Bagi sepasang kekasih yang baru menikah dan sudah sah menjadi pasangan suami istri, kehidupan pernikahan menjadi hal baru yang menyenangkan dan juga menegangkan. Suka dan duka pasti ada dalam sebuah pernikahan, tinggal bagaimana pasangan tersebut menjalaninya. Namun, tak jarang ditemukan yang awalnya berjanji untuk hidup bersama sehidup semati tetapi bercerai.

Untuk mewujudkan pernikahan yang langgeng dan bahagia dibutuhkan effort dari masing-masing pasangan. Inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mewujudkan kehidupan pernikahan yang langgeng dan bahagia.
 

Jadikan Pasangan sebagai Sahabat Selamanya

Jadikan Pasangan sebagai Sahabat Selamanya

Dalam suatu pernikahan, mengembangkan persahabatan dengan pasangan hidup kamu bisa menjadi dasar pernikahan yang hebat. Tetapi hal ini tidak mudah diterapkan, tidak hanya wanita sebagian pria pun juga tidak mau menjadikan pasangannya sebagai sahabat seakan-akan persahabatan dan keromantisan tidak dapat disatukan.

Menurut Deny Hen MM CLC, founder dari ‘Pemebelajaran Hidup’ dan juga life and marriage coach, “Padahal penelitian menunjukkan pernikahan yang awet adalah pernikahan di mana seseorang bisa menjadikan pasangan sebagai sahabatnya," ujarnya.
 

baca juga

Ungkapkan Apresiasi untuk Pasangan

Ungkapkan Apresiasi untuk Pasangan

Memberikan pujian kepada pasangan merupakan suatu hal yang mudah, tapi kebanyakan pasangan sering lupa melakukan atau bahkan mengabaikannya. Dalam sebuah pernikahan, setidaknya pasangan memiliki waktu untuk menyenangkannya setidaknya 20 kali, seperti selalu saling tersenyum, memeluk atau hanya saling melihat, mudah bukan?

Setidaknya, berikan juga pujian kepada pasangan kamu sebanyak 3 kali dalam sehari. Jangan hanya mengatakan “Kamu ayah yang hebat”, tetapi juga harus dijelaskan secara spesifik, seperti “Kamu sangat sabar saat mengajarinya belajar, mungkin aku saja tidak sesabar itu, kamu benar-benar ayah yang hebat”.
 

Tunjukkan Cinta Walau dengan Hal-hal Kecil

Tunjukkan Cinta Walau dengan Hal-hal Kecil

Cinta merupakan fondasi utama yang wajib dimiliki oleh pasangan dalam membangun kehidupan berumah tangga agar tetap harmonis dan romantis. Tidak selalu harus mengatakan “I love you”, dengan perlakuan-perlakuan kecil juga sudah menunjukkan rasa cinta terhadap satu sama lain. Seperti melakukan morning kiss, kejutan-kejutan kecil, sudden hug, rasa khawatir satu sama lain, perhatian dan masih banyak lagi hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kamu pada pasangan.
 

baca juga

Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Dalam istilah Bahasa Inggris ada yang mengatakan “Couple who play together stay together”. Meskipun saat ini kamu sudah menikah, tidak ada salahnya kok bersenang-senang layaknya masih berpacaran. Dengan melakukan kegiatan menyenangkan bersama itu bisa membantu menjaga kehidupan rumah tangga yang harmonis dan bahagia.

Kegiatan yang bisa dilakukan itu seperti movie marathon, date night, memasak, membersihkan rumah dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama pasangan. Kalian bisa menghabiskan waktu berdua sebelum memiliki anak dan kegiatan menyenangkan tersebut bisa menjadi kenangan indah untuk kamu dan pasangan.
 

Saling Menerima Apa Adanya

Saling Menerima Apa Adanya

Ini salah satu tips penting dalam kehidupan saat sudah menikah. Tidak ada manusia yang sempurna, tetapi Tuhan menciptakan pasangan untuk saling melengkapi kekurangan kamu. Dalam kehidupan pernikahan saling menerima apa adanya, saling memaafkan, serta saling melengkapi adalah tips paling jitu.
 

Komitmen

Komitmen

Masih ingat dengan janji masing-masing saat kamu dan pasangan menikah? Sebagian pasangan pastinya mengucapkan janji-janji itu dengan kesungguhan. Sayangnya janji yang diucapkan tidak selalu dijalankan. Tidak jarang kata-kata itu dianggap sebagai slogan atau formalitas yang dapat dilanggar begitu saja saat salah satu pihak tidak lagi berkenan dengan pasangan.
 
"Untuk menghangatkan hubungan kembali sambil mengingat janji pernikahan kita, coba deh komunikasi 15 menit sehari sama pasangan, nggak perlu lama-lama. Pelukan 3 kali sehari atau lainnya. Begini, adanya anak akan menambah kompleksitas pernikahan karena itu kita harus pintar-pintar cari waktu dengan pasangan," ungkap Deny Hen MM CLC, founder dari ‘Pemebelajaran Hidup’ dan juga life and marriage coach.
 

Komunikasi

Komunikasi

Tips terakhir adalah komunikasi. Komunikasi dalam sebuah pernikahan merupakan cara untuk mempererat ikatan pernikahan. Suatu komunikasi yang baik saat kamu menjadi pendengar yang baik untuk pasangan maupun sebaliknya. Dengan menjadi pendengar yang baik dan kemudian merespon bahwa kamu mengerti maksud dari pasangan. Dari situlah awal terjalinnya komunikasi yang sehat, dan ingat yah jangan semata ingin didengarkan saja!
 

Tips-tips di atas hanya beberapa dari sekian banyak hal yang dapat membuat pernikahan kamu bahagia. Pada akhirnya, semua kembali ke masing-masing pasangan untuk mau dan tetap menjaga janji suci pernikahan.