Sepatu merupakan barang yang wajib dimiliki setiap orang. Bagaimana tidak? Selain dapat melindungi kakimu dari kotoran-kotoran, sepatu juga bisa membuat penampilan kamu jadi lebih menarik. Apalagi yang kamu punya adalah model sepatu terbaru. Wah, kamu tentunya makin percaya diri, ladies!

Tapi bagaimana nih kalau sepatumu tampak kotor karena banyak debu-debu dan noda yang menempel? Tentunya bikin penampilanmu kurang enak untuk dipandang, ya? Jangan khawatir, kamu bisa lakukan tips ini di rumah!

Gampang Banget! Begini Tips Mencuci Sepatu di Rumah
source: https://bustle.com/

Jenis sepatu yang berbeda tentu akan memiliki perbedaan dalam cara merawat dan mencucinya. Namun yang harus diingat, apapun jenis sepatunya, kamu perlu menggunakan sikat dengan bulu halus, ladies! Sikat dengan bulu halus tidak akan merusak bahan sepatumu. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan sikat gigi.
 

Mencuci Flat Shoes


Flat shoes memang merupakan salah satu pilihan yang mudah dan praktis karena modelnya yang slip-on! Selain itu flat shoes sangat mudah di-mix and match sesuai dengan pakaianmu. Saking praktisnya, kamu pun bisa memakai sepatu ini hampir setiap hari untuk berbagai kegiatan. Tak heran kalau sepatumu ini bisa mudah kotor. Ini beberapa tips membersihkan flat shoes cantikmu, sesuaikan dengan bahannya ya!

  • Bahan kain atau kanvas: bagian yang kotor disikat menggunakan sikat gigi dan deterjen cair. Deterjen cair ini bisa juga kamu ganti dengan baking soda, gunanya untuk mencegah warna sepatu yang mudah pudar. Setelah disikat, bilas dengan sedikit air, beri gumpalan kertas koran, dan jemur di tempat yang sejuk
  • Bahan kulit: bagian yang kotor bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat yang berbulu halus. Sikatlah dengan halus dan berlawanan dengan arah permukaan kulitnya. Setelah noda hilang, lap seluruh permukaan sepatu dengan lap kering. Untuk jenis sepatu kulit, kamu nggak perlu menggunakan deterjen atau baking soda.
  • Bahan suede: sebisa mungkin jangan kena dengan air. Bagian yang kotor cukup disikat dengan suede brush khusus, tanpa deterjen atau baking soda, kemudian finishing dengan menggunakan penghapus karet.
Dengan cara yang mudah, kamu bisa tampil cantik lagi dengan flat shoes kesayanganmu!
Mencuci Flat Shoes
source: https://pixabay.com/


 

baca juga

Mencuci Sepatu Olahraga


Sepatu olahraga memang hanya dipakai di kegiatan-kegiatan tertentu seperti kegiatan outdoor. Walaupun hanya dipakai di kegiatan tertentu, justru sepatu ini bisa lebih kotor daripada sepatumu yang lain! Dari mulai lumpur, tanah dan segala jenis kotoran bisa nempel di sepatumu yang ini. Lebih baik segera bersihkan dengan cara ini agar tidak menjadi sarang kuman.

1. Lepaskan dan bersihkan tali sepatu.
Lepaskan tali sepatu, dan dengan sikat yang diberi sabun, gosoklah tali sepatu dengan deterjen cair. Kemudian biarkan tali sepatu agar benar-benar mengering sebelum dipasang kembali. Jika kamu membersihkan dengan benar, tali sepatu bisa terlihat seperti baru lho!

2. Bersihkan sol bagian dalam
Dengan campuran air hangat dan sabun deterjen cair, gosoklah sol bagian dalam dengan sikat lembut atau kain lap. Kemudian serap air bersabun yang berlebih dengan spons dan biarkan agar benar-benar mengering sendiri sebelum dipasang kembali ke sepatu.

Mencuci Sepatu Olahraga

3. Gosok kotoran yang menempel
Dengan sikat berbulu halus, seperti sikat gigi, gosoklah kotoran berlebih pada bagian luar sepatu. Untuk hal ini, gosok dengan sedikit kuat ya, karena kotoran yang sudah mengering biasanya akan lebih sulit hilang.

4. Keringkan sepatu. 
Letakkan sepatu di tempat dengan cahaya yang cukup pada suhu ruangan untuk dikeringkan. Tipsnya adalah jangan jemur sepatu di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak sepatu. 
 

Mencuci Sepatu Kets


Mencuci sepatu kets favoritmu yang berbahan dasar kanvas tidak jauh berbeda dengan mencuci sepatu olahragamu. Bagian yang kotor dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan deterjen cair. Hanya saja, untuk sepatu kanvas, kamu bisa menyikatnya dengan lebih bertenaga karena bahan sepatu ini cukup tebal dan lebih kuat. Setelah bersih, bilas dengan menggunakan air mengalir Kemudian, masukkan gumpalan kertas koran dan jemur di tempat yang sejuk. 

Hal yang sering kamu lupakan soal sepatu kets adalah sol sepatunya. Kamu tentu tidak mau sol yang berwarna putih malah berubah menjadi kekuningan, kan? Maka, jangan lupa untuk sikat setiap bagian sol sepatumu.  

Mencuci Sepatu Kets

Tidak perlu biaya yang mahal kan dalam mencuci dan merawat sepatumu? Apabila kamu rajin dalam merawatnya, dijamin sepatu kamu pun akan awet menemani setiap langkah-langkahmu ke depan, Beautynesian!