Pernikahan adalah momen yang tepat untuk membagi kebahagiaan. Setuju, nggak? Selain menyediakan jamuan OK, pesta pernikahan yang penuh kesan, ada satu lagi cara yang bisa kita gunakan untuk membagi kebahagian.

Ya, souvenir pernikahan! souvenir pernikahan dapat menjadi sesuatu yang memorable, tanda terima kasih sekaligus kenang-kenangan dari pasangan pengantin untuk tamu undangan. Namun, tidak melulu dalam bentuk benda, nih, Ladies. souvenir pernikahan bisa juga berupa tanaman, lho.

So, aksi kampanye peduli lingkungan dengan membagikan benih hingga bibit tanaman sebagai souvenir sebenarnya sudah bukan hal yang baru. Tren ini bahkan sudah ada beberapa tahun belakangan. Siapapun calon pengantin yang memilih benih atau bibit tanaman sebagai souvenir patut diapresiasi, karena langkah ini menjadi salah satu upaya untuk membantu menghijaukan bumi.

Bingung mau memberikan tanaman sebagai souvenir? Nih, 5 tanaman bisa jadi souvenir pernikahan!

1. Mistletoe Cactus

succulentsandsunshineption.com

Kaktus merupakan tanaman yang punya daya tahan cukup kuat terhadap paparan terik matahari dan tidak memerlukan terlalu banyak air. Mistletoe Cactus dari spesies rhipsalis ini salah satunya. Tumbuhan cocok banget hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi.
 
Malahan, mistletoe cactus ini bisa hidup di dalam ruangan. Perawatannya pun tidak sulit, tinggal siram kaktus saat pot kering, kemudian beri pupuk NPK daun sebulan sekali. Dengan begitu tamu yang membawa pulang dapat meletakkan Mistletoe Cactus di atas meja kerjanya.

baca juga

2. Bambu Hoki

easternleaf.com

Kalau belum pernah dengar Bambu hoki, mungkin kamu pernah dengar nama bambu jepang atau bambu cina? Tanaman ini merupakan tanaman asal Cina yang dipercaya membawa keberuntungan kalau kita dapatkan sebagai hadiah.Karena kepercayan itu, tidak jarang bambu hoki akhirnya dijadikan souvenir pernikahan agar tamu yang membawa pulang souvenir ini akan memperoleh keberuntungan.
 
Walau dinamakan bambu, tanaman ini sebenarnya masuk ke spesies Dracaena Sanderiana. Untuk menanamnya pun ada dua jenis, melalui cara hidroponik (menggunakan media air) atau menggunakan media tanah.

Nah, karena Bambu hoki tidak menyukai terlalu banyak sinar matahari, tanaman yang dipercaya masyarakat Cina dapat mendatangkan chi atau energi positif ini, cocok menghiasi ruang kantor. Tetapi perlu diwaspadai, daunnya memiliki kandungan racun dalam kadar ringan sehingga bagi yang ingin merawatnya penting menghindarinya dari jangkauan anak-anak.

3. Sansevieria

modandmint.com

Sansevieria, atau lidah mertua, biasanya dijadikan souvenir dalam keadaan masih berupa bibit yang masih kecil. Sansevieria memiliki daun yang berwarna beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning.

Selain bagus untuk memperindah ruangan, tanaman ini juga sangat baik untuk kesehatan saluran pernafasan kita, lho. Sebab, saat tumbuh tinggi, tanaman sansevieria bisa menjadi penyerap polusi udara

baca juga

4. Anthurium

goodsgntion.com

Tanaman anthurium, dengan bunga dan daun hijaunya yang cantik, bisa menjadi pilihan favorit untuk dijadikan souvenir pernikahan. Biasanya bibit anthurium dipilih saat masih mungil untuk diletakkan dalam pot kecil.

Nantinya, lama-kelamaan tanaman anthurium akan tumbuh membesar yang kemudian dapati dipindahkan ke pot yang lebih besar untuk dijadikan pajangan di teras rumah. Anthurium ini memiliki arti sebagai pembawa kejayaandan keanggunan, lho. Hal ini bisa menjadi perlambang cintamu dan pasangan yang kokoh dan abadi. 

4. Adenium

logeesn.com

Terakhir ada Adenium, atau kamboja Jepang, juga bisa menjadi pilihan kamu untuk dijadikan souvenir pernikahan. Warnanya yang cantik, dan bentuknya yang bermacam-macam, membuat adenium banyak digemari orang. Tanaman ini juga bisa dibentuk menjadi bonsai atau tanaman yang dikerdilkan. Arti dari adenium adalah keabadian, jadi bunga ini dipercaya akan membawa hoki untuk rumah tangga kita, Ladies.