Alas pelindung yang selalu kita pakai tiap hari ini mempunyai manfaat untuk melindungi kaki dari material berbahaya agar tidak terluka dan menjaga kaki dari sengatan panas matahari dan udara dingin. Tapi, bagaimana kalau sepatumu mengeluarkan bau tidak sedap?

Penyebab bau enggak sedap ini biasanya ditimbulkan oleh keringat yang dikeluarkan oleh kaki kita sendiri. Terkadang saat sudah dicuci, bau ini belum hilang sepenuhnya. Setelah itu, bakteri pada kulit akan makin banyak. Jika dibiarkan terus menerus, sepatu bau ini akan berdampak pada penampilan kamu. Selain dijauhi orang sekitar, hal ini akan merangsang penyakit kesehatan lain seperti jamur pada kaki. Kamu pasti enggak mau dong? Coba hilangkan bau sepatumu yuk!
 

1. Bubuk Kopi

1. Bubuk Kopi

Selain menghilangkan rasa kantuk, kopi dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau pada sepatumu. Pertama, pastikan sepatu bersih dan kering. Kemudian masukkan bubuk kopi ke dalam sepatu yang telah dibungkus tisu. Selain menggunakan tisu, kamu bisa membungkusnya dengan kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Diamkan bubuk kopi selama semalaman agar memberikan hasil yang maksimal.
 

baca juga

2. Baking soda

2. Baking soda

Selain digunakan untuk bahan campuran dalam pembuatan kopi, baking soda dapat kamu manfaatkan dalam menghilangkan bau. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk menyerap bau yang tidak sedap. Caranya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalam. Lalu esoknya, bersihkan dengan menggunakan sikat.
 

3. Masukkan Sepatu ke Dalam Kulkas

3. Masukkan Sepatu ke  Dalam Kulkas

Mungkin cara ini terdengar aneh, namun bisa menghilangkan bau sepatu kamu lho. Pertama, kamu harus meminta izin kepada semua orang di rumahmu. Agar mereka enggak kaget melihat sepatu mu saat membuka kulkas. Kemudian kamu bisa membungkus sepatu dengan kantong plastik sebelum dimasukkan.
 

baca juga

4. Spiritus

4. Spiritus

Barang ini kamu dapat kamu temukan di toko khusus yang menjual bahan kimia. Setelah kamu dapatkan, campur cairan spiritus dengan air, lalu semprotkan ke bagian dalam sepatu. Tujuannya agar bakteri yang ada pada sepatu akan mati.
 

5. Koran Bekas

5. Koran Bekas

Tujuannya agar menyerap bau tidak sedap pada sepatu. Caranya, pastikan sepatu dalam keadaan kering. Ambil koran bekas secukupnya, sekiranya dapat membungkus sepatumu. Lalu bungkus dengan rapat dan rapi. Jika perlu masukkan koran yang sudah diremas ke dalam sepatu dan simpan di tempat yang agak dingin selama semalam.
 

6. Cuka

6. Cuka

Cukup kamu tuangkan sedikit cuka ke dalam sepatu, kamu bisa melihat reaksinya dan biarkan selama 15 menit. Kemudian buang sisa air cuka dan bilas sepatumu dengan air biasa san keringkan sepatu hingga kering.
 

7. Kulit Jeruk

7. Kulit Jeruk

Saat kamu memakan jeruk, jangan membuangnya terlebih dulu. Karena kulit jeruk dapat menghilangkan bau tidak sedap pada sepatumu. Caranya mudah, hanya masukkan kulit tersebut ke dalam sepatu dan biarkan semalaman.
 

8. Minyak Atsiri

8. Minyak Atsiri

Merupakan minyak esensial yang bisa ditemukan dengan di pasar. Caranya teteskan minyak atsiri secukupnya ke dalam sepatu. Tambahkan beberapa lembar kertas agar mengunci bau minyak tersebut. Lalu, keluarkan kertas pada esok harinya.