Pisang menjadi salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sebab buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, apalagi di Indonesia buah yang kaya akan nutrisi ini sangat mudah sekali ditanam. Dari berbagai jenis pisang ternyata memiliki manfaat yang berbeda lho, Ladies. Nah, berikut ini manfaat pisang untuk tubuh berdasarkan jenisnya!

Pisang Raja

Pisang Raja

Pisang raja menjadi salah satu jenis pisang yang memiliki nutrisi paling tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam pisang raja ialah serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, filat, dan zat besi. Serta kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam pisang raja dapat melawan berbagai penyakit.

Selain itu, pisang raja juga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, meningkatkan energi tubuh, menguatkan tulang, mengurangi gangguan penglihatan, menurunkan hipertensi, mengurangi risiko batu ginjal, menyembuhkan maag, dan dapat mengatasi anemia.

baca juga

Pisang Kepok

Pisang Kepok

Pisang kepok menjadi salah satu jenis pisang yang paling banyak di konsumsi, sebab jenis pisang ini dapat dijadikan berbagai olahan makanan. Selain memiliki rasa yang enak pisang kepok juga memiliki kandungan nutrisi seperti kalori, vitamin B6, vitamin C, zat mangan, serat, dan kalium yang baik bagi kesehatan tubuh. Pisang kepok juga bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengatasi maag.

Pisang Susu

Pisang Susu

Pisang susu sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, sebab pisang susu mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan. Selain itu pisang susu juga dapat mengatasi rasa mual akibat mabuk. Namun pisang susu mengandung 85 – 100 kalori sehingga tidak boleh terlalu berlebihan mengonsumsinya.

baca juga

Pisang Tanduk

Pisang Tanduk

Pisang yang memiliki bentuk lebih panjang dibandingkan dengan jenis pisang lainnya ini kaya akan nutrisi seperti magnesium, folat, kalium, serat, zat besi, niacin, riboflavin, mangan, protein, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6. Dengan kandungan nutrisi tersebut pisang tanduk memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti dapat menjaga kesehatan ginjal, mengatasi sembelit, mengatasi diabetes, mengatasi peradangan. Dan kandungan zat besi yang terdapat dalan pisang tanduk dapat membantu menambah darah.

Pisang Ambon

Pisang Ambon

Pisang Ambon menjadi jenis pisang yang banyak dijual di pasaran dan memiliki ukuran yang lebih besar. Selain memiliki rasa yang enak pisang ambon juga kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, zat besi, lemak, serat, mineral, dan vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Selain itu pisang ambon juga dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Kamu bisa membuat masker pisang yang ditambah dengan madu lalu oleskan pada kulit wajah dan biarkan selama 20 menit lalu basuh dengan menggunakan air dingin kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan segar.