Cara berpakaian yang kamu kenakan akan menjadi salah satu penilaian orang lain terhadapmu. Maka dari itu, sebaiknya kamu lebih selektif untuk menggunakan pakaian yang memang menggambarkan kepribadianmu. Terlebih saat kamu menghadapi sesi wawancara kerja.

Sekalipun kualifikasi yang kamu punya sudah memenuhi perusahaan tersebut, jika mengenakan pakaian yang kurang tepat di saat penting seperti itu, kamu bisa merusak kredibilitas diri bahkan kehilangan perjaan yang diincar. Duh, jangan sampai kejadian ya Ladies. Berikut fashion item yang harus dihindari saat interview.

1. Celana Jeans

1. Celana Jeans

Memakai celana jeans saat wawancara kerja haram hukumnya. Kamu akan terlihat enggak niat memenuhi panggilan dari perusahaan tersebut. Mereka akan menilai bahwa kamu orang yang tidak taat pada aturan, karena bekerja adalah kegiatan formal sedangkan kamu terlihat santai.

baca juga

2. Sepatu dengan Hak Terlalu Tinggi

2. Sepatu dengan Hak Terlalu Tinggi

High heels memang akan menyokong diri menjadi tampak lebih kuat, percaya diri, dan profesional. Namun, sepatu dengna heels terlalu tinggi hanya akan membuat kamu terlihat berlebihan, terutama stiletto atau sepatu hak spiky. Pilihlah sepatu yang memang nyaman dipakai sehingga kamu terlihat pede, seperti flatshoes hitam polos atau sepatu berhak namun tidak perlu tinggi-tinggi.

3. Kombinasi Warna yang Bertabrakan

3. Kombinasi Warna yang Bertabrakan

Mengenakan setelan warna juga kita perlu perhatikan kombinasinya. Jika atasannya sudah memakai warna yang cerah, kamu dapat memakai bawahan yang berwarna netral. Sehingga masih enak untuk dilihat. Namun, sebaiknya kamu hanya menggunakan warna cerah pada setelan baju atau aksesoris secukupnya.

baca juga

4. Motif Berlebihan

4. Motif Berlebihan

Sama seperti warna, motif pakaian yang salah dan akan membuat nilai plus kamu berkurang. Motif yang dimaksud ini adalah polkadot, strip, dan printing yang terlalu ramai dan terlihat menggangu. Hal ini membuat seseorang memiliki opini yang negatif kepada kamu.

5. Jangan Pakai Warna Merah, Cokelat, dan Oranye

5. Jangan Pakai Warna Merah, Cokelat, dan Oranye

Tidak sampai situ, kamu juga harus menghindari tiga warna ini. Pertama, warna merah dianggap memberi kesan yang kuat pada pandangan pertama. Dan membuat pewawancara tidak suka karena dinilai terlalu provokatif, selain itu membuat kamu tidak terlihat kooperatif.

edua warna cokelat memang dapat memberikan kesan hangat dan kenyamanan. Tapi hal ini memberikan kesan tidak professional dan pewawancara akan beranggapan kamu tipikal orang yang enggak bisa tahan terhadap perubahan yang terjadi di tempat kerja.

Terakhir, oranye memberikan kesan kamu tidak percaya diri. Beautynesia menyarankan kamu agar lebih baik memilih warna baju hitam, navy, dan abu-abu.