifat asam alami yang ada didalam lemon, bisa membantu memaksimalkan manfaat kulit pisang untuk hilangkan jerawat. Apalagi, air lemon terkenal bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat. 

Caranya, haluskan 1 kulit pisang + 1 sdm air lemon. Bisa ditumbuk atau di blender saja. Lalu, oleskan secara merata keseluruh permukaan wajah, menggunakan kapas sebagai perantara. Diamkan 10 menit, bilas pakai air hangat. Keringkan. Lakukan secara rutin, supaya manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal. 

5. Campurkan Kulit Pisang dengan Madu

5. Campurkan Kulit Pisang dengan Madu

Madu terkenal memiliki sifat antibakteri yang sangat baik. Bahkan madu juga bisa melembabkan kulit dan memudarkan bekas jerawat secara alami. Nah, kamu bisa campurkan kulit pisang dengan madu, supaya manfaatnya lebih maksimal dalam menghilangkan jerawat. 

Caranya, haluskan 1 kulit pisang + 1/2 sdm madu mentah alami. Oleskan campuran tersebut ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian keringkan. Setelah itu kamu akan lihat, wajah tampak lebih cerah dan segar, tanpa adanya jerawat yang mengganggu.