Batik memang tak bisa lepas dengan Indonesia. Sebagai salah satu warisan budaya yang sudah diakui dimata dunia, batik harus dan wajib dilestarikan. Banyak designer Indonesia yang mengusung tema batik untuk dijadikan karya. Sehingga dunia internasional juga semakin mengenal batik.

Dulu batik memang identik dengan orang tua, jadul, atau kurang trendi. Namun jangan salah, sekarang Beautynesian juga bisa menggunakan batik diberbagai acara formal atau semi formal seperti saat kondangan. Kamu tak perlu khawatir terlihat norak karena saat ini banyak model pakaian dari kain batik yang juga sesuai dengan model anak muda yang stylist dan simple.

Tanggal 2 Oktober menjadi Hari Batik Nasional setelah UNESCO meresmikan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Pastinya, di hari itu hampir semua orang akan menggunakan batiknya. Banyak artis, seniman juga mengunakan baju batik. Bukan hanya artis Indonesia saja, artis kelas internasional juga pernah beberapa kali tertangkap kamera menggunakan baju batik.

Ladies, ini dia beberapa tampilan artis internasional, yang bisa jadi inspirasimu yang bingung mau mix and match batikmu.

Heidi Klum

Heidi Klum
source: https://harpersbazaar.com

Model, aktris, dan designer ini beberapa kali terlihat menggunakan outfit batik. Seperti yang pada gambar, Heidi Klum menggunakan mini dress batik dengan model yang sangat simple. Dengan sedikit tambahan kalung dan sandal, tampilan Heidi Klum masih terlihat menawan.
 

baca juga
Heidi Klum
source: https://glamour.com

Di lain kesempatan, Heidi Klum juga terlihat menggunakan jumpsuit berbahan batik. Pola batik pada jumpsuit ini sangat terlihat ke Indonesiaannya. Dipadukan dengan high heels warna senada, tampilan Heidi menjadi lebih elegan. Outfit ini bisa jadi inspirasi Ladies yang ingin ke acara semi formal seperti acara kantor atau kondangan, tanpa perlu ribet.
 

Paris Hilton

Paris Hilton
source: https://pinterest.com
Dress yang digunakan Paris Hilton ini terdiri dari 2 kain corak batik. Long dress tanpa lengan ini sangat pas digunakan saat ke pantai. Jadi buat Ladies, ini bisa jadi rekomendasi kamu yang ingin ke pantai dan tetap stylist dengan batik. Pastikan bahan yang digunakan juga yang loose dan tidak terlalu tebal ya. Karena kenyamanan pakaian juga sangat penting.
baca juga

Liliy Collins

Liliy Collins
source: https://pinterest.com

Artis pemeran Mirror Mirror ini terlihat sangat santai dengan balutan mini dress batik ini. Pola kain batik yang digunakan Liliy ini sangat khas kain batik dari daerah Jawa yang polanya lebih abstrak dan memiliki banyak element.

Meskipun begitu, tampilan Liliy saat menggunakan mini dress ini terkesan simple hanya dengan tambahan flat shoes. Nyaman dan terlihat tetap stylist. Outfit ini bisa menjadi alternatif Ladies saat ada acara siang hari, atau sekedar jalan jalan santai. Ladies juga bisa mix and match batik model ini dengan outer atau cardigan.
 

James Bay

James Bay
Baru- baru ini, saat manggung di acara We The Fest 2018, musisi internasional James Bay juga menggunakan baju batik. Tampilan James Bay tidak terlihat formal sama sekali. Ini bisa jadi alternatif para cowok yang ingin menggunakan batik, tapi tidak terlihat formal seperti saat kondangan. Kamu juga bisa memadukan baju batikmu dengan celana jeans dan sepatu sneakers, jadi masih bisa stylist kan.
 

Adele

Adele
Artis internasional lain yang pernah terlihat menggunakan batik adalah Adele. Penyanyi Some One Like You ini menggunakan batik bermodel tunik lengan panjang. Model tunik tidak memiliki banyak variasi, tapi pola batik yang beragam sudah membuat tampilan Adele tidak terlihat monoton.
 
Banyak sekali pola batik yang ada. Banyak juga jenis pakaian yang dibuat dari kain batik. Bukan hanya bisa digunakan saat acara formal saja, tapi juga untuk jalan-jalan atau hanya sekadar bersantai. Untuk Beautynesian, mungkin perlu mix and match batik dengan aksesoris atau fashion item kekinian seperti jeans, sneakers atau high heels. Jadi tampilan tetep kece, dan kita juga ikut melestarikan budaya Indonesia. So Ladies, Selamat Hari Batik!