Batik saat ini telah menjadi outfit yang wajib dimiliki kaum wanita, termasuk generasi milenal. Batik tak lagi terkesan hanya digunakan orang tua atau orang dewasa. Kini banyak generasi milenial mulai mengenakan outfit ini, baik untuk acara formal maupun santai. Mereka tetap fashionable dengan batik. 

Setidaknya, kamu mempunyai dua outfit batik dalam lemari pakaianmu. Bisa itu berupa atasan, seperti kemeja dan blousedress, outer, dan bawahan, seperti celana atau rok. Selain itu, batik juga tidak sulit dipadupadankan dengan outfit dan alas kaki apa pun, salah satunya sneaker.

Perpaduan batik dengan sneaker ini tidak hanya memberikan kesan kasual dan sporty, tapi juga membuat penampilan lebih muda dan fashionable. Nah, berikut ini mix and match batik dengan sneaker yang bisa kamu coba. 

Dress Batik dan Sneaker

Dress Batik dan Sneaker

Ini merupakan perpaduan yang ciamik. Kamu bisa mengenakan dress batik, entah itu mini dress, mid dress, maupun long dress, dengan sneaker yang kamu punya. Sebelum mengenakannya, kamu perlu memperhatikan motif, model, dan warna batik dengan sneaker yang akan digunakan agar tidak menimbulkan kesan maksa atau salah kostum (saltum).

Pilih corak dan model batik yang menarik dan kekinian. Pilih pula batik yang tidak terlalu banyak warna atau sebaiknya hanya satu warna. Misalnya, coklat atau hitam. Jika ingin warna cerah, kamu bisa memilih pink, merah, atau biru.

Kemudian pilih sneaker yang tidak tidak banyak motif dan satu warna. Pilih warna yang tidak mencolok, seperti putih, hitam, navy blue, atau army. Sebab, sneaker dengan warna mencolok atau dua warna bisa memberikan kesan norak, yang akhirnya membuat orang lebih memperhatikan ke sneaker kamu ketimbang penampilanmu secara menyeluruh.

Tampilan dress batik dan sneaker bisa kamu pakai ke acara resepsi pernikahan, kantor, hangout ke mall, bahkan acara formal sekali pun. 

baca juga

Atasan Batik dengan Sneaker

Atasan Batik dengan Sneaker

Kebanyakan orang mengenakan atasan batik dengan high heels, flat shoes, atau wedges. Padahal, atasan batik, baik itu kemeja maupun blouse, juga cocok dipasangkan dengan sneaker. Dijamin mix and match ini enggak akan membuat penampilan kamu terlihat aneh.

Pilih atasan batik dengan corak yang tidak terlalu banyak. Kemudian pilihan bawahan, baik itu celana bahan atau rok polos dengan warna yang kalem, misalnya, hitam, putih, beige, navy blue, dan cream. Kamu bisa mengenakan atasan dengan memasukannya ke celana atau rok gar terkesan rapi. Atau mengeluarkannya untuk kesan santai. 

Kemudian pilih sneaker yang tidak terlalu banyak motif. Kamu bisa memilih warna yang terang, tapi tidak terlalu mencolok. Amannya warna monochrome, putih dan hitam, atau sesuai dengan atasan batik yang dikenakan. 

Outer Batik dan Sneaker

Outer Batik dan Sneaker

Sama dengan kemeja dan blouse batik, outer bemotif batik juga bisa dikenakan bersama sneaker. Sebelum memilih outer batik yang dikenakan, pilih dulu atasan yang cocok untuk menjadi dalaman agar penampilanmu tidak menabrak. 

Kamu bisa mengenakan atasan berupa blouse atau tanktop polos dengan warna monochrome agar aman disesuaikan dengan outer yang dikenakan. Untuk bawahan, kamu bisa menggunakan celana bahan polos atau rok untuk kesan formal. Sementara untuk kesan santai, kamu bisa memilih bawahan jeans.

Pilih warna bawahan yang sesuai dengan atasan. Misalnya, jika atasan putih, kamu bisa memilih celana hitam atau warna gelap dan sebaliknya atau bisa pula kamu mengenakan celana dengan warna senada dengan atasan, yaitu putih dan putih atau hitam dan hitam.

Dengan demikian, kamu bisa bebas mengenakan outer batik dengan corak, model, dan warna apa pun. Untuk membuat penampilanmu semakin menarik dan fashionable, pilih sneaker dengan warna yang aman, seperti putih dan hitam. Jangan menggunakan sneaker dengan banyak motif karena akan menurunkan kemenarikan penampilanmu. 

baca juga

Bawahan Batik dengan Sneaker

Bawahan Batik dengan Sneaker

Siapa bilang memakai bawahan atik, seperti rok atau celana, tidak bisa dipadukan dengan sneaker? Ini tak kalah menarik dengan outfit lainnya. Cara memadukannya hampir sama dengan outer batik.

Sebelum menentukan corak dan model bawahan batik apa yang dikenakan, pilih atasan polos atau sedikit ada pearl di bagian leher atau dada, baik itu blouse, kemeja, atau kaus. Pilih warna yang sesuai dengan warna batik atau motif batik. Amannya sih pilih warna monochrome, yakni putih atau hitam agar lebih mudah dicocokan dengan bawahan batik yang dikenakan. Pilih motif batik yang tidak ramai dan satu warna. 

Untuk sneaker, kamu juga bisa memilih warna gelap atau terang, tapi tidak terlalu mencolok ya, seperti putih, pink, merah, atau cream