Banyak manfaat yang diperoleh setelah mencatok rambut. Namun selain untuk keindahan rambut, cara meluruskan rambut dengan alat catok ini juga dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut jika penggunaannya kurang tepat. Alat meluruskan rambut yang satu ini mengandung energi panas sehingga rambut yang sering dicatok akan mudah mengalami kerusakan. Lalu, kesalahan apa saja yang sering kita lakukan tanpa kita sadari? Yuk, kita simak penjelasannya!

1. Mencatok Rambut dalam Keadaan Basah

Sebelum beraktivitas, para wanita akan menghabiskan sebagian waktunya untuk merias diri. Bahkan, ada hal yang dilupakan oleh sebagian wanita saat meluruskan rambutnya dengan alat meluruskan rambut yang satu ini. Ya, catok rambut memang bisa digunakan kapan saja. Tetapi, apakah pernah kamu mencatok rambutmu saat keadaan basah? 

Faktanya, meluruskan rambut dalam keadaan basah ini justru akan merusak rambutmu. Terlebih lagi jika kamu dalam keadaan terburu-buru dan tak sempat mengeringkan rambutmu, mungkin kamu akan sering melakukan kesalahan ini.Tanpa kamu sadari, kesalahan ini dapat merusak rambutmu. Jadi, keringkan rambutmu terlebih dahulu ya ladies!
1. Mencatok Rambut dalam Keadaan Basah


 

baca juga

2. Terlalu Banyak Menggunakan Hair Spray

Cara meluruskan rambut dengan catok rambut ini tentu membutuhkan bahan pendukung seperti hair spray. Namun, jika penggunaannya terlalu berlebihan akan menyebabkan alat meluruskan rambutmu itu mengeluarkan asap. Kamu bisa menyemprotkan hair spray ini pada beberapa bagian rambut saja, seperti pada rambut yang bergelombang atau keriting. Hal ini untuk mengurangi asap yang keluar dari alat meluruskan rambut milikmu.
2. Terlalu Banyak Menggunakan Hair Spray


 

3. Tidak Mengatur Suhu pada Alat Catok

Wanita biasanya menginginkan sesuatu yang serba cepat dan instan. Tak terkecuali saat meluruskan rambutnya. Sebagian wanita ini akan mengatur suhu yang tinggi pada alat catok untuk mendapatkan hasil rambut lurus yang lebih cepat.

Namun, tahukah kamu bahwa tidak mengatur suhu pada alat catok ini justru adalah sebuah kesalahan. Maka dari itu, perhatikan suhu alat catokmu agar tidak merusak rambutmu. Kamu bisa menyesuaikan suhu alat catokmu ini seuai dengan kebutuhan dan tetap menjaga kesehatan rambut. 

3. Tidak Mengatur Suhu pada Alat Catok


 

baca juga

4. Tidak Menggunakan Heat Protector Serum

Untuk mengurangi kerusakan rambut yang serius akibat mencatok, kamu bisa mengaplikasikan heat protector serum sebelum mencatok rambutmu. Fungsinya adalah untuk melindungi rambutmu dari suhu catok yang tinggi. Selain heat protector serum, kamu juga bisa mengaplikasikan vitamin rambut, leave on conditioner, atau combing serum. Jadi, boleh berpenampilan menarik tapi tetap menjaga kesehatan rambut ya ladies!

4. Tidak Menggunakan Heat Protector Serum


 

5. Tidak Menyisir Rambut

Sebelum meluruskan rambutmu, tetaplah mengatur rambutmu dengan sisir. Meskipun hal ini sepele, akan tetapi ada beberapa wanita yang mengabaikannya. Menyisir rambut sebelum dicatok tentu untuk menghindari rambutmu terbelit sehingga kamu akan mencatok lebih mudah dan alat untuk meluruskan rambutmu itu dapat menghasilkan rambut lurus yang sempurna. 

5. Tidak Menyisir Rambut


 

6. Tidak Membersihkan Alat Catok

Membersihkan alat catok memang hal yang sangat penting. Selain menjaga agar alat catokmu tetap bersih, hal ini juga dapat menjaga kesehatan rambutmu saat dicatok lho! Saat lempengan besi catokan dipenuhi oleh residu produk perawatan rambut maupun debu yang menempel, hal ini akan bercampur dengan panas dan dapat merusak rambut indahmu. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah membersihkan alat catokmu agar keberihannya tetap terjaga.

6. Tidak Membersihkan Alat Catok

Nah, bagaimana ladies? Apakah kamu pernah melakukan kesalahan-kesalahan itu saat mencatok rambut? Jangan mengulangi kesalahan yang sama agar rambutmu tetap terjaga kesehatannya. Selamat mencoba!