Katun Organik

www.just.co.id
Kapas konvensional adalah salah satu tanaman yang paling membutuhkan banyak air dan paling intensif bahan kimia untuk tumbuh. Dengan efek yang menghancurkan tidak hanya pada lingkungan tetapi juga para pekerja. Untungnya, industri fashion telah memanfaatkan kapas organik, Ladies.

Kapas organik meminimalkan dampak lingkungan dengan menghilangkan penggunaan pestisida penyebab kanker dan bahan kimia lainnya dalam proses produksi. Sebaliknya, kapas organik  berfokus pada proses holistik yang mengutamakan keberlanjutan.

Katun juga lebih baik untuk tubuh karena berasal dari serat alami, memudahkan kulit untuk bernafas. Katun bisa jadi bahan yang tepat di segala kondisi. Tips saat membeli produk yang terbuat dari katun, cobalah cari label organik bersertifikat, dan pastikan itu bukan kain campuran.

Berbahan Botol Plastik??

www.fashionunited.uk
Saat ini ada teknologi yang dapat mendaur ulang botol minum kemasan menjadi bahan baku produk fashion. Layaknya ini dapat membantu persoalan limbah plastik yang sudah sangat memprihatinkan. Bahkan salah satu brand fashion besar, H&M juga menjual koleksi "Conscious"-nya yang berasal dari botol plastik daur ulang. 
baca juga

Bahan Kulit Bersertifikasi LWG

www.ispo.com
Tips ramah lingkungan untuk kamu yang senang menggunakan fashion yang berasal dari bahan kulit. Coba pastikan brand fashion kesayangan kamu telah menjadi member dalam Leather Working Group (LWG).

Beberapa brand fashion besar seperti Adidas, Aldo, Charles & Keith, sudah mengantongi sertifikat ini. LWG menjaga penggunaan kulit yang berkelanjutan dan ramah lingkungan mulai dari hulu ke hilir. Anggotanya juga terdiri dari supplier, produsen, dan perusahaan yang menggunakan bahan-bahan kulit.

Bebas PVC

www.novacel-deepblue.com
Polivinil klorida, alias PVC, alias vinil, adalah salah satu plastik paling mematikan yang dikenal manusia. PVC sering disebut sebagai plastik beracun karena mengandung beberapa bahan kimia berbahaya yang berbahaya termasuk dioksin, ftalat, vinil klorida, etilen diklorida, timah, kadmium, dan organotin.

Kombinasi yang mematikan ini memberikan permukaan yang menarik, berkilau, dan terkadang seperti kulit paten, sehingga beberapa desainer menggunakannya sebagai 'vegan leather'. Nah, tentu saja ini adalah bahan yang tidak ramah lingkungan. Jadi, tips untuk kamu adalah cek label PVC free pada pakaian yang akan kamu beli.
baca juga

Menggunakan Bahan Bahan Ramah Lingkungan

.wwwfibre2fashion.com
Selanjutnya kamu dapat memilih bahan bahan yang sudah jelas ramah lingkungan seperti linen, wool, tencel, rayon, dan lenzing. Saat ini informasi terkait brand fashion yang ramah lingkungan sudah sangat mudah diakses. Jadi, salah satu tips lainnya adalah jangan menyerah untuk mencintai bumi ya, Ladies.