Konsep Pernikahan

Menikah dan berkeluarga sepertinya memang menjadi impian setiap pasangan. Ketika momen sakral tersebut tiba, tentunya tidak ada yang ingin merayakannya secara standar. Semua dilakukan untuk memastikan bahwa momen bersejarah tersebut menjadi momen yang tak akan terlupakan. Oleh sebab itu, setiap pasangan yang ingin menikah harus memikirkan konsep pernikahan yang paling sesuai. 

Konsep Pernikahan

Setiap orang yang memiliki dream wedding umumnya memiliki konsep untuk pernikahannya, dan itu semua bersifat optional, karena disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Umumnya, terdapat pilihan untuk konsep pernikahan, yakni pernikahan yang diadakan di rumah, di gedung, atau di kebun dengan menggunakan konsep garden party. Sebelum kamu menentukan konsep pernikahanmu, simak dulu yuk, plus-minus dari ketiga konsep pernikahan di atas!

Menikah di Gedung

Kalau konsep pernikahanmu adalah resepsi di gedung, maka kamu tidak perlu khawatir. Banyak gedung pertemuan maupun hotel yang menawarkan jasa wedding organizer untuk para calon mempelai. Konsep pernikahan ini juga membuatmu santai dalam mempersiapkan list tamu undangan, karena kapasitas ruangan yang disediakan oleh pihak gedung biasanya akan disesuaikan dengan banyaknya tamu yang akan kamu undang.

Kamu dan pasangan pun bisa bebas menentukan dekorasi pernikahan kalian karena ruangan yang luas ini. Poin plusnya lagi, jika kamu menikah di gedung, maka biaya yang kamu keluarkan adalah biaya pelaksanaan full sampai selesai, yang artinya kamu tidak perlu pusing memikirkan perabotan yang harus dibersihkan pasca pernikahan. Tamu-tamumu pun lebih leluasa untuk memarkir kendaraan karena lahan parkir yang disediakan oleh pihak gedung biasanya luas dan mudah dijangkau. 

Menikah di Gedung

Setelah poin plus, ada juga nih, poin minusnya. Yap, apalagi kalau bukan di biaya. Jika kamu berencana menikah di gedung, maka kamu harus siap-siap mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk menyewa ruangan. Belum lagi biaya dekorasi dan katering. Selain itu, jika menyelenggarakan pernikahan di gedung, kamu akan diberi pembatasan waktu dari pihak pengelola gedung. 
 

baca juga

Menikah di Rumah

Jika kamu dan pasangan ingin menyelenggarakan pernikahan di rumah, maka ini bisa sangat menekan biaya pengeluaran kalian, karena tidak perlu membayar untuk sewa tempat. Kamu hanya perlu menyewa tenda dan dekorasi, namun harganya relatif lebih murah dibandingkan kamu menyewa tempat di gedung pertemuan.

Selain itu, pesta pernikahanmu akan lebih fleksibel, karena tidak ada pembatasan waktu. Dengan menikah di rumah, kamu pun akan merasakan suasana yang lebih hommy, karena biasanya tidak hanya keluargamu yang repot, namun juga akan ada “bala bantuan” dari para tetangga! Hihi

Menikah di Rumah

Namun, kekurangan dari konsep ini adalah kamu harus memiliki tenaga ekstra untuk membersihkan rumah pasca pernikahan. Selain itu, jika menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah, biasanya para tamu undangan akan bingung memarkir kendaraan karena minim lahan parkir.

Kesulitan tempat ini juga akan menyulitkan aktivitas para tetangga sekitar rumahmu. Terakhir, jika kamu sampai skip mengurus perizinan kepada RT dan RW di lingkungan rumahmu, bisa saja kamu ditegur secara tertulis karena dianggap mengganggu ketenangan. 
 

Garden Party

Ini dia nih, konsep pernikahan yang disukai para milenials: garden party! Untuk kamu yang suka dengan kegiatan outdoor, konsep ini wajib kamu coba. Dengan menyelenggarakan pesta pernikahan di lahan terbuka, maka kamu dan pasangan bisa sedikit lebih berhemat di bagian dekorasi.

Hal ini karena dekorasi pernikahanmu sudah terbantu dengan asrinya pepohonan dan tanaman yang menjadi inti dari konsep garden party. Lahan terbuka juga membuat mempelai dan para tamu lebih leluasa bergerak selama pesta. Suasana pun akan lebih cair, bukan? 

Garden Party

Kekurangan dari konsep garden party adalah tidak bisa menampung banyak tamu undangan. Umumnya, beberapa tempat yang menawarkan konsep pernikahan ini hanya bisa menampung tidak lebih dari 100 orang. Lalu, kamu harus menambah biaya lagi untuk akomodasi pihak keluarga, karena venue konsep ini tidak sama dengan hotel.