Kafe memang menjadi tempat hangout paling asyik, terutama di saat weekend. Suasananya yang bikin nyaman menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih menghabiskan waktunya di kafe, baik untuk bersantai atau mengerjakan tugas. Nah, ada satu hal nih yang wajib kamu ketahui, yaitu ternyata beberapa kafe di Jakarta berikut mulai mengikuti kampanye “save our environment”, Ladies. Yuk intip daftar kafenya di bawah ini!

Arborea Cafe

Arborea Cafe

Memiliki konsep yang unik dan sangat berbeda dengan kafe biasanya, Arborea Cafe menghadirkan suasana nongkrong ditengah hutan. Kafe ini terletak di dalam Arboretum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Kafe ini dikelilingi pohon-pohon tinggi dan besar yang membuat kamu merasa nyaman banget, apalagi ketika kamu inging melepas penat.

Nilai plus lainnya tentang Arborea Cafe ini mereka tidak lagi menggunakan straw berbahan plastik. Tidak juga menggunakan stainless straw, Arborea Cafe menggunakan sedotan yang terbuat dari kertas, Ladies. Jadi mudah ketika inging didaur ulang. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terangkau, mulai dari Rp20 ribuan saja, lho.

baca juga

Ruang Selatan

Ruang Selatan

Berlokasi di Jalan Benda No.89, Cilandak Timur, kafe ini menjadi salah satu kafe yang mengusung konsep yang unik. Ruang Selatan memanfaatkan barang-barang bekas seperti kaleng bekas, yang dikresasikan menjadi hiasan-hiasan berbentuk unik yang ditempelkan di dinding dan juga sebagai hiasan lampu-lampu.

Untuk menunya, kafe ini menawarkan beberapa menu yang vegetarian. Bahannya diambil dari kebun kecil di halaman depannya lho, Ladies. Cafe Jakarta ini juga enggak menggunakan sedotan plastik lagi melainkan sedotan bambu. 

Sal En Co

Sal En Co

Salah sattu kafe yang terletak di Pantai Kapuk, Jakarta Utara ini wajib kamu kunjungi, Ladies. Mungkin berbeda dari kafe yang sering kamu jumpai, kafe ini menawarkan menu-menu yang sehat dan bergizi. Mulai dari salad hingga smoothie bowl. Kalau kamu berniat untuk membawa pulang makanan, kamu tak perlu khawatir karena Sal En Co juga menyediakan kantong yang ramah lingkungan. Kantongan terseut terbuat dari cassa starch, dan untuk wadah kopi. Sal En Co memberikan gelas karton sebagai tempat karena mudah didaur ulang. Menarik, kan?

baca juga

Burgreens

Burgreens

Sesuai dengan namanya, kafe ini menyajikan makanan burger, hanya saja lebih sehat. Burgreens juga berkomitmen mengurangi limbah sampah industri, Ladies. Untuk mengurangi food waste, kafe ini memanfaatkan semua bagian dari bahan baku untuk masakannya. Misalnya saja ubi yang diolah menjadi keripik, sisanya diolah menjadi dessert

Enggak hanya itu, kafe ini juga menggunakan kemasan berupa daun pisang untuk membungkus makanan yang dipesan, menggunakan sedotan berbahan bambu, dan kantongan makanan yang terbuat dari material singkong, lho. Kamu bisa mengunjungi Burgreens di Jalan KH, Wahid Hasyim No.47, Menteng, Jakarta.