Bumi semakin tua akibatnya di mana-mana terjadi pemanasan global. Salah satu untuk mengatasi pemanasan global ini adalah dengan cara mulai beradaptasi dengan produk yang ramah lingkungan.
 
Konsep ramah lingkungan ini akan mulai digalakkan di Indonesia, salah satunya mulai mengenalkan produk fashion ramah lingkungan. Mungkin kamu belum mengenal lebih jauh tentang produk fashion ramah lingkungan. Nah, untuk mengenal lebih dekat tentang fashion ramah lingkungan ini, simak penjelasan berikut.

Mengenal Fashion Ramah Lingkungan

Mengenal Fashion Ramah Lingkungan
source: http://thelilacpress.com/wp-content/uploads/2019/04/the-kit-green-310.jpg

Mungkin kita belum memahami bahwa produk fashion biasa dapat membuat kerusakan alam karena dalam proses produksinya menggunakan sumber daya yang dapat merusak lingkungan, seperti sebagai berikut.

  1. Penggunaan bahan kimia beracun seperti zat pewarna kimia. Jika produsen fashion tidak mengolah limbah dari bahan kimia  beracun ini dengan baik maka dapat menyebabkan lingkungan akan tercemar.
  2. Karena produk fashion merupakan kebutuhan sandang manusia, maka akan diproduksi secara besar-besaran. Otomatis penggunaan listrik sebagai energi untuk menggerakkan listrik membutuhkan daya yang besar.
  3. Penggunaan air pun besar-besaran karena air dibutuhkan dalam proses pewarnaan kain tekstil. Selain itu, air juga dibutuhkan dalam proses pencucian kain. Contoh produk fashion biasa yang produksinya membutuhkan air besar-besaran adalah fashion dari bahan katun.
  4. Produk fashion biasa terbuat dari bahan yang tidak mudah terurai secara alami. Contoh produk fashion yang tidak mudah terurai secara alami adalah kain yang terbuat dari bahan sintetis seperti: nilon, akrilik dan poliester. Bahan sintetis tidak mudah terurai karena proses produksinya berasal dari minyak. Selain itu, bahan sintetis ini saat dicuci dapat melepaskan serat mikro yang dapat mencemari air.
  5. Produk fashion biasa yang berasal dari bahan hewan, seperti kulit, bulu dan wol dapat menyebabkan terjadinya emisi gas rumah kaca. Selain itu, populasi hewan juga akan punah karena diambil kulit dan bulunya.

Namun, akan berbeda jika kita menggunakan produk fashion ramah lingkungan. Nah, apa yang dimaksud dengan produk fashion ramah lingkungan itu? Produk fashion ramah lingkungan atau disebut dengan sustainable fashion merupakan konsep fashion yang mengedepankan aspek lingkungan yang mana produknya akan dibuat tahan lama dan ramah lingkungan.

baca juga

Kualitas Produk Fashion Ramah Lingkungan

Produk fashion ramah lingkungan ini memiliki kualitas yang baik karena terbuat dari bahan-bahan yang alami. Seperti terbuat dari serat alam dari sumber daya alam yang terbarukan, seperti sutra, serat pisang, serat jeruk, serat nanas, serat bambu atau pun serat kayu.
 
Selain itu, produk ramah lingkungan ini juga diproduksi dengan menggunakan pewarna alami yang diambil dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. Jadi, masyarakat akan diajak bersama-sama untuk ikut serta menjaga kelestarian sumber daya alam agar terbarukan.

Keunggulan Fashion Ramah Lingkungan

Keunggulan Fashion Ramah Lingkungan
source: https://i.pinimg.com/564x/e4/da/09/e4da09b4b17664b2532949879b793d99.jpg

Tentunya setelah kamu mengenal produk fashion ramah lingkungan, kamu dapat memahami bahwa tidak ada ruginya jika kita memakai produk fashion ramah lingkungan. Hal tersebut karena kita juga ikut serta menjaga bumi dari kerusakan alam akibat ulah manusia.
 
Selain itu, produk fashion ramah lingkungan ini memiliki banyak keunggulan. Adapun keunggulan dari produk fashion ramah lingkungan adalah sebagai berikut:
 

1. Tidak Terbuat dari Bahan Hewan (Animal Free)  

Fashion ramah lingkungan merupakan produk animal free karena produk fashion ramah lingkungan ini dalam proses produksinya tidak menggunakan pengujian hewan. Seperti menggunakan jaringan hewan, bulu atau kulit hewan yang dapat menyebabkan populasi hewan punah.

2. Bersifat Eco Fashion

Produk fashion ramah lingkungan ini bersifat eco fashion karena terbuat dari bahan baku yang sudah tersedia. Artinya desain fashion ramah lingkungan ini bisa memanfaatkan bahan baku seperti bekas karung beras yang didesain kembali menjadi bentuk fashion baru yang lebih berkualitas.

3. Bebas Bahan Kimia
Source: https://inhabitat.com/
Fashion ramah lingkungan ini bebas bahan kimia karena terbuat dari bahan alam organik yang bebas dari pupuk kimia dan peptisida. Contohnya adalah produk fashion yang terbuat dari katun organik, jelatang, rami, sutra, bambu, rami, wol organik, kayu, kedelai, karet, serat pisang dan serat alami lainnya.
 
Selain itu, produk fashion ramah lingkungan ini terbuat dari bahan pewarna alami yaitu pewarna yang dibuat dari ekstrak bahan vegetatif, seperti pewarna dari ekstrak sayur, biji-bijian, daun, batang, buah-buahan dan jenis tanaman lainnya.

4. Kualitas Bahan Lebih Lembut dan Adem
Fashion ramah lingkungan ini memiliki kualitas bahan yang lebih lembut dan adem dari fashion biasa. Hal tersebut karena produk fashion ramah lingkungan terbuat dari bahan vegetatit alami, seperti diambil dari serat pohon, buah-buahan atau jenis tanaman lainnya.
 
Nah, serat yang diambil dari jenis bahan vegetatif alami akan terasa lembut dan adem di kulit sehingga nyaman dan enak dipakai. Selain itu, dengan menggunakan fashion ramah lingkungan kamu dapat ikut serta meminimalisasi kerusakan lingkungan.
 
5. Bisa Terurai Kembali dengan Mudah
Produk fashion ramah lingkungan yang terbuat dari bahan vegetatif alami bisa terurai kembali dengan mudah. Pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti serat Tencel akan mudah terurai jika sudah rusak dan tidak terpakai dikubur dalam tanah akan mudah terurai dalam waktu yang cepat dibandingkan dengan produk fashion biasa.
 
6. Lebih Tahan Lama
source: http://agolf.xyz


Produk fashion ramah lingkungan ini lebih tahan lama karena terbuat dari serat alami dan bebas bahan kimia. Selain itu, pada umumnya fashion ramah lingkungan ini diproduksi secara langsung oleh manusia tidak 100% mesin sehingga tidak mudah rusak dan tahan lama.
 
Biasanya untuk produk fashion ramah lingkungan terdapat petunjuk perawatan di labelnya. Hal tersebut bertujuan supaya saat mencuci pakaian tidak sembarangan sehingga membuat pakaian mudah rusak dan tidak tahan lama.
 
7. Lebih Efisien Dalam Pemanfaatan Sumber Energi
Source: https://thecontemporaryaustin.org/
Produk yang ramah lingkungan pada umumnya, lebih efisien dalam pemanfaatan sumber energi. Hal tersebut karena dalam proses produksi fashion ramah lingkungan ini hemat sumber energi, seperti hemat air dan listrik sehingga sumber energi dimanfaatkan secara efektif dan efisien.
baca juga

Cara Mengetahui Produk Fashion Ramah Lingkungan

Memang produk fashion ramah lingkungan ini belum banyak dipasarkan di Indonesia, namun kamu perlu mengetahui seperti apa produk fashion ramah lingkungan itu. Nah, cara mengetahui fashion yang ramah lingkungan adalah sebagai berikut.
 

1. Lihat Tag Pakaian

Untuk mengetahui suatu produk fashion ramah lingkungan, kamu dapat melihat tag pakaiannya. Nah, di tag pakaian inilah terdapat tanda atau simbol yang menjelaskan pakaian tersebut termasuk dalam produk fashion ramah lingkungan atau tidak.
 
Selain itu, di tag pakaian juga terdapat cara perawatannya, seperti harus disimpan pada temperatur seperti apa, dapat dicuci dengan menggunakan tangan atau mesin, cara mengeringkan dan menyeterikanya hingga cara menghilangkan noda.

Cara Mengetahui Produk Fashion Ramah Lingkungan
source: https://www.rd.com/wp-content/uploads/2017/05/01-clothing-care-label-Times-You-Can-Ignore-the-Dry-Clean-Only-Label-_637875358-alexialex-ft.jpg
2. Kenali Bahan Pakaian
Image source: https://thumbor.forbes.com/thumbor/960x0/https%3A%2F%2Fblogsimages.forbes.com%2Foliviapinnock%2Ffiles%2F2019%2F01%2FIMG_1790.jpg
Produk fashion ramah lingkungan ini dapat dikenali dari bahan pakainnya. Kamu dapat mengeceknya apakah pakaian tersebut terbuat dari bahan alami vegetatif atau serat alami, seperti: kain serat bambu, kapas organik (kapas yang ditanam tanpa menggunakan peptisida), serat hemp, atau kain kasmir (kain yang terbuat dari serat yang mengandung protein seperti kedelai).
 
Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kain yang terbuat dari bahan daur ulang poliester yaitu kain jenis poliester yang terbuat dari poliester bekas dan botol soda yang sedikit mengandung karbon.
 
Nah, jika bahan pakaian yang ingin kamu beli terbuat dari serat Tencel, artinya pakaian tersebut termasuk fashion ramah lingkungan. Karena Tencel termasuk dalam serat selulosa alami yang terbuat dari kayu sehingga nantinya akan mudah terurai.
 
3. Lihat Warna Pakaiannya

Selain melihat bahan pakaian, cara mengetahui produk fashion ramah lingkungan adalah dengan melihat warna pakaian. Jika warna pakaian terlalu terang dan terlihat tidak alami artinya pakaian tersebut mengandung bahan pewarna buatan atau menggunakan pewarna kimia.
 
Untuk ikut berperan melestarikan produk fashion ramah lingkungan, belilah pakaian yang menggunakan warna alami yang terbuat dari pewarna hasil ekstrak buah-buahan, sayuran dan bahan alami vegetatif lainnya. So, be smart buyer sebelum membeli.