1. Keramas Pakai Air Panas

1. Keramas Pakai Air Panas

Mandi dengan air panas memang akan membuat kepalamu lebih rileks dan juga bisa mengurangi sakit kepala. Namun berbeda halnya dengan rambut, Ladies. Penggunaan air panas untuk keramas justru bisa merusak rambut, lho. Air panas bisa merusak minyak alami dan juga nutrisi yang ada pada rambut.

Tidak hanya itu, air panas juga dapat membuat rambut hingga kulit kepala terasa kering, dan rambut tampak lebih kusam dan tidak sehat. Nah, salah satu tips untuk mendapatkan rambut yang lembut dan tidak kusam adalah keramas menggunakan air dengan suhu normal, tidak terlalu panas ataupun dingin.

2. Terlalu Banyak Pakai Shampoo

2. Terlalu Banyak Pakai Shampoo

Kalau kamu berpikir menggunakan shampoo sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan busa yang berlimpah dapat membuat rambut lebih bersih dan sehat, hal itu salah, Ladies. Menggunakan terlalu banyak shampoo justru akan membuat nutrisi pada rambutmu menghilang, serta membuat rambutmu tampak lebih kesat.

Selain itu, beberapa produk shampoo juga bisa membuat rambutmu kering, lho. Nah, tips merawat rambut agar rambutmu tetap sehat adalah jangan menggunakan shampoo terlalu banyak. Selain itu, jangan biarkan shampoo berlama-lama di rambut karena justru akan membuat rambut semakin kering dan bercabang.

baca juga

3. Penggunaan Handuk yang Salah

3. Penggunaan Handuk yang Salah

Kebanyakan dari kita biasanya menggunakan handuk yang sama yang digunakan untuk badan dan juga untuk wajah. Sebaiknya, pisahkan handuk untuk rambut dan juga wajah ya, Ladies. Sebab handuk yang diperlukan untuk mengeringkan rambut harus lembut.

Selain kelembutan handuk, untuk merawat rambut kamu juga perlu mengeringkan rambut tanpa menggosok-gosok rambut dengan keras. Cukup tepuk-tepuk hadnuk pada rambut untuk menghilangkan air. Gesekaan antara handuk dan rambut bisa bikin rambutmu patah hingga rontok.

4. Terlalu Sering Keramas

4. Terlalu Sering Keramas

Beberapa orang melakukan keramas kapan pun dan sesuka hati. Bahkan ada yang keramas 2 kali dalam sehari. Kebiasaan ini mungkin disebabkan oleh rambut yang lepek serta gatal, ataupun berminyak. Tapi perlu kamu ketahui, terlalu sering keramas justru membuat rambut semakin kering dan kusam. Terlalu sering keramas juga bisa menghilangkan minyak alami pada rambut yang seharusnya berfungsi untuk melembapkan kulit kepala dan menyebabkan munculnya ketombe. Jadi, jangan terlalu sering keramas ya, Ladies

Jagalah kesehatan rambutmu dengan hindari kebiasaan-kebiasaan di atas, ya!