Biaya untuk pernikahan yang tak sedikit harus membuat calon pasangan pengantin memutar otak. Untuk kamu yang ingin menghemat dana pernikahan, kamu bisa baca ulasan Beautynesia.id tentang inspirasi dan tips tampilan Make up pernikahan tanpa Make Up Artis (MUA).

Berikut adalah inspirasi dan tips Make up Pengantin tanpa MUA!
 

1. Persiapkan Alat Make Up Dasar untuk Rias Pengantin

1. Persiapkan Alat Make Up Dasar untuk Rias Pengantin

Peralatan yang kamu perlukan untuk memulai make up pengantinmu adalah foundation, concealer, highlighter, eyeshadow, eyeliner dan lipstick matte. Meski kamu make up tanpa MUA, dan perlengkapanmu tidak selengkap mereka, kamu bisa meminimalisir alat make up yang harus kamu gunakan sesuai saran diatas.

Tentu yang lain juga akan kamu perlukan, tapi peralatan diatas adalah ­main­-cast untuk riasan pengantimu. Terutama base yang bagus akan menjadi hal yang paling harus kamu perhatikan. Karena kanvas yang cantik tentu akan membuat lukisanmu di wajah akan tampak lebih baik dan Indah.
 

baca juga

2. Lakukan Make Up Hack

2. Lakukan Make Up Hack

Make up hack sangat diperlukan untuk mendapat hasil luar biasa dengan alat terbatas dan mudah didapatkan disekitar kita. Alat yang sering digunakan untuk make up hack biasanya sendok plastik, eyeliner pensil yang dibakar, tisu, eyelash curler dan bedak tabur.

Contoh make up hack yang bisa dilakukan adalah eyeliner pensil yang dibakar bisa digunakan sebagai eyeliner gel. Kemudian lipstick yang menjadi lebih awet dengan bibir yang ditutupi tisu kemudian bedak tabur dipoles menggunakan brush. Untuk blush on kamu bisa gunakan lipstick matte, atau highlighter yang bisa kamu gunakan untuk membuat kelopak matamu bersinar dengan glitter yang cantik.
 

3. Pilih Tema Make up Sesuai dengan Waktu dan Tempat Resepsi Pernikahan

3. Pilih Tema Make up Sesuai dengan Waktu dan Tempat Resepsi Pernikahan

Tanpa MUA, kamu juga harus memastikan sendiri kecocokan make up-mu. Untuk memilihnya, kamu harus pastikan dulu waktu kamu resepsi akan dilakukan kapan dan dimana. Setelah ditentukan dengan pasti, kamu bisa memilih tema make up agar sesuai.
Jika kamu menikah di luar dengan tema ­wedding garden, dan pemilihan waktu di siang hari saat musim panas, maka pilihlah tema make up yang natural. Pilih shade dan tone yang hangat.

Dengan begitu, make up kamu akan terlihat flawless. Sebagai pengantin kamu akan menjadi bintang utama, seperti seorang puteri di kerajaannya.
Sebaliknya, jika acaramu diadakan saat malam hari di sebuah gedung tengah kota kamu bisa gunakan shade dan tone yang dingin dan kuat. Sehingga keberadaanmu akan mendominasi. Kamu akan jadi Ratu di malam itu dengan tampilan kuat dan percaya dirimu.
 

baca juga

5. Sesuaikan Baju Pengantin dengan Riasanmu

5. Sesuaikan Baju Pengantin dengan Riasanmu

Biasanya MUA, dekorasi, dan baju pengantin akan dipesan satu set. Tapi karena kamu akan melakukan make up pengantinmu sendiri maka pilihlah make up dan baju pengantinnya dengan hati-hati. Baju berwarna peach sebaiknya tidak kamu satukan dengan lipstick warna merah terang, atau baju resepsi berwarna abu kamu satukan dengan warna nude yang membuat dirimu akan terlihat semakin pucat.

Untuk baju pengantin berwarna putih saat akad, kamu hanya perlu memilih tone/shade hangat atau dingin sesuai akad akan dilaksanakan kapan dan dimana. Warna baju akad yang netral akan sesuai baik dengan shade/tone hangat maupun dingin, tinggal memilih shade make up-mu.
Sedangkan saat resepsi, tergantung dari warna apa yang kamu pilih. Untuk warna cerah seperti pink, kuning, atau biru langit warna lipstick seperti coral dan salem akan membuat tampilan flawless yang lembut. Sedangkan warna baju pengantin, yang kuat seperti hitam, navy, dan coklat tua akan sesuai dengan lipstick merah maroon atau ungu.

Jika pilihanmu adalah baju pengantin berwarna cream, putih gading, atau abu-abu, warnai bibirmu dengan warna yang feminime seperti pink Lolita, pinky peach, atau coral.
Pun begitu dengan blush on dan highlighter yang kamu gunakan harus disesuaikan dengan rumpun shade atau tone yang kamu pilih. Antara eyeshadow, blush on, lipstick matte, ataupun highlighter, harus pastikan dulu memiliki warna yang sesuai dan satu tone.

Nah itulah tips untukmu yang memutuskan melakukan make up pengantin tanpa MUA!
Lumayan kan uangmu akan hemat dan bisa kamu tabung untuk menambah koleksi alat make up-mu. Selamat mencoba!