Seiring waktu berjalan, cara ber-makeup saat ini tentunya sudah banyak berkembang dan jauh berbeda dari jaman dulu. Cara ber-makeup seseorang biasanya dilakukan berdasarkan dari trend yang sedang hits.

Saat ini, mungkin kita sudah familiar dengan trend makeup seperti sulam alis, blush on 'panas dingin', ombre lips, hingga teknik contouring dan shading. Trend-trend tersebut pastinya juga akan diikuti oleh kebanyakan remaja nih, Beautynesian.

Namun, cara bermakeup remaja jaman dulu sangat beda lho dari jaman sekarang. Apa saja sih perbedaannya? Yuk, simak beberapa perbedaannya berikut ini.


 

1. Alis

Salah satu trend makeup yang paling cepat berkembang adalah trend alis. Tidak heran ya kalau alis jaman dulu dan jaman sekarang sangat berbeda. Dulu, remaja lebih menyukai alis yang tampak natural, tidak dibingkai sempurna sehingga masih memunculkan bentuk aslinya Sedangkan kalau jaman sekarang, seperti ada yang kurang ya kalau alis tidak dibingkai dan on fleek.

1. Alis


 

baca juga

2. Eyeshadow

Masih seputar makeup mata, trend eyeshadow juga sudah berubah lho, Beautynesian! Dahulu warna-warna eyeshadow digunakan belum terlalu bervariasi. Berbeda dengan saat ini, remaja sekarang bisa memilih warna-warna eyeshadow mulai dari warna natural hingga smokey. Apalagi saat ini didukung dengan perkembangan brand-brand makeup lokal Indonesia yang semakin maju. 

2. Eyeshadow


 

3. Bibir

Kalau jaman dahulu trend makeup bibir identik dengan lip gloss yang terkesan tidak berwarna dan natural, berbeda dengan beberapa tahun belakangan ini di mana trend lipstik matte sangat digemari oleh remaja. Tekniknya pun berbeda-beda, mulai dari ombre lips ataupun full lips. Warna-warna lipstik yang digunakan pun semakin beragam ya tentunya, remaja saat ini bisa memilih warna soft nude hingga bold.

3. Bibir


 

baca juga

4. Blush on

Penggunaan blush on dilakukan untuk membuat wajah tampak merona dan lebih fresh ya, Beautynesian. Ternyata remaja jaman dulu juga sudah menggunakan blush on lho! Namun, intensitas penggunaannya masih tipis-tipis dan natural. Dahulu juga blush on hanya diaplikasikan di tulang pipi, berbeda dengan trend belakangan ini yang mengaplikasikan blush on di bawah mata dan 'nyebrang' melewati tulang hidung.  

4. Blush on


 

5. Contour dan shading

Untuk teknik makeup ini bisa dipastikan sudah sangat berkembang ya jika dibandingkan dengan jaman dulu, Beautynesian. Jaman sekarang remaja-remaja bisa dengan mudah mendapatkan produk yang beragam untuk kebutuhan contour dan shading. Setelah selesai membuat wajahmu lebih tirus dan berdimensi dengan contour dan shading, penambahan highlighter juga bisa makin mempercantik tampilan makeup-mu.

5. Contour dan shading

Itu lah beberapa perbedaan antara makeup jaman dulu dan jaman sekarang. Gimana? Lebih suka makeup jaman dulu atau sekarang? Seiring dengan segala kemajuan teknologi maupun informasi, membuat remaja bisa lebih mengeksplor cara ber-makeup untuk mempercantik diri. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan umurmu juga ya! After all, it's up to you, Beautynesian!