Hijab segi empat menjadi salah satu model hijab yang banyak digemari dan dipakai wanita. Cara pemakaiannya yang simpel dan bisa dimodifikasi sesuka hati membuat model hijab ini banyak digunakan. 

Cantik dan Bikin Wajah Tirus, Begini Tips Memakai Hijab Segi Empat ala Artis Indonesia
source: https://www.instagram.com/melodylaksani92/

Hijab segi empat memiliki banyak motif dan bahan yang berbeda, mulai dari organza, poly katun, paris, satin, saudia, hingga rawis. Karena itu, hal pertama harus dilakukan adalah memilih bahan hijab yang sesuai dengan kegiatan yang kamu jalani atau hadiri. Misalnya, kegiatan sehari-hari, acara formal, atau acara pernikahan.  

Meski mudah, pemakaian hijab segi empat juga punya cara-cara yang harus diperhatikan. Nah, berikut ini cara memakai hijab segi empat agar modis dan wajah tampak tirus.

Pakai Ciput

Pakai Ciput
source: https://www.instagram.com/ninazatulini22/

Sebelum mengenakan hijab segi empat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenakan ciput atau dalaman ninja. Pilih warna ciput yang netral, sehingga mudah di-mix and match dengan warna hijab. Penggunaan ciput ini bertujuan menutup semua bagian rambut dan leher sehingga lebih rapi serta meniruskan pipi. 

baca juga

Pakai Hijab Liner

Pakai Hijab Liner
source: https://www.instagram.com/cutratumeyriska/

Langkah kedua adalah memakai hijab liner. Hal ini merupakan penggaris berbahan elastis dan bisa dilengkungkan. Kamu dapat menggunakan alat ini dengan meletakkan ke dalam bagian ujung hijab. Hal ini bertujuan membuat ujung hijab tetap tegak saat terkena angin. 

Tulang Pipi Sebagai Patokan

Tulang Pipi Sebagai Patokan
source: https://www.instagram.com/fitrop/

Setelah memakai siput dan hijab liner, pakailah hijab segi empat dengan sisi kanan lebih panjang daripada sisi kiri. Tarik kedua sisi hingga ke bagian leher. Gunakan tulang pipi sebagai patokan saat memakai hijab segi empat.

Pastikan kain hijab menutup hingga melewati tulang pipi kamu. Hal ini berguna memanipulasi bentuk wajah yang bulat menjadi terkesan tirus atau panjang. Jika sudah rapi dan tepat, rekatkan bagian leher menggunakan peniti kecil atau jarum pentul.

baca juga

Ikat ke Belakang

Ikat ke Belakang
source: https://www.instagram.com/ollaramlanaufar/

Terakhir, tarik bagian kanan dan kiri hijab ke belakang leher, lalu ikatkan bagian kiri dan kanan, lalu rapikan. Namun, jika bagian kanan masih terlalu panjang, kamu bisa melilitkannya hingga menyisakan ujung bagian yang bisa diikat menyatu dengan bagian kiri. Atau bisa pula kamu menyembunyikan ujung bagian kanan dan kiri dengan menyelipkannya ke dalam lilitan.  

Mengikat kedua sisi hijab ke belakang merupakan cara simpel memakai hijab segi empat, tapi cara ini merupakan ampuh memberikan ilusi lebih tirus pada wajah dan bisa dikenakan untuk berbagai acara apa pun.