Tapi perlu disadari, mempersiapkan pernikahan bukan suatu hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan sebelum masuk ke fase hidup ini. Ketika ingin menikah tapi tidak ada persiapan dan komitmen, maka yang ditakuti setiap pasangan adalah pernikahan mereka tidak berlangsung lama.

Karena itu, sebelum menikah setiap pasangan harus memiliki komitmen dan persiapan agar pernikahan yang mereka jalani kelak bisa langgeng. Pernikahan sendiri bukan hanya sekedar status saja, maka dari itu banyak hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memasuki fase ini. Kira-kira hal apa saja ya yang harus dipersiapkan?
 

Introspeksi dan Evaluasi Diri

Introspeksi dan Evaluasi Diri

Introspeksi dan evaluasi diri menjadi langkah pertama dalam mempersiapkan mental agar mengetahui letak kekurangan dan kelebihan masing-masing pasangan. Tidak hanya masing-masing pasangan, tetapi juga keluarga besar dan teman-teman dari pasangan. Hal ini agar bisa mengatasi masalah yang akan dihadapi, apakah akan berpengaruh atau tidak dalam rumah tangga yang akan dijalani nantinya. Jika ada konflik berulang kali, ada baiknya kamu dan pasangan mencari penyebabnya untuk mengantisipasi atau menyelesaikan konflik itu.
 

baca juga

Saling Menghargai Perbedaan

Saling Menghargai Perbedaan

Usai menjalin pernikahan pasti menemukan perbedaan, dari perbedaan cara berpikir, sampai ke hal-hal sekecil apapun akan berbeda. Sebagai pasangan yang sudah siap menempuh hidup baru, harus mempersiapkan diri bagaimana caranya untuk menghargai perbedaan. Hal ini juga tak kalah penting, karena sikap menghargai akan membuat hubungan rumah tangga berjalan indah, tenteram dan bahagia.
 

Memilih Tempat Tinggal yang Sesuai Kebutuhan

Memilih Tempat Tinggal yang Sesuai Kebutuhan

Tak hanya soal mental, hal lainnya seperti memilih tempat tinggal juga tak boleh dilupakan dalam mempersiapkan hal-hal saat ingin menikah. Setelah menikah apakah kamu dan pasangan akan langsung mencari rumah sendiri atau tinggal bersama orang tua untuk sementara waktu? Jika kamu dan pasangan memilih untuk mencari rumah sendiri, kalian harus memikirkan mengenai dana untuk membeli atau menyewa sebuah rumah untuk kalian tinggali nantinya.

Tetapi jika kamu ingin tinggal bersama orang tua, jangan lupa pastikan keberadaan kamu dan pasangan tidak menjadi beban. Itu artinya kamu dan pasangan bisa menabung terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa membeli rumah sendiri.
 

baca juga

Merencanakan Biaya Pendidikan Anak

Merencanakan Biaya Pendidikan Anak

Meskipun kamu baru mempersiapkan pernikahan, tidak ada salahnya sudah mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak. Dengan cara ini nantinya kamu dan pasangan tidak begitu kesulitan di kemudian hari. Karena semakin banyak anak yang ingin kamu miliki, akan bertambah juga biaya yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum menikah kamu bicarakan dengan pasangan kamu mengenai jumlah anak yang diinginkan. Nantinya kamu sudah bisa memperhitungkan berapa banyak biaya yang dibutuhkan. Perlu diingat, pengeluaran itu tidak hanya mengenai biaya makan tetapi juga biaya pendidikan dan kesehatan.
 

Siap Menerima Kondisi Suka dan Duka

Siap Menerima Kondisi Suka dan Duka

Dalam sebuah hubungan rumah tangga tidak melulu bahagia, ada kalanya merasakan duka atau susah bersama pasangan. Dari hal ini, kamu dan pasangan harus memiliki mental yang mampu menerima saat keadaan susah dan juga sulit. Karena pernikahan bukan suatu hal yang main-main, tetapi juga harus pastikan mental yang sangat siap.
 
Itulah beberapa yang harus dipersiapkan saat ingin menikah, karena pernikahan merupakan keputusan untuk hidup bersama selamanya.