Batik kini telah menjadi outfit yang dapat digunakan dalam suasana dan kegiatan apapun. Ditambah lagi, motif dan desain batik saat ini sangat beragam, fashionable, dan terus mengikuti perkembangan zaman, sehingga dapat dengan mudah dipadupadankan dengan outfit lainnya serta dikenakan segala usia. 

Setelah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada 2 Oktober 2009, kita semakin bangga mengenakan batik. Memperingati hari batik nasional kali ini, mungkin kamu ingin menambah koleksi batik yang dimiliki. Nah, jika kamu ingin belanja batik dengan desain menarik dan harga terjangkau, berikut ini empat lokasi berburu batik cantik dan murah di Jakarta.  

1. Thamrin City

1. Thamrin City

Thamrin City sudah tak asing lagi bagi pencinta batik di Ibu Kota. Bisa dibilang Thamrin City adalah pusat batik di Jakarta. Berlokasi di Jakarta Pusat, Thamrin City menjual berbagai jenis, motif, dan model batik, dari atasan, kain, gaun batik, celana, dan sebagainya. Bahkan beragam jenis batik Nusantara dapat ditemui di tempat ini. 

Tak hanya batik untuk perempuan, di tempat ini juga dijual batik untuk laki-laki dan anak-anak. Semua barang di tempat ini bisa dibeli satuan maupun dalam jumlah besar.

Soal harga, kamu tak perlu khawatir. Harga di tempat ini bervariatif, tergantung jenis dan model batik. Namun, yang pasti harganya tidak bikin kantong bolong dan kamu juga bisa menawarnya. Semakin kamu membeli banyak, semakin murah harganya. Thamrin City buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00. 

baca juga

2. Pasar Tanah Abang

2. Pasar Tanah Abang

Sebagai pusat grosir terbesar se-Asia Tenggara, tentu di Pasar Tanah Abang juga terdapat batik. Berjarak hanya satu kilometer dari Thamrin City, batik-batik yang dijual di sini hampir sama dengan di Thamrin City meski harganya lebih murah. Harga dipatok dari Rp35 ribu hingga ratusan ribu. Pasar Tanah Abang buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00. 

3. ITC Cempaka Mas

3. ITC Cempaka Mas

Pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Pusat ini juga merupakan pilihan tepat untuk berburu batik. Motif dan model yang dijual tak kalah menarik dari di Thamrin City dan Tanah Abang. Lokasi penjualan batik berada di lantai lima. Harga-harga di tempat ini sedikit lebih mahal dibanding di Thamrin City dan Tanah Abang, tapi tenang masih dapat dijangkau kok. ITC Cempaka Mas buka pukul 10.00 hingga 22.00. 

baca juga

4. Blok M Square

4. Blok M Square
source: https://toko-batik-nana-karlina-blok-m-square.business.site/

Toko batik di Blok M Square berada di lantai ground. Harganya cukup terjangkau. Dengan merogoh kocek Rp100 ribu, kamu bisa mendapat sebuah atasan batik yang cantik. Itu pun bisa kamu dapat lebih murah asal pandai menawarnya. Pusat perbelanjaan yang berada di kawasan strategis Ibu Kota, mulai beroperasi pukul 09.30 hingga 20.30. 

Tidak hanya dapat dijangkau dengan Transjakarta atau angkutan umum, kini menuju Blok M Square bisa menggunakan moda transportasi massal, yakni MRT. Blok M Square terletak tak jauh dari terminal Blok M dan Stasiun MRT Blok M. Kamu cukup berjalan kaki kurang-lebih lima menit untuk sampai ke tujuan.