Memiliki kulit kering tentunya memiliki kebutuhan bahan sabun yang berbeda dibandingan dengan yang memiliki kulit berminyak, begitu juga dengan kulit sensitif ataupun kombinasi. 

Oleh karena itu kamu harus memastikan sabun yang kamu pilih sudah sesuai dengan jenis kulitmu, untuk menghindari kerusakan kulit seperti kering, kemerahan, gatal bahkan sampai iritasi. Berikut beberapa sabun yang bisa kamu pilih berdasarkan jenis kulitmu.

1. Sabun untuk Kulit Kering

1. Sabun untuk Kulit Kering
source: https://www.amazon.com

Sifat mendasar dari sabun kebanyakan adalah mampu menyingkirkan kotoran dan bakteri, tapi juga mengikis minyak alami pada kulit tubuh.

Jadi untuk kamu yang memiliki kulit kering, pilih lah sabun yang mengandung pelembap alami dan bebas dari pewangi juga alkohol. Bahan-bahan sabun yang cocok untukmu adalah bunga matahari, butter atau minyak zaitun.

baca juga

2. Sabun untuk Kulit Berminyak

2. Sabun untuk Kulit Berminyak
source: https://www.jsavonette.my

Meskipun pemilik kulit berminyak memiliki keuntungan kulit yang kenyal dan lembap, tapi produksi minyak yang berlebihan pada kulit mereka juga bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat dari biasanya. 

Untuk itu, sabun antibakteri yang memiliki bahan lembut memang sangat pas untuk kamu pemilik kulit berminyak. Pilihlah sabun berbahan gliserin atau gandum yang tak mengandung deterjen ya.

3. Sabun untuk Kulit Sensitif

3. Sabun untuk Kulit Sensitif
source: https://www.amazon.com

Jika kamu memiliki jenis kulit yang sering mengalami iritasi ini, pastinya harus ekstra hati-hati dalam memilih skincare. Untuk sabun sendiri, sebaiknya pemilik kulit sensitif harus menghindari sabun yang mengandung terlalu banyak pewangi. Pastikan juga sabunmu memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang (pH balanced).

baca juga

4. Sabun Untuk Kulit Kombinasi

4. Sabun Untuk Kulit Kombinasi
source: https://unsplash.com

Kalau kamu merasakan kulitmu bersisik, kering, mudah iritasi tapi juga berminyak di bagian tertentu, berarti kamu termasuk kedalam tipe kulit kombinasi. Karena jenis ini merupakan gabungan dari kulit kering dan berminyak, produk yang digunakannya juga harus berbeda-beda.

Gunakan pembersih yang lembut dengan bahan kimia seminimal mungkin dan lengkapi dengan penggunaan pelembap di area yang kering juga sabun berbahan benzoyl peroxide pada area yang berminyak.