Pakaian berbahan tulle sering kali dipakai untuk menghadiri pesta atau acara penting karena memberikan kesan mewah. Mulai dari dress, rok, hingga tunik. Tulle skirt menjadi yang paling banyak dipakai oleh perempuan untuk acara penting. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara perawatan yang tepat sehingga mudah rusak. Sayang banget kan kalau masih dipakai sekali terus nggak bisa dipakai lagi? Berikut ini adalah cara perawatan pakaian berbahan tulle dan tips fashion yang bisa kamu terapkan. Simak, yuk.
 

Mencuci Tulle dengan Tangan

Mencuci Tulle dengan Tangan
Tulle merupakan jenis kain jaring yang terbuat dari tenunan nilon yang halus dan ringan. Tentu saja mencucinya nggak boleh sembarangan. Untuk merawat pakaian atau rok berbahan tulle, sebaiknya menggunakan cara manual atau menggunakan tangan. Mencuci dengan tangan akan mengurangi kemungkinan bahan akan robek atau rusak. Pilih juga detergen cair yang lembut saat mencucinya seperti detergen bayi.

Saat tulle terkena noda, rendam terlebih dahulu menggunakan detergen agar noda menghilang dengan sendirinya. Hindari untuk menggosok atau menguceknya terlalu keras agar bahan tidak mudah rusak.
 
baca juga

Mencuci Tulle dengan Mesin Cuci

Mencuci Tulle dengan Mesin Cuci
Jika kamu nggak punya waktu untuk mencuci tulle dengan tangan. Bisa juga menggunakan mesin cuci, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan jika setting mesin cuci aman untuk pakaian berbahan lembut. Balik tulle untuk mencegah warna memudar. Gunakan laundry bag agar tulle tidak robek saat proses mencuci.
 

Cara Menjemur Tulle

Cara Menjemur Tulle
Tulle memiliki bahan yang begitu sensitif dengan suhu udara. Saat menjemurnya, letakkan pada tempat yang tidak begitu terpapar oleh sinar matahari. Udara yang panas dapat membuat tulle mengerut dan rusak. Pastikan untuk menggantung saat akan mengeringkannya agar bentuk tulle tidak berubah.
 
baca juga

Setrika Tulle, Boleh Nggak Sih?

Setrika Tulle, Boleh Nggak Sih?
Tulle mudah mengering dan rapuh. Hindari untuk menyetrikanya kecuali menggunakan setrika uap. Jika tulle terlihat kusut, semprotkan air untuk merenggangkan kekusutannya.
 

Cara Penyimpanan Tulle

Cara Penyimpanan Tulle
Hindari untuk melipat tulle setelah menyetrikanya agar bentuk tidak berubah. Siapkan gantungan khusus untuk menyimpan pakaian berbahan tulle agar serat kainnya tidak rusak. Pastikan juga agar tulle tidak terhimpit oleh pakaian lain, sehingga tulle tetap mengembang.

Merawat pakaian atau rok berbahan tulle nggak sulit kok. Semoga tips merawat tulle di atas bermanfaat, ya!