Mencintai bumi ternyata bisa dilakukan lewat berbagai macam hal, salah satunya fashion. Tahukah kamu jika dibutuhkan 2.700 liter air untuk memproduksi satu buah t-shirt? Nggak heran jika industri fashion juga termasuk penghasil polusi terbesar penyumbang emisi karbon yang merusak bumi. Namun, kini kamu bisa bernafas lega karena beberapa brand ternama maupun retail mulai membuat berbagai produk fashion yang ramah lingkungan. Langkah yang sama juga bisa kamu lakukan lewat beberapa cara berikut ini.
 

Membeli Produk Fashion Ramah Lingkungan

Membeli Produk Fashion Ramah Lingkungan

Apa sih yang ada di benakmu ketika membeli produk fashion? Gaya yang stylish dan warna yang menarik memang selalu menjadi alasan. Tapi mulai sekarang, yuk pertimbangkan bahan yang digunakan serta proses produksinya juga. 

Kini mulai banyak produk fashion eco-friendly yang dijual dipasaran, lho. Mulai dari bahan yang menggunakan konsep sustainable harvesting atau memanfaatkan sumber daya alam tanpa harus merusak ekosistem, pewarna alami serta proses pembuatan handmade. Beberapa brand pakaian bahkan mengolah limbah kain untuk di upcycle menjadi produk berkualitas tinggi.
 

baca juga

Terapkan Konsep Minimalis

Terapkan Konsep Minimalis
Dalam setahun, ada berapa barang fashion yang telah kamu beli? Mengurangi pembelian barang fashion yang tidak terlalu dibutuhkan bisa menjadi satu langkah untuk lebih mencintai bumi. Ngaku deh, beberapa dari kamu pasti ada yang sering berbelanja barang fashion yang impulsif, sehingga membuatnya tidak terpakai bahkan terbuang begitu saja. Tindakan ini jika dilakukan terus menerus akan semakin merugikan lingkungan, lho.
 

Butuh Gaya Baru? Cukup Mix and Match Baju Lama

Butuh Gaya Baru? Cukup Mix and Match Baju Lama
Bagi kamu yang baru mulai menerapkan konsep eco-friendly dalam hal fashion, tentu peralihan dari kebiasaan lama juga butuh waktu. Saat bosan dengan gaya yang itu-itu saja, jangan terburu untuk membeli barang baru dulu jika tidak terlalu membutuhkannya. Kamu bisa utak-atik pakaian lamamu dan mencoba untuk mix and match. Gaya vintage dan classy sekarang timeless banget kok, jadi jangan ragu untuk menggunakan kembali baju atau barang lamamu. 

Yuk, mencintai bumi dimulai dari barang fashion yang kamu pakai dalam keseharian!