Menikmati potensi wisata dan belajar budaya di negara orang pastinya jadi hal yang seru. Semua bisa menyicipinya, termasuk traveler muslim. Kalau dilihat dari aliran wisatawan muslim dunia, pertumbuhannya meningkat sangat siginifikan.

Hal ini juga ditopang oleh populasi muslim di dunia yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Pew Reseach Center’s Forum on Religion and Public Life memprediksi, populasinya akan melesat hingga sebanyak 2,2 miliar orang pada tahun 2030 mendatang.

Terlebih lagi, jumlah masyarakat muslim dunia yang gemar menjelajahi negara luar diperkirakan juga meningkat. Mengutip dari data yang dikeluarkan oleh Master Card Crescent Rating Muslim Shopping Travel Index tahun 2017, jumlah muslim yang berwisata pada 2016 mencapai 121 juta.

Jumlah itu tumbuh sebesar 3,3% dari angka sebelumnya yang hanya sebanyak 117 juta. Diperkirakan pada tahun 2020, jumlah wisatawan muslim akan menembus angka 168 juta orang.
Tapi yang pasti, perjalanan para traveler tidak sekadar berwisata dan swafoto, belajar budaya, maupun bepergian karena bekerja, tetapi juga bisa menyicipi makanan-makanan lezat khas setempat.

Tentunya bagi traveler muslim memiliki beberapa daftar makanan sendiri yang tak boleh bertentangan dengan ajaran agamanya alias halal. Tenang aja, tak semua bahan makanan di negara orang itu terbuat dari daging atau bahan yang bertentangan dengan syarat halal. Berikut beberepa rekomendasi negara-negara yang menyediakan tempat makanan halal.


 

1. Tokyo (Jepang)

Jika pergi ke Negeri Matahari Terbit ini, kamu bisa menyambangi La Touque Restaurant. Salah satu restoran halal yang menyediakan Japanese curry atau kari khas Jepang. Lokasinya berada di Narita Airport Terminal 2, Main Building, 4th Floor.
 

1. Tokyo (Jepang)

Restoran halal ini menyajikan beragam pilihan kari khas Jepang yang banyak disukai oleh para wisatawan asing. Orang-orang Jepang juga banyak yang datang ke restoran di bandara internasional tersebut.

 

baca juga

2. Seoul (Korea Selatan)

Kemudian negara Asia Timur lainnya, Korea Selatan, menyediakan restoran halal yang bisa ditemui di Itaewon, yakni Muree Korean Muslim Food. Letaknya dekat sekali dari Masjid Seoul. Cafe ini milik seorang pria yang berasal dari Timur dan juga seorang wanita asli Korea. Jadi, makanan yang disajikan adalah menu-menu campuran antara kuliner khas dari Timur dan Korea. Kalian bisa mencicipi nasi biryani, roti prata, kari ayam, dan lain sebagainya.

2. Seoul (Korea Selatan)

Nah, menu khas dari Korea juga tersedia seperti Bibimbap, Galbi Tangm Bulgogi, dan lain sebagainya. Samgyetang juga bisa kamu jadikan opsi. Samgyetang merupakan sup ayam utuh yang dimasak selama 3 jam. Ayamnya sendiri sengaja tidak dipotong karena dalam perut ayam dimasukkan beberapa bahan seperti ginseng, biji jujuba, beras ketan, bawang putih, dan bisa juga ditambah ramuan obat tradisional.

Biasanya orang Korea memakan Samgyetang pada saat musim panas untuk memulihkan tenaga dan melawan hawa panas.

 

3. Sydney (Australia)

Alice’s Makan adalah salah satu restoran Malaysia yang berlabel halal di Sydney. Restoran ini berlokasi di 580 George St Sydney 2000 dengan jam buka hari Senin hingga Jum’at dari jam 9.30 pagi hingga jam 19.00 malam.
 

3. Sydney (Australia)

Kisaran harga per-orang sudah termasuk minuman sekitar $10 – $20 saja. Kalian bisa menemukan beberapa jenis makanan-makanan khas Malaysia di sini seperti nasi lemak, kue lobak goreng, nasi ayam saus bumbu jahe atau kari ayam.


 

baca juga

4. London (Inggris)

Benua Eropa pun serupa. Kalau melawat ke Greenwich, Jimmy’s Restaurant ini bisa menjadi opsi untuk dicicipi. Traveler bisa di North Greenwich Underground Station, lalu keluar dari Underground station masuk ke The O2 Stadium, karena Jimmy’s Restauran ada di dalam The O2 Stadium.
 

4. London (Inggris)

Jimmy’s Restaurant menyediakan bermacam-macam makanan dari seluruh dunia, bahkan bisa menemukan kuliner khas Madura seperti sate ayam yang pastinya halal.

 

5. Paris (Prancis)

Le Petit Gourmet, menyediakan kuliner nikmat dan lezat khas Prancis yang halal. Menu berbahan ikan, ditambah dengan salad serta daging diolah menjadi sajian yang sangat lezat. Sajian dessert-nya juga dibuat secara home-made.
 

5. Paris (Prancis)

Lokasinya sangat strategis berada di 39 rue du Faubourg Montmartre 75009 Paris.

 

6. New York (Amerika Serikat)

Sementara di Amerika Serikat, punya The Halal Guys. Pada awalnya, The Halal Guys merupakan nama truk makanan atau kerap dikenal dengan food truck, yang menyediakan makanan-makanan halal. Karena populer dan respon positif warga Amerika terhadap The Halal Guys, kini mereka sampai dapat memiliki restoran sendiri.

6. New York (Amerika Serikat)

The Halal Guys menyajikan berbagai jenis kuliner bernuansa Timur Tengah yang dimodifikasi menjadi makanan ala restoran. Tidak begitu banyak perubahan yang dimiliki The Halal Guys versi restoran dengan versi originalnya yaitu truk makanan.

The Halal Guys sama sekali tidak menggunakan bahan kuliner menggunakan alkohol, baik sebagai minuman maupun campuran dalam makanan. Buka dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 04.00 dini hari waktu setempat.

Nah, jadi jangan ragu dan khawatir ya bepergian menjelajahi dunia.